top of page

ERP Cloud: Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya

Diperbarui: 11 Jan

Sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) telah menjadi bagian penting dari operasi bisnis modern. Jenis ERP yang berbeda-beda telah berkembang seiring berjalannya waktu, dari ERP on-premises hingga ERP cloud. Sistem ERP on-premises berjalan pada server perusahaan sendiri, sementara ERP cloud berjalan pada infrastruktur cloud dan diakses melalui internet.


Meskipun ERP on-premises masih banyak digunakan, semakin banyak perusahaan beralih ke ERP cloud. Ada beberapa alasan mengapa perusahaan harus menggunakan ERP cloud daripada jenis ERP lainnya, seperti aksesibilitas yang lebih mudah, biaya yang lebih rendah, dan kemampuan untuk mengintegrasikan sistem bisnis dengan lebih baik.


Dalam blog post ini, Prieds akan membahas secara mendalam tentang pengertian, cara kerja, manfaat, dan tantangan dalam implementasi ERP Cloud. Sebelum itu, Prieds akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai apa itu ERP Cloud.


Pengertian ERP Cloud

ERP Cloud adalah sebuah sistem ERP yang dioperasikan dan diakses melalui internet atau awan. Dalam sistem ini, semua data dan aplikasi disimpan di pusat data dan diakses oleh pengguna melalui jaringan internet.


Apa Bedanya Dengan ERP On-Premises?

Perbedaan antara ERP Cloud dengan sistem ERP On-Premises terletak pada lokasi penyimpanan data dan aplikasi. Pada ERP On-Premises, seluruh data dan aplikasi disimpan di server perusahaan sendiri, sedangkan pada ERP Cloud, semuanya disimpan di pusat data vendor dan diakses melalui jaringan internet.


Arsitektur ERP Cloud terdiri dari tiga lapisan yaitu lapisan infrastruktur, lapisan aplikasi, dan lapisan pengguna. Pada lapisan infrastruktur terdapat pusat data, server, jaringan, dan penyimpanan data.


Lapisan aplikasi merupakan tempat di mana aplikasi ERP Cloud diinstal dan dijalankan. Sedangkan pada lapisan pengguna, pengguna dapat mengakses aplikasi ERP Cloud melalui web browser atau aplikasi khusus yang disediakan oleh vendor.


Dari sekian banyak vendor ERP Cloud yang tersedia saat ini, Prieds juga menyediakan produk ERP yang bisa Anda gunakan sebagai salah satu opsi, apabila Anda ingin beralih dari jenis ERP lainnya ke ERP Cloud.


Cara Kerja ERP Cloud

Setelah memahami pengertian ERP Cloud, maka penting untuk memahami cara kerjanya agar dapat mengimplementasikan sistem ini dengan benar.


Cara kerja ERP Cloud mencakup beberapa tahapan mulai dari implementasi, integrasi dengan sistem lain, hingga konfigurasi dan pemeliharaan. Dalam bagian ini, Prieds akan menjelaskan setiap tahapan tersebut secara lebih detail.

Implementasi ERP Cloud

Implementasi ERP Cloud dimulai dengan pemilihan vendor ERP Cloud yang tepat untuk perusahaan. Selanjutnya, dilakukan proses instalasi dan konfigurasi aplikasi ERP Cloud di pusat data vendor. Setelah itu, data perusahaan diimpor ke dalam aplikasi ERP Cloud, dan proses pelatihan bagi pengguna dilakukan agar dapat mengoperasikan aplikasi ERP Cloud dengan baik.


Integrasi dengan Sistem Lain

Sistem ERP Cloud harus dapat terintegrasi dengan sistem lain yang ada di perusahaan, seperti sistem penjualan, sistem persediaan, sistem keuangan, dan lain-lain. Integrasi ini memungkinkan data dapat dipertukarkan dengan mudah antara sistem-sistem tersebut, sehingga perusahaan dapat mengoptimalkan operasinya dengan lebih efektif.


Konfigurasi dan Pemeliharaan ERP Cloud

Setelah implementasi dan integrasi selesai dilakukan, perusahaan perlu melakukan konfigurasi dan pemeliharaan secara berkala untuk memastikan bahwa sistem ERP Cloud selalu berjalan dengan optimal. Hal ini meliputi pemantauan kinerja sistem, pemecahan masalah, peningkatan sistem, dan lain-lain.


