top of page
  • kevramadhani

Lakukan management inventory gudang dengan optimal dengan inventory manajemen sistem Prieds

Management inventory gudang merupakan aktivitas pengelolaan yang berkaitan dengan persediaan stok barang dalam gudang sebuah perusahaan. Untuk dapat mengelola stok barang secara cepat dan akurat, banyak perusahaan telah menerapkan inventory manajemen sistem. Kelebihan yang ditawarkan dengan sistem berbasis teknologi, yaitu perusahaan dapat membagi akses informasi berdasarkan tanggung jawab dari staff gudang dan informasi tersebut dapat diakses melalui berbagai perangkat.


Penerapan sistem dapat mengoptimalkan proses inventory manajemen perusahaan. Namun jika tidak dilakukan dengan benar, maka perusahaan tidak mendapatkan dampak yang signifikan dari implementasi sistem. Untuk itu, perusahaan perlu mengetahui definisi inventory dan macam-macam jenis inventory manajemen agar dapat mengoptimalkan pengelolaan stok barang yang ada dalam gudang.


Pengertian Inventory

pengertian inventory

Definisi dari inventory yaitu semua stok barang barang, produk, ataupun bahan baku yang dimiliki oleh perusahaan untuk memenuhi permintaan pasar dan mendapatkan keuntungan. Baik bahan baku, stok barang setengah jadi maupun produk jadi dapat dianggap sebagai inventory karena seluruh jenis barang tersebut ditujukan untuk menciptakan produk jadi. Sehingga perusahaan perlu memastikan dan memilah inventory berdasarkan jenisnya agar proses pengelolaan stok barang menjadi optimal.


Definisi Inventory Management

Inventory management adalah proses pengelolaan dari beragam jenis inventory atau stok barang yang ada dalam gudang. Tiap jenis barang memiliki proses inventory management yang berbeda, namun tujuan dari dilakukannya proses ini yaitu untuk menciptakan produk. Sehingga dapat dikatakan, inventory management dilakukan secara berurutan, mulai dari pengelolaan bahan baku, stok barang setengah jadi, hingga manajemen produk yang siap dipasarkan kepada konsumen.


Apa itu Inventory Manajemen Sistem?

Inventory manajemen sistem merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai pengelolaan dan pengumpulan data dari pengelolaan stok barang perusahaan. Inventory management system memiliki beragam fitur yang dapat menggantikan proses pengelolaan stok barang secara manual menjadi lebih cepat dan akurat. Data dari stok barang juga dapat diperbarui secara real-time sehingga perusahaan lebih mudah untuk melakukan kontrol terhadap pengelolaan gudang dan operasional bisnis.


4 Jenis Inventory dalam gudang perusahaan

4 Jenis Inventory dalam gudang

Perusahaan tentu melakukan pengelolaan inventory dengan merekap jumlah, jenis dan spesifikasi lain dari stok barang yang disimpan dalam gudang, sebagai sumber data untuk melakukan proses produksi ataupun penjualan. Agar staff gudang dapat melakukan manajemen inventory secara cepat dan akurat, maka perlu menggunakan inventory manajemen sistem. Tujuannya, agar tidak terjadi kesalahan dan memakan waktu lama saat melakukan pencatatan, dan juga staff gudang dapat memilah inventory berdasarkan jenis seperti berikut :


Persediaan bahan baku mentah

Persediaan stok bahan baku menjadi komponen penting dalam perusahaan untuk dapat menciptakan produk yang diminati konsumen. Umumnya, perusahaan memiliki vendor tersendiri untuk memenuhi kebutuhan bahan baku. Agar dapat menciptakan produk yang berkualitas, tentu perusahaan telah melakukan riset bahan baku dan melakukan kerjasama dengan pihak vendor, sehingga stok bahan baku memiliki kualitas yang baik dan merata.


Stok barang setengah jadi

Stok bahan baku yang dimiliki perusahaan tentu perlu diolah terlebih dahulu sebelum diedarkan kepada konsumen untuk memenuhi permintaan. Sebalum produk jadi, perusahaan umumnya menyimpan stok barang setengah jadi atau masih dalam proses masih produksi. Fungsi dari penyimpanan inventory jenis ini yaitu untuk dilakukan kontrol kualitas dan juga mempercepat proses penciptaan produk sesuai dengan permintaan, agar produk yang dikirim memiliki kualitas dan usia barang yang optimal..


Produk jadi atau siap jual

Stok barang jadi yaitu jenis inventory telah selesai melalui proses produksi dan siap untuk diedarkan kepada distributor ataupun konsumen. Inventory ini umumnya juga disebut produk jadi. Tentunya, sebelum dilakukan pengiriman, perusahaan melakukan kontrol kualitas lagi untuk memastikan produk yang diterima memiliki kualitas yang baik dan juga merata.


Inventory Operasional gudang

Inventory jenis ini merupakan barang yang digunakan untuk menunjang aktivitas pengelolaan gudang. Terdapat 3 jenis inventory operasional gudang, yaitu Maintenance (persediaan pemeliharaan), Repair (persediaan untuk perbaikan) dan Operating, atau biasa disebut MRO. penting bagi perusahaan untuk memiliki inventory operasional dalam gudang agar seluruh alat yang digunakan saat manajemen inventory terpelihara dengan baik dan dapat digunakan secara optimal tanpa terjadi kendala..



Optimalkan pengelolaan stok barang dengan menggunakan Inventory Manajemen Sistem Prieds

Inventory manajemen sistem prieds optimalkan pengelolaan stok barang

Perusahaan melalui staff gudang dapat mengelola inventory dengan memilah berdasarkan jenis diatas dengan menggunakan inventory management sistem. Melalui implementasi sistem tersebut kedalam proses manajemen, perusahaan dapat melakukan pengawasan secara menyeluruh pada proses manajemen inventory. Selain itu, seluruh data penjualan, pencetatan stok barang, pesanan hingga penggunaan sumber daya akan terkumpul menjadi satu dalam sistem yang dapat diakses melalui berbagai perangkat dan diakses berdasarkan tanggung jawab dari staff gudang.


Sebagai startup penyedia Inventory Manajemen Sistem, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen pergudangan perusahaan melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan WMS. Beragam kelebihan yang ditawarkan oleh Inventory Management Sistem Prieds dapat membantu bisnis anda untuk melakukan optimalisasi proses manajemen secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi manajemen inventory melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi tepat dan beragam keuntungan dengan menerapkan Inventory Manajemen Sistem Prieds pada bisnis Anda.


10 tampilan0 komentar