top of page

Penjelasan Lengkap RFID: Pengertian, Jenis, Cara Kerja, dan Manfaatnya

Penerapan teknologi RFID atau Radio Frequency Identification sudah banyak dilakukan oleh perusahaan di berbagai industri untuk mempermudah proses pencatatan dan pengelolaan stok barang. Teknologi RFID ini menjadi solusi dari proses pencatatan stok barang yang sebelumnya dilakukan secara manual.


Secara umum, perangkat RFID mampu mengidentifikasi objek dalam jumlah besar pada waktu bersamaan dengan memanfaatkan gelombang radio. Selain itu, teknologi ini juga dapat diintegrasikan dengan software bisnis lain seperti WMS, yang berguna untuk meningkatkan akurasi pencatatan dan pengelolaan stok barang dalam gudang. 


Apa Itu RFID?

Apa itu RFID

RFID merupakan sebuah perangkat teknologi nirkabel yang memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi target atau objek tertentu, membaca dan memasukkan data melalui sinyal radio. Perangkat RFID terdiri dari dua bagian untuk dapat bekerja, yaitu RFID scanner, dan RFID tag.


Tag RFID berisi sebuah chip yang dapat menyimpan sebuah informasi unik. Dalam penggunaannya, tag biasanya ditempelkan pada objek yang akan dimonitor dan dihitung menggunakan RFID. Sedangkan  RFID Scanner berfungsi sebagai penerima sinyal dari tag RFID dan mengirimkan informasi yang diterima ke sistem yang digunakan.


Jenis - Jenis RFID Tag

RFID Tag merupakan salah satu komponen penting dari sistem RFID, karena komponen ini yang bertugas untuk menyimpan berbagai informasi yang akan dibaca Scanner. RFID Tag memiliki berbagai jenis, diantaranya yaitu :


1. RFID Tag Pasif

Jenis RFID tag pasif tidak memiliki sumber daya sendiri dan hanya akan aktif ketika mendapat daya dari RFID scanner. Kelebihan dari tag jenis pasif yaitu lebih terjangkau dari segi harga, namun memiliki  kekurangan pada jangkauan bacaannya, dan kurang stabil karena membutuhkan daya dari scanner.


2. RFID Tag Aktif

Jenis RFID Tag ini memiliki sumber daya sendiri seperti baterai, sehingga Informasi dapat terkirim pada scanner dengan jarak yang lebih jauh dan lebih stabil dibanding RFID tag pasif. Keunggulan dari jenis ini yaitu kemampuan pengiriman informasi yang lebih jauh sehingga mempermudah penggunanya untuk membaca berbagai objek pada ruangan dalam satu waktu, sedangkan dari segi harga jenis tag ini lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis pasif.


3. RFID Tag Semi-aktif

Jenis tag RFID semi-aktif merupakan perpaduan keunggulan yang ditawarkan dari RFID tag aktif dan pasif. Jenis tag ini memiliki sumber daya sendiri yang hanya aktif pada rentang frekuensi tertentu dari RFID scanner. Dengan begitu kecepatan dan jarak pembacaan data akan meningkat dibandingkan jenis tag pasif dan mengkonsumsi daya lebih sedikit jika dibandingkan dengan jenis tag aktif.


Cara Kerja Teknologi RFID

Cara Kerja RFID

Seperti yang telah dijelaskan diatas, perangkat RFID dapat bekerja jika terdapat dua komponen, yaitu RFID tag dan scanner. Pertama, tag perlu disematkan pada objek yang akan diidentifikasi atau dibaca. Dalam tag terdapat chip yang mampu menampung informasi beserta antena untuk mengirimkan informasi tersebut melalui gelombang radio pada RFID scanner.


Cara kerja perangkat RFID yaitu pertama scanner akan mengirimkan sinyal elektromagnetik kepada tag RFID. Sinyal ini dapat mengaktifkan chip pada tag. Setelah chip RFID tag aktif, tag tersebut akan mengirimkan informasi unik yang tersimpan tersebut kepada scanner untuk dapat terbaca maupun mengubah informasi dalam tag.


Kedua, RFID scanner yang telah menerima informasi dari tag akan mengirimkannya ke dalam sistem yang digunakan, seperti pada WMS. Sistem ini berfungsi sebagai pusat pengolahan dan penyimpanan seluruh informasi yang diterima dari RFID tag, contohnya seperti mencatat atau memperbarui data stok barang dalam WMS.


Proses identifikasi ini dapat dilakukan secara jarak jauh bergantung pada kualitas sinyal dari RFID scanner dan juga jenis tag yang digunakan.


Manfaat Penerapan RFID pada Perusahaan

RFID atau Radio Frequency Identification merupakan teknologi nirkabel yang memanfaatkan gelombang radio untuk mengidentifikasi sebuah objek melalui tag RFID yang disematkan pada objek tersebut. Penggunaan RFID memiliki berbagai manfaat bagi perusahaan pada berbagai industri, seperti distributor, manufaktur, retail dan lainnya. Berikut beberapa manfaat dari penerapan  RFID :


  1. Optimalisasi Manajemen Stok

Penerapan teknologi RFID dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan kontrol terhadap aktivitas pergudangan melalui manajemen stok yang lebih akurat, efisien dan efektif. Sehingga, staf dapat mencari dan mengelola gudang dengan lebih optimal.

  1. Kontrol Penuh terhadap Aset

Penggunaan RFID tidak hanya berfungsi sebagai sistem pelacakan stok, tetapi juga dapat membantu perusahaan dalam mengelola seluruh aset dengan cepat dan akurat. Hal ini tentu akan meningkatkan visibilitas perusahaan terhadap kebutuhan sumber daya untuk operasional perusahaan.

  1. Peningkatan kualitas pelayanan

Pada bisnis ritel maupun distributor, penerapan RFID dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan melalui kecepatan proses pemenuhan permintaan dan akurasi informasi yang diterima oleh pengguna akhir secara realtime. Selain itu, perusahaan dapat melacak jumlah permintaan konsumen melalui data transaksi yang terhubung pada WMS. Sehingga perusahaan dapat menyediakan jumlah produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan pasar.

  1. Peningkatan keamanan

Bagi perusahaan, RFID juga dapat difungsikan sebagai sistem keamanan melalui pelacakan aset secara realtime dan visibilitas menyeluruh terhadap operasional gudang.


Dapatkan Pengelolaan Gudang yang Efisien dan Akurat dengan Penerapan Teknologi RFID

Teknologi RFID memiliki banyak manfaat bagi peningkatan performa bisnis, salah satunya seperti pada pengelolaan gudang. Melalui perangkat ini, perusahaan dapat mengotomatisasi proses manajemen gudang, mulai dari Inbound stok barang, melakukan stock opname hingga pelacakan seluruh aset bisnis. Dengan begitu perusahaan akan memiliki visibilitas menyeluruh pada proses operasionalnya.


Peningkatan akurasi dan efisiensi pada proses pengelolaan gudang tentu akan menguntungkan perusahaan. Dengan penerapan RFID, perusahaan tidak hanya memiliki visibilitas yang baik, tetapi juga dapat meningkatkan pelayanan bagi konsumen melalui informasi yang selalu terupdate secara realtime. Informasi yang akurat ini akan mempermudah perusahaan untuk memenuhi seluruh permintaan konsumen secara tepat dan cepat. 


Untuk dapat memaksimalkan penggunaan RFID dan meraih berbagai manfaatnya, perusahaan juga dapat mengintegrasikan teknologi ini dengan software seperti WMS. fungsi dari software yang terhubung dengan RFID yaitu sebagai pusat pengelolaan dan penyimpanan data secara terpusat. 


Sebagai startup penyedia WMS dan Sistem RFID yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan, Prieds Technology hadir sebagai solusi pengelolaan gudang agar dapat berjalan dengan efektif melalui integrasi antara hardware seperti perangkat RFID dengan software. Beragam fitur dari yang ditawarkan Prieds WMS dan Prieds DERAS RFID dapat membantu perusahaan untuk mengelola stok barang dalam gudang dan melakukan manajemen stok secara akurat dan efisien melalui satu sistem.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait penerapan RFID dan integrasi pada Aplikasi Gudang melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan WMS dan RFID Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

432 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page