Keamanan dan Privasi Pada ERP Cloud

Keamanan dan privasi data adalah hal yang sangat penting dalam penggunaan sistem ERP Cloud. Oleh karena itu, perusahaan harus memastikan bahwa vendor ERP Cloud yang dipilih memiliki sistem keamanan yang terbaik, seperti enkripsi data, firewall, dan kontrol akses. Selain itu, perusahaan juga harus memastikan bahwa sistem ERP Cloud yang digunakan telah memenuhi standar privasi dan regulasi yang berlaku.


Manfaat ERP Cloud

ERP Cloud telah menjadi pilihan utama bagi banyak perusahaan, terutama karena fleksibilitasnya. ERP Cloud memungkinkan perusahaan untuk mengelola bisnis mereka dengan mudah dan efisien. Sebagai solusi yang berbasis cloud, ERP Cloud memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi yang mereka butuhkan dari mana saja dan kapan saja melalui internet. Ini memungkinkan tim yang bekerja jarak jauh atau terdistribusi untuk berkolaborasi secara efektif.


Selain itu, ERP Cloud juga memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan dan memperbarui sistem mereka dengan mudah tanpa harus melakukan upgrade hardware yang mahal atau merombak infrastruktur yang sudah ada. Fitur-fitur ini menjadikan ERP Cloud menjadi solusi yang sangat scalable, dapat menyesuaikan dengan pertumbuhan bisnis dan kebutuhan yang berubah seiring berjalannya waktu. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memfokuskan sumber daya pada inovasi bisnis dan pengembangan produk daripada terbebani oleh tugas-tugas administratif dan teknis.


Dalam bagian ini, Prieds akan membahas secara rinci manfaat ERP Cloud untuk perusahaan, termasuk kemampuan untuk meningkatkan skalabilitas dan fleksibilitas, aksesibilitas dan keterjangkauan, konsistensi dan keandalan data, serta efisiensi dan produktivitas. Manfaat ini menjadikan ERP Cloud sebagai solusi yang sangat menarik bagi perusahaan yang ingin meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan fleksibilitas bisnis mereka.

Skalabilitas dan Fleksibilitas

ERP Cloud memberikan kemampuan bagi perusahaan untuk menyesuaikan kapasitas dan fungsionalitas sistem sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka. Dalam hal ini, ERP Cloud dapat dengan mudah dikonfigurasi dan ditingkatkan sesuai dengan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola kebutuhan IT mereka dengan lebih fleksibel dan efektif.


Aksesibilitas dan Keterjangkauan

ERP Cloud memungkinkan pengguna untuk mengakses data dari mana saja dan kapan saja, asalkan terhubung dengan internet. Dalam hal ini, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk infrastruktur IT dan perangkat lunak, karena semuanya di-host dan dioperasikan oleh vendor ERP Cloud. Hal ini dapat menghemat biaya dan memungkinkan perusahaan untuk memfokuskan sumber daya mereka pada kegiatan bisnis utama.


Konsistensi dan Keandalan Data

ERP Cloud memungkinkan perusahaan untuk memiliki akses yang lebih baik ke data bisnis mereka dengan mengintegrasikan semua sistem bisnis mereka menjadi satu sistem tunggal. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengakses data real-time dengan mudah, dan juga memastikan konsistensi dan keandalan data yang lebih baik.


Efisiensi dan Produktivitas

ERP Cloud memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas melalui otomatisasi proses bisnis dan peningkatan visibilitas atas operasi bisnis. Hal ini dapat mempercepat proses bisnis, mengurangi biaya, meningkatkan kualitas produk atau layanan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.


Dengan memahami manfaat dari penggunaan ERP Cloud, perusahaan dapat memutuskan untuk mengadopsi sistem ERP Cloud untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis mereka.


Tantangan dalam Implementasi ERP Cloud

Meskipun memiliki banyak manfaat, penggunaan ERP Cloud juga memiliki beberapa tantangan dalam implementasinya. Berikut ini adalah beberapa tantangan yang mungkin dihadapi dalam implementasi ERP Cloud:


Penyesuaian dengan Peraturan dan Kebijakan Internal

Perusahaan harus memastikan bahwa implementasi ERP Cloud mereka memenuhi semua peraturan dan kebijakan internal mereka, termasuk peraturan keamanan, privasi, dan kepatuhan.


