top of page

Ketahui Pentingnya Supply Chain Management untuk Perusahaan

Supply chain management atau manajemen rantai pasok adalah proses yang melibatkan perencanaan, implementasi, dan kontrol aktivitas yang terkait dengan pembuatan dan distribusi produk.


Ini merupakan bagian penting dari strategi bisnis dan memainkan peran yang sangat penting dalam menentukan kesuksesan suatu perusahaan.


Dalam artikel ini, Prieds akan membahas pentingnya supply chain management bagi perusahaan dan bagaimana cara mengimplementasikannya dengan sukses.


Definisi Supply Chain Management


Supply Chain Management adalah proses yang mengelola aliran barang dan jasa dari supplier hingga pelanggan. Supply Chain Management meliputi berbagai tahap, seperti perencanaan, pembelian, produksi, distribusi, dan pemasaran.


Tujuan Supply Chain Management

Tujuan dari Supply Chain Management adalah untuk menciptakan nilai tambah bagi perusahaan dan pelanggan. Berikut merupakan beberapa tujuan dari supply chain management:


Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Supply Chain Management membantu perusahaan dalam menekan biaya dan meningkatkan kualitas produk. Ini bisa dilakukan dengan mengoptimalkan proses produksi dan distribusi produk.


Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Supply Chain Management memastikan bahwa pelanggan mendapatkan stok yang tepat dan pengiriman yang cepat. Ini akan membuat pelanggan merasa puas dan setia terhadap perusahaan.


Meningkatkan Profitabilitas

Supply Chain Management memastikan bahwa perusahaan selalu memiliki stok yang cukup dan harga produk stabil. Ini akan membantu perusahaan meningkatkan laba dan mempertahankan stabilitas bisnis.


Keuntungan Supply Chain Management

Menggunakan supply chain management memiliki beberapa keuntungan, di antaranya:


Meningkatkan Efisiensi

Supply chain management membantu perusahaan memastikan bahwa setiap tahapan dalam proses produksi dilakukan dengan benar dan tepat waktu. Ini membantu mengurangi waktu dan biaya yang terkait dengan produksi dan meningkatkan efisiensi secara keseluruhan.


Menurunkan Biaya

Dengan memastikan bahwa setiap tahapan dalam proses produksi dilakukan dengan benar dan tepat waktu, supply chain management membantu mengurangi biaya yang terkait dengan produksi. Ini juga membantu mengurangi biaya yang terkait dengan pengiriman produk, seperti biaya transportasi dan biaya penyimpanan.


Meningkatkan Kualitas Produk

Supply chain management memastikan bahwa setiap tahapan dalam proses produksi dilakukan dengan benar dan tepat waktu. Ini membantu meningkatkan kualitas produk dan mengurangi risiko produk cacat.


Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Supply chain management memastikan bahwa produk tersedia di tempat dan waktu yang tepat, serta dengan harga yang kompetitif. Ini membantu meningkatkan kepuasan pelanggan dan membantu mempertahankan hubungan yang baik dengan pelanggan.


Bagaimana Supply Chain Management Bekerja

Proses supply chain management melibatkan beberapa tahapan, seperti perencanaan, implementasi, dan kontrol. Dalam setiap tahapan, beberapa teknologi digunakan untuk memastikan bahwa proses berjalan dengan lancar dan efisien. Beberapa teknisi yang sering digunakan dalam supply chain management adalah sistem informasi manajemen (ERP), software simulasi, dan sistem pemantauan real-time.


Perencanaan

Perencanaan adalah bagian pertama dari supply chain management. Dalam perencanaan, perusahaan mengumpulkan data tentang permintaan produk, stok, dan waktu pengiriman. Kemudian, perusahaan membuat rencana untuk memenuhi permintaan produk dan memastikan bahwa stok tersedia saat dibutuhkan.


Implementasi

Setelah rencana dibuat, perusahaan mengimplementasikannya. Ini melibatkan setiap tahapan dalam proses produksi, seperti pembelian bahan baku, produksi, dan pengiriman produk.


Monitoring

Setelah rencana diterapkan, perusahaan memantau setiap tahapan dalam proses produksi. Ini memastikan bahwa setiap tahapan dilakukan dengan benar dan tepat waktu.


Feedback

Setelah produk diterima oleh pelanggan, supply chain management memantau feedback dan memastikan bahwa pelanggan puas dengan produk yang diterima. Jika pelanggan tidak puas, perusahaan dapat membuat perubahan yang diperlukan untuk memastikan bahwa masalah tersebut tidak terjadi kembali di kemudian hari.


Cara Mengukur Kinerja Supply Chain Management

Untuk mengetahui apakah Supply Chain Management sudah berjalan dengan baik, perusahaan perlu mengukur kinerjanya. Ada beberapa metric yang biasanya digunakan, seperti Lead Time, Fill Rate, dan Inventory Turnover. Analisis terhadap metric-metric tersebut akan membantu perusahaan mengetahui apakah tujuan Supply Chain Management sudah tercapai atau belum.


Secara keseluruhan, supply chain management merupakan bagian penting dari strategi bisnis dan memainkan peran yang sangat penting dalam menentukan kesuksesan suatu perusahaan. Dengan menggunakan supply chain management, perusahaan dapat memastikan bahwa produk tersedia di tempat dan waktu yang tepat, serta dengan harga yang kompetitif. Selain itu, supply chain management membantu meningkatkan efisiensi, kualitas produk, dan kepuasan pelanggan.


Sebagai startup penyedia Sistem Management Gudang, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen pergudangan perusahaan melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan WMS. Beragam kelebihan dan fitur yang ditawarkan oleh Software WMS Prieds dapat membantu bisnis anda untuk melakukan optimalisasi proses bisnis secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut solusi stock opname dengan melakukan konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi tepat untuk proses stock opname yang optimal dengan menerapkan aplikasi stock opname gudang pada bisnis Anda.

155 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


bottom of page