top of page
  • kevramadhani

Hadapi tantangan Rantai Pasok Perusahaan di tahun 2023 dengan Sistem Rantai Pasok Prieds

Diperbarui: 1 Des 2022

Sepanjang tahun 2022, rantai pasok pada perusahaan dihadapkan dengan beragam tantangan dan permasalahan. Beberapa tantangan yang terjadi berakar dari pandemi COVID-19. Mulai dari penurunan daya beli, gangguan pada proses rantai pasok ataupun berbagai permasalahan lain membuat rantai pasok perusahaan tidak dapat bekerja dengan optimal.


Sama halnya di tahun depan, tahun 2023, diprediksi rantai pasok masih akan menghadapi beberapa permasalahan. Penerapan proses rantai pasok yang dilakukan dengan berhati-hati menjadi kunci bagi perusahaan untuk dapat melalui berbagai permasalahan yang ada.


Beberapa Tanatangan bagi Rantai Pasok pada tahun 2023

Tantangan rantai pasok perusahaan di tahun 2023

Sebagian tantangan yang ada mungkin telah memiliki solusi, namun tidak menutup kemungkinan pada tahun 2023 akan muncul tantangan baru bagi rantai pasok perusahaan.

Berikut beberapa tantangan bagi rantai pasok perusahaan yang kemungkinan terjadi pada tahun 2023 :


Penumpukan Stok Barang

Salah satu permasalahan yang umum terjadi pada rantai pasok perusahaan yaitu terjadi penumpukan stok barang. Penumpukan ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti pasokan stok barang yang terhambat, jalur pengiriman yang tersumbat dan permasalahan penumpukan stok barang akibat COVID-19.


Pelaku bisnis harus lebih berhati hati dalam melakukan pengadaan stok barang, agar tidak terjadi penumpukan pada gudang. Memasang target produksi yang terlalu tinggi dapat memperburuk keadaan, sehingga perusahaan perlu melakukan kajian pada data penjualan, pasar maupun dengan kompetitor. Dan sebaiknya, rantai pasok perusahaan perlu difokuskan pada performa jangka panjang untuk terhindar dari permasalahan serupa.


Kekurangan staff gudang untuk menjalankan Rantai Pasok Perusahaan

Tantangan lain bagi rantai pasok perusahaan yang mungkin terjadi yaitu kekurangan staff gudang. Seiring dengan meningkatnya permintaan pasar, perusahaan dihadapkan dengan tantangan dari kurangnya staff untuk menunjang rantai pasok perusahaan.


Perusahaan juga kesulitan untuk mencari tenaga kerja dengan skill dan kemampuan teknologi. Karena, hampir sebagian besar proses rantai pasok sudah berbasis IoT dan Sistem Rantai Pasok. Perusahaan perlu menyediakan solusi jangka pendek seperti menggunakan outsourcing atau bahkan menggunakan automasi pada proses rantai pasok. Akan tetapi perusahaan juga perlu memperhitungkan peningkatan biaya produksi jika menggunakan opsi jangka pendek tersebut.


Kemungkinan terjadinya cyberthreat

Perusahaan perlu untuk mempertimbangkan permasalahan akibat ancaman siber yang dapat mengganggu sistem rantai pasok. Permasalahan ini meningkat akibat banyaknya proses manajemen rantai pasok yang telah melakukan digitalisasi. Terutama, serangan siber masih dianggap sebelah mata dalam proses manajemen rantai pasok.


Penting bagi perusahaan untuk meningkatkan kesadaran staff gudang, dan juga infrastruktur sistem rantai pasok yang menawarkan pembaruan secara berkala, baik dari segi keamanan dan juga fungsi manajemennya.


Ancaman stabilitas internasional

Menjaga hubungan internasional antar negara juga dapat mempengaruhi kinerja dari manajemen rantai pasok. Pasalnya, stok bahan baku tertentu bisa saja hanya tersedia di negara tertentu. Permasalahan seperti yang terjadi antara Ukraina - Rusia yang mempengaruhi bisnis dalam skala internasional menjadi terganggu. Sehingga, stabilitas internasional mungkin menjadi salah satu masalah manajemen rantai pasok yang belum dapat diselesaikan dan berlanjut di tahun 2023.


Stabilitas internasional juga mempengaruhi kebijakan negara terkait perdagangan dan ekspor-impor produk. Hal ini tentu juga menghambat manajemen rantai pasok perusahaan untuk memenuhi permintaan pasar ataupun melakukan pengadaan stok barang untuk produksi. Untuk dapat mengatasi permasalahan ini, perusahaan dapat memanfaatkan forecasting untuk mengetahui tren permintaan pasar dan melihat tanda apabila akan terjadi perubahan kebijakan