Keterbatasan Integrasi dengan Sistem Sebelumnya

ERP Cloud mungkin sulit untuk diintegrasikan dengan sistem bisnis sebelumnya yang telah ada sebelumnya. Hal ini dapat memerlukan upaya dan biaya yang lebih besar untuk melakukan integrasi yang tepat.


Ketergantungan Pada Vendor ERP Cloud

Perusahaan harus memastikan bahwa mereka dapat mengandalkan vendor ERP Cloud untuk dukungan teknis dan pemeliharaan sistem. Selain itu, perusahaan harus memastikan bahwa mereka memiliki kendali atas data mereka dan dapat memigrasikan data mereka dari sistem ERP Cloud jika diperlukan.


Karena hal tersebut, penting untuk perusahaan memilih vendor terbaik untuk bekerja sama sebagai penyedia sistem ERP untuk Perusahaan Anda. Untungnya, produk Prieds ERP dapat memberikan solusi atas tantangan ketergantungan pada vendor ERP Cloud yang dapat dihadapi oleh perusahaan.


Sebagai produk ERP Cloud yang berkualitas, Prieds ERP menyediakan layanan dukungan teknis dan pemeliharaan sistem yang andal untuk menjamin ketersediaan sistem yang selalu siap digunakan oleh perusahaan.


Selain itu, Prieds ERP juga menjamin bahwa perusahaan memiliki kendali penuh atas data mereka, termasuk kemampuan untuk memigrasikan data dari sistem ERP Cloud yang ada jika dibutuhkan.


Produk Prieds ERP juga memberikan kemudahan bagi perusahaan dengan kemampuan untuk mengintegrasikan sistem lainnya hingga e-commerce serta mudah untuk digunakan. Dengan demikian, perusahaan tidak perlu khawatir akan kesulitan saat mengoperasikan sistem ERP Cloud.


Selain itu, Prieds ERP juga menyediakan kemampuan skalabilitas dan fleksibilitas sehingga sistem ERP Cloud dapat dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan seiring dengan perkembangan bisnis. Hal ini tentu sangat membantu perusahaan untuk mencapai efisiensi dan produktivitas yang lebih tinggi serta menjaga keandalan dan konsistensi data.


Ketersediaan sumber Daya yang Terampil

Implementasi ERP Cloud memerlukan sumber daya yang terampil, termasuk tenaga ahli dalam pengelolaan data, manajemen proyek, dan pemrograman. Perusahaan harus memastikan bahwa mereka memiliki sumber daya yang cukup untuk memastikan kesuksesan implementasi ERP Cloud.


Dalam era digital saat ini, kebutuhan akan sistem manajemen yang lebih efisien dan terintegrasi semakin meningkat. ERP Cloud menjadi solusi yang tepat bagi perusahaan yang ingin mengoptimalkan operasi bisnis mereka dengan menggunakan teknologi yang modern dan efektif.


Dengan adopsi ERP Cloud, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis mereka dengan mengintegrasikan semua sistem bisnis mereka menjadi satu sistem tunggal, serta memungkinkan pengguna untuk mengakses data real-time dengan mudah.


Meskipun demikian, implementasi ERP Cloud juga memiliki tantangan tersendiri, seperti pemeliharaan sistem, pengaturan integrasi dengan sistem lain, serta keamanan dan privasi data. Oleh karena itu, sebelum mengadopsi ERP Cloud, perusahaan harus mempertimbangkan kebutuhan dan tantangan yang mungkin dihadapi dan memilih vendor ERP Cloud yang tepat.


Sebagai startup penyedia Software ERP, Prieds hadir sebagai solusi manajemen pergudangan perusahaan melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan ERP. Beragam kelebihan dan fitur yang ditawarkan oleh Software ERP Prieds dapat membantu bisnis anda untuk melakukan optimalisasi proses bisnis secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait manfaat dan proses implementasi sistem ERP melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi tepat dan beragam keuntungan dengan menerapkan Sistem ERP Prieds yang tepat pada bisnis Anda.

90 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page