top of page

Inventory Produk : Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya

Diperbarui: 8 Jan

Stock opname merupakan aktivitas yang berkaitan kaitan dengan operasional bisnis. Dalam berbagai industri bisnis, stock opname memiliki peranan penting dalam menjaga stabilitas dan kinerja suatu bisnis.


Baik perusahaan dengan skala kecil, maupun besar, stock opname merupakan hal penting untuk dilakukan. Namun, untuk dapat memastikan stock opname berjalan dengan optimal, pelaku bisnis perlu memahami alur dan berbagai istilah yang berkaitan dengan aktivitas stock opname.


Salah satu istilah yang umum pada stock opname yaitu inventory produk. Istilah ini berkaitan dengan pengelolaan dan pengelompokan stok barang yang tersimpan pada gudang. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut.


Pengertian Inventory Produk

Inventory produk atau yang dapat diartikan sebagai kesediaan produk merupakan istilah yang merujuk pada stok barang yang mendapatkan pemeriksaan fisik, analisis, dan peninjauan kembali saat berjalannya aktivitas stock opname.

Tujuan Inventory Produk

Tujuan Inventory Produk

Inventory produk memiliki peranan penting dalam efisiensi dan efektivitas operasi perusahaan. Adapun tujuan pengelolaan persediaan adalah sebagai berikut:

  1. Menekan resiko keterlambatan barang tiba.

  2. Memenuhi kebutuhan atau permintaan.

  3. Menjaga keberlangsungan proses produksi atau menjaga agar perusahaan tidak mengalami kehabisan persediaan yang mengakibatkan terhentinya proses produksi.

  4. Meningkatkan pelayanan yang sebaik mungkin kepada konsumen dengan tersedianya barang yang diperlukan.


Fungsi Inventory Produk

Pengelolaan inventory produk yang baik berpengaruh pada stock opname yang optimal. Sebelum melakukan pengelolaan, perusahaan perlu mengerti terlebih dahulu beberapa fungsi dari inventory produk, yaitu :

  1. Sebagai pemisah dari beragam proses produksi. Sebagai contoh, jika pasokan sebuah perusahaan berfluktuasi, maka mungkin diperlukan persediaan tambahan untuk mendecouple proses produksi dari para pemasok.

  2. Mendecouple perusahaan dari fluktuasi permintaan dan menyediakan persediaan barang-barang yang akan memberikan pilihan bagi pelanggan.

  3. Mengambil keuntungan diskon kuantitas, sebab pembelian dalam jumlah lebih besar dapat mengurangi biaya produksi atau pengiriman barang.

  4. Menjaga pengaruh inflasi dan naiknya harga.


Jenis Inventory Produk Saat Melakukan Stock Opname

Jenis inventory produk

Agar proses stock opname berjalan dengan optimal, tentu perusahaan perlu memahami beragam jenis inventory yang dimiliki dalam gudang. Berikut jenis-jenis inventory yang dapat kamu temui dalam dunia bisnis:


Bahan Baku

Bahan baku merupakan produk yang perlu diproses menjadi produk akhir. Dalam hal bahan baku, penting untuk dipahami bahwa bahan baku yang digunakan oleh perusahaan manufaktur dapat diperoleh dari pemasok atau produk sampingan dari proses tersebut.


Konsep bahan baku sebagai persediaan hanya ada di industri manufaktur. Dalam industri perdagangan dan jasa tidak memiliki proses pengolahan atau pembuatan, jadi tidak perlu memiliki stok bahan baku.


Barang Jadi

Barang jadi adalah istilah untuk produk akhir yang siap untuk dijual ataupun dikirimkan kepada pembeli. Produk jadi tentu telah melewati seluruh tahapan proses produksi dan kontrol kualitas.


Bahan baku, barang dalam proses, dan barang jadi adalah tiga kategori utama persediaan yang diakui dalam laporan keuangan perusahaan. Ada juga jenis lain yang disimpan untuk berjaga-jaga atau untuk keperluan khusus lainnya.


Work in Progress

Istilah ini menggambarkan ketika bahan baku telah dikirim untuk proses pengolahan menjadi produk akhir. Selain itu, produk dalam proses juga bisa diartikan sebagai produk yang belum melalui seluruh tahap proses produksi hingga siap dikirim.


Inventory MRO

MRO merupakan singkatan dari Maintenance Repairing and Operating supplies. Produk MRO tidak dihitung sebagai inventaris dalam akuntansi, tetapi mereka memiliki peran penting dalam aktivitas operasional organisasi. Pasokan MRO memiliki fungsi sebagai cadangan produk untuk perbaikan dan perawatan mesin, peralatan dan perlengkapan lainnya yang digunakan dalam proses produksi. Beberapa contoh barang MRO adalah pelumas, cairan pendingin, seragam dan sarung tangan, mur, baut dan sekrup.


Cycle Inventory

Cycle inventory merupakan istilah yang digunakan untuk stok barang yang dipesan dalam ukuran lot dan secara teratur. Persediaan siklus biasanya merupakan bahan yang langsung digunakan dalam produksi atau merupakan bagian dari beberapa proses biasa.


Decoupling Inventory

Aktivitas produksi tentu dilakukan dengan beberapa mesin. Output dari satu mesin diteruskan ke mesin berikutnya untuk proses lebih lanjut. Namun, proses tersebut hanya berjalan lancar jika semua mesin bekerja pada waktu yang sama. Kegagalan satu mesin dapat mengganggu keseluruhan proses, oleh karena itu diperlukan yang namanya decoupling inventory.


Decoupling inventory terdiri dari produk yang disimpan sebagai cadangan untuk mesin lain ketika mesin sebelumnya gagal memproduksi produk seperti biasanya.


Misalnya, saat kue dipanggang dan adonan dibentuk, ia masuk ke dalam oven untuk dipanggang. Produser dapat menyimpan potongan adonan berbentuk ekstra untuk dikirim ke oven untuk dipanggang saat mesin sedang diservis untuk menghindari kerusakan pada salah satu cetakan yang dapat menunda proses pemanggangan.


Inventory in Transit

Istilah berikut mengacu pada stok barang yang dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi lain, seperti bahan mentah yang dikirim ke pabrik menggunakan kereta api atau barang jadi yang diangkut ke toko dengan truk.


Optimalisasi manajemen Inventory produk dengan Warehouse Management System Prieds yang Cocok Untuk Segala Industri

Dengan kemajuan teknologi seperti Software manajemen inventory produk, Perusahaan dapat lebih mudah untuk melakukan proses stock opname. Sehingga perusahaan dapat melakukan evaluasi kinerja dan meningkatkan penjualan produk.


Sebagai startup penyedia Warehouse Management System (WMS), Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen inventory produk melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan WMS. Beragam fitur dari WMS Prieds dapat membantu proses stock opname dan pengelolaan inventory produk bisnis menjadi lebih efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi manajemen Inventory Produk melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan kemudahan saat mengukur kinerja stock opname inventory produk dan rasakan beragam keuntungan dengan menerapkan WMS Prieds pada bisnis Anda.

1.099 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page