top of page

Manfaat Integrasi Marketplace dengan Warehouse Management System

Memenuhi permintaan konsumen dengan cepat dan tepat namun tetap mempertahankan penggunaan biaya yang efisien menjadi tujuan perusahaan. Salah satu cara untuk dapat meraih tujuan tersebut yaitu dengan menjalankan warehouse management, atau manajemen gudang.


Bagi bisnis yang melakukan pengelolaan produk dalam gudang tentu memahami betapa pentingnya warehouse management. Dengan merampingkan proses pengelolaan stok barang, melakukan evaluasi dan monitoring terhadap proses gudang serta menerapkan teknologi dapat membantu perusahaan untuk menerapkan manajemen gudang secara efektif.


Apa itu Integrasi Marketplace?

Integrasi marketplace merupakan proses menghubungkan data dan informasi pada toko online di marketplace dengan sebuah sistem pengelolaan bisnis, salah satunya seperti Warehouse Management System. Tujuan utama dari integrasi ini agar data dan proses pengelolaan dapat diawasi melalui sistem terpusat dan memperlancar arus stok barang guna memenuhi permintaan konsumen.


10 Manfaat Integrasi Marketplace dengan Warehouse Management System

10 Manfaat Integrasi Marketplace dengan Warehouse Management System

Mengintegrasikan marketplace dengan Warehouse Management System (WMS) membawa banyak sekali manfaat bagi bisnis yang beroperasi pada penjualan online. Berikut beberapa manfaat dari proses integrasi marketplace dengan WMS :


Otomatisasi Proses Pesanan

Melalui integrasi marketplace dengan WMS perusahaan dapat mengotomatisasi proses pemenuhan pesanan. Ketika perusahaan mendapatkan pesanan pada marketplace, WMS akan dapat membaca data pesanan tersebut dan secara langsung akan menginisiasi proses fulfillment. Dengan proses yang dilakukan secara otomatis, perusahaan dapat menghindari kesalahan manual, meningkatkan waktu pemenuhan permintaan dan memastikan pengiriman produk sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.


Pembaruan Data Inventory secara Realtime

Proses integrasi memungkinkan data inventory tersinkronisasi secara realtime antara sistem WMS dan juga pada marketplace. Sistem yang saling terhubung ini dapat memastikan ketersediaan produk secara akurat dengan data yang selalu diperbarui. Sehingga perusahaan dapat terhindar dari permasalahan seperti kehabisan stok barang, overselling, deadstock, sekaligus memberikan informasi terpercaya bagi konsumen mengenai ketersediaan produk yang dibutuhkan.


Menumbuhkan Loyalitas Konsumen

Pemenuhan pesanan yang akurat dan tepat waktu berkontribusi pada pengalaman bertransaksi konsumen. Integrasi antara marketplace dengan WMS memberikan perusahaan kemampuan untuk menyediakan informasi secara akurat dan realtime kepada konsumen terkait status pesanan mereka. Adanya transparansi informasi ini menjadi faktor penting bagi kepuasan dan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan, sehingga perusahaan dapat menumbuhkan loyalitas konsumen.


Management Pengembalian Produk yang Efisien

Pengembalian produk merupakan bagian dari layanan pada marketplace, dan melalui integrasi marketplace dengan WMS dapat merampingkan proses management pengembalian produk. Pembaruan data jumlah inventory secara otomatis dan juga koordinasi yang lancar antara WMS dan marketplace dapat meningkatkan efisiensi waktu dan akurasi proses pengembalian, dan berdampak pada kepuasan konsumen.


Pengelolaan Gudang yang Optimal

Integrasi antara WMS dengan marketplace berpengaruh pada operasional gudang yang optimal, melalui informasi terkait tren permintaan produk, volume pesanan dan ketersediaan produk. Dari data tersebut, perusahaan dapat mengoptimalkan manajemen gudang dengan mengalokasikan sumber daya secara efisien, merampingkan proses pengelolaan gudang, dan puncaknya yaitu meningkatkan efisiensi gudang secara keseluruhan.


