top of page

Optimalisasi Manajemen data melalui Integrasi ERP dengan Aplikasi accounting

Diperbarui: 8 Jan

Peningkatan jenis kebutuhan pada perusahaan mendorong vendor perangkat lunak untuk menciptakan solusi melalui teknologi terbaru. Saat ini, penerapan software ERP sebagai upaya optimalisasi bisnis sudah umum dilakukan. Dengan software tersebut, perusahaan mampu melakukan perencanaan dan pengelolaan sumber daya secara efisien, terutama pada bagian produksi.


Terdapat beragam bagian penting dalam sebuah bisnis, salah satunya bagian finance, atau keuangan yang sangat krusial dalam menentukan perkembangan bisnis. Software akuntansi diciptakan sebagai cara untuk mengoptimalkan bagian finance dalam sebuah perusahaan. Akan tetapi, jika perusahaan memiliki software untuk setiap divisi dan tidak ada integrasi, maka akan menghambat operasional yang justru dapat menimbulkan kerugian.


Perkembangan teknologi memungkinkan software ERP yang telah diimplementasi pada suatu perusahaan untuk memiliki fitur integrasi. Dengan begitu, pengelolaan seluruh kegiatan dalam bisnis berjalan dengan optimal. Software ERP yang memiliki fitur integrasi seperti integrasi dengan aplikasi accounting akan mengoptimalkan proses produksi hingga optimalisasi biaya yang dibutuhkan. Karena, data dari kedua sistem tersebut menjadi terkumpul menjadi satu dan direkam secara akurat dan lengkap.


Fungsi Integrasi ERP dengan Aplikasi akuntansi

Optimalisasi proses bisnis

Integrasi ERP memungkinkan perusahaan untuk menyatukan pengelolaan dan sistem dari setiap proses bisnis dari perusahaan. Sebagai contoh, perusahaan yang memiliki sistem untuk mengelola produksi, stok barang dan aplikasi akuntansi bisa memanfaatkan integrasi ERP agar penyimpanan dan pngelolaan data dapat dilakukan secara terpusat, akurat dan terbarui secara real-time. Sehingga, perusahaan dapat melakukan optimalisasi proses bisnis berdasarkan data dari sistem ERP yang terintegrasi.


Akses dan Penyimpanan Data

ERP yang terintegrasi dengan aplikasi akuntansi juga berfungsi sistem pusat penyimpanan data perusahaan dengan akses data yang mudah. Data yang tercatat pada software ERP tentu akan selalu terbarui secara real-time dan juga akurat, karena terhindar dari proses pemindahan data secara manual. Kumpulan data pada ERP juga dapat diakses sesuai dengan level kebutuhan dan tanggung jawab dari staff, dan dapat digunakan sebagai bahan dalam menyusun laporan.


Pengelolaan Data

Software ERP yang telah terintegrasi dengan aplikasi akuntansi membantu perusahaan untuk melakukan pengelolaan data, baik dari produksi, operasional hingga finansial. Database terpusat yang ditawarkan ERP dapat dimanfaatkan perusahaan untuk memproses seluruh transaksi dan aktivitas keuangan maupun operasional perusahaan. Selain itu, data tersebut juga dapat dikelola untuk penyusunan laporan yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis.


Dapatkan Software ERP yang mudah diintegrasikan dengan Aplikasi Akuntansi

Penerapan ERP pada sebuah perusahaan merupakan sebuah investasi yang dilakukan agar dapat meningkatkan kinerja bisnisnya. Maka dari itu, perusahaan perlu memperhatikan fitur dan fungsi yang ditawarkan dari ERP, agar sistem ERP yang diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, pemilihan sistem dengan fungsi integrasi dengan berbagai aplikasi pendukung bisnis seperti aplikasi akuntansi juga akan mempermudah perusahaan untuk melakukan pemantauan dan pengambilan keputusan berdasarkan data terpusat yg terekam secara real-time dan akurat.


Sebagai startup penyedia Software ERP terpercaya dan telah digunakan oleh berbagai perusahaan terkemuka, Prieds hadir sebagai solusi yang mampu membantu perusahaan untuk meningkatkan fungsi ERP guna menunjang proses bisnis melalui integrasi sistem. Berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh ERP Prieds dapat membantu bisnis anda untuk melakukan integrasi dengan aplikasi akuntansi, maupun aplikasi penunjang bisnis yang dibutuhkan oleh perusahaan.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait software manajemen untuk berbagai kebutuhan industri anda melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi tepat dan banyak keuntungan dengan menerapkan ERP Prieds pada bisnis Anda.

34 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page