top of page

Optimalisasi Manajemen Produksi dengan Enterprise Resource Planning

Diperbarui: 8 Jan

Manajemen produksi merupakan istilah yang kerap dikaitkan dengan perusahaan dengan industri yang beragam, terutama pada industri manufaktur. Istilah manajemen produksi terdiri dari dua komponen yaitu manajemen dan produksi yang memiliki arti tersendiri.


Namun, dalam praktiknya, masih ada beberapa perusahaan yang mengesampingkan manajemen produksi. Padahal dengan menerapkan manajemen produksi yang baik, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi, karena secara umum proses produksi membutuhkan dana yang cukup besar.


Persoalan produksi tidak berfokus hanya pada bagaimana cara membeli bahan baku semurah mungkin, namun juga pembentukan sistem dan pemanfaatan teknologi agar bisa bertahan pada masa sulit. Salah satunya perusahaan dapat memanfaatkan Enterprise Resource Planning atau ERP untuk mengoptimalisasi manajemen produksi.


Pengertian Manajemen Produksi

Manajemen adalah sebuah proses pengambilan keputusan yang berkaitan dengan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian. sementara produksi adalah kegiatan yang menambah nilai guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia.


manajemen produksi adalah upaya perusahaan untuk menerapkan konsep manajemen dalam proses produksinya, sehingga hasil barang dan jasa yang diproduksi sesuai dengan spesifikasi, jumlah dan waktu yang tepat, dengan menggunakan biaya yang seminimal mungkin.

Peran ERP dalam mengoptimalisasi Manajemen Produksi

Peran ERP dalam mengoptimalisasi Manajemen Produksi

Seperti yang telah dijelaskan diatas, manajemen produksi berkaitan dengan proses pengambilan keputusan terkait aktivitas yang berhubungan dengan produksi. Disnin, ERP hadir sebagai penghubung bagi seluruh organisasi dalam bisnis melalui satu sumber komunikasi terpusat. Dengan begitu, segala proses manajemen, seperti perencanaan, pengarahan hingga pengendalian dapat dilakukan lebih efektif, efisien dan akurat.


Untuk dapat memastikan keberlanjutan proses produksi dan peningkatan bisnis, perusahaan perlu untuk melihat manajemen produksi sebagai satu bagian dalam organisasi bisnis. Hal ini dikarenakan pengambilan keputusan pada bagian manajemen produksi memiliki pengaruh kepada seluruh aktivitas operasional perusahaan. Dengan bantuan ERP System yang terhubung dengan manajemen produksi, maka proses pengambilan keputusan tersebut memiliki sumber data yang akurat serta hasil optimalisasi dapat dilakukan efektif. Selain itu, perusahaan dapat melihat gambaran secara luas terkait potensi pengembangan bisnis, dan dapat merasakan proses bisnis yang optimal.


Tujuan utama dari implementasi ERP system yaitu untuk menghubungkan beragam organisasi dan proses operasional dalam perusahaan secara terpusat. Dengan begitu ERP dapat meningkatkan efisiensi dengan menghubungkan seluruh staff diberbagai tingkat dalam perusahaan, yang menghasilkan proses bisnis yang lebih singkat dan efektif.


Tingkatkan proses manajemen produksi dengan mengunakan ERP Prieds

Perusahaan perlu memperhatikan fitur dan fungsi yang ditawarkan dari ERP, agar sistem ERP yang diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, pemilihan sistem dengan fungsi integrasi dengan berbagai aplikasi pendukung bisnis, agar seluruh proses operasional dapat berjalan secara optimal. Salah satu keuntungan dari implementasi ERP adalah untuk mengoptimalkan manajemen produksi perusahaan.


Sebagai startup penyedia Software ERP terpercaya dan telah digunakan oleh berbagai perusahaan terkemuka, Prieds Technology hadir sebagai solusi yang mampu membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dari manajemen produksi melalui implementasi ERP. Berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh ERP Prieds dapat membantu bisnis anda untuk merampingkan proses bisnis sehingga aktivitas operasional dapat berjalan secara efektif dan efisien.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait software manajemen untuk berbagai kebutuhan industri anda melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi tepat dan banyak keuntungan dengan menerapkan ERP Prieds pada bisnis Anda.

29 tampilan0 komentar
bottom of page