Penjualan Multi-Channel

Bisnis yang menyediakan produk dibeberapa channel penjualan dapat memanfaatkan integrasi WMS sebagai pusat manajemen inventory dan pengelolaan pesanan diberbagai marketplace yang berbeda. Integrasi ini berdampak pada penjualan multi-channel perusahaan karena dapat memastikan ketersediaan produk, harga dan proses pemenuhan pesanan secara konsisten, sekaligus terhindar dari rumitnya pengelolaan channel penjualan yang terpisah-pisah. 


Meminimalisir Pekerjaan Manual

Entri data dan rekonsiliasi antara data pada WMS dengan marketplace akan diminimalisir melalui integrasi. Hal ini tidak hanya menghindari terjadinya kesalahan, tetapi juga memangkas waktu staff untuk dapat berfokus pada pelayanan konsumen ataupun aktivitas lain yang lebih berkontribusi bagi pertumbuhan bisnis. Dengan begitu, perusahaan dapat mengalokasikan sumber daya manusia dengan lebih efektif.


Pengambilan Keputusan yang Strategis

Proses integrasi menyediakan perusahaan informasi yang komprehensif dan akurat terkait performa penjualan, pemenuhan pesanan dan inventory turnover. Melalui analisis data tersebut, perusahaan akan dapat mengambil keputusan strategis, seperti mengoptimalkan jumlah stok barang, mengidentifikasi tren permintaan pasar melalui produk populer, hingga menyesuaikan strategi harga agar sejalan dengan permintaan pasar.


Kemampuan Beradaptasi dengan Perubahan Pasar

Sistem marketplace yang terintegrasi dengan WMS menawarkan perusahaan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan pasar yang dinamis. Perusahaan dapat dengan mudah menyesuaikan tingkat inventory, harga maupun promosi tertentu berdasarkan tren dan permintaan pasar. Kemampuan beradaptasi ini sangat penting bagi bisnis untuk dapat memenangkan persaingan pasar, terutama pada persaingan dalam marketplace.


Efisiensi Penggunaan Biaya

Proses pengelolaan yang ramping, meminimalisir kesalahan akibat pekerjaan manual dan penggunaan sumber daya yang efisien berkontribusi dalam penggunaan biaya yang lebih efisien. Perusahaan dapat menekan biaya operasional yang berkaitan dengan pemenuhan pesanan, manajemen inventory dan pelayanan konsumen, sehingga dapat meningkatkan keuntungan bisnis.


Pentingnya Integrasi Marketplace dengan WMS bagi Bisnis

Mengintegrasikan marketplace dengan WMS merupakan sebuah langkah strategis yang dapat meningkatkan efisiensi operasional, kepuasan konsumen dan juga kemampuan bisnis untuk bersaing dalam marketplace itu sendiri. Perusahaan dapat merasakan berbagai keuntungan dari proses integrasi ini dan menciptakan operasional yang lebih ramping dan responsif terhadap permintaan pasar.


Proses pengelolaan pesanan yang akurat dan efisien merupakan hal penting dalam meraih kesuksesan perusahaan yang melakukan penjualan pada marketplace. Sinkronisasi data antara marketplace dengan WMS memungkinkan perusahaan untuk dapat merampingkan proses pemenuhan pesanan, memberikan informasi status pesanan kepada konsumen dan juga meningkatkan performa manajemen gudang secara keseluruhan.


Data yang didapat, baik dari marketplace maupun WMS bisa dijadikan bahan evaluasi dan optimalisasi berkala, sehingga perusahaan dapat meningkatkan efisiensi manajemen, meningkatkan kepuasan konsumen serta meminimalisir resiko yang dapat mengakibatkan kerugian. Untuk itu, penting bagi perusahaan, terutama yang melakukan penjualan pada marketplace untuk diintegrasikan dengan Warehouse Management System (WMS).


Integrasikan Marketplace Bisnis Anda dengan WMS Prieds 

Sebagai startup penyedia Warehouse Management System yang dapat diintegrasikan dengan marketplace, Prieds hadir sebagai solusi manajemen gudang yang lebih efisien, efektif dan akurat melalui penerapan hardware dengan software. Beragam fitur dari yang dimiliki WMS Prieds dapat membantu perusahaan diberbagai industri untuk mengelola gudang dengan efektif sehingga dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait integrasi marketplace dengan WMS melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan WMS Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

19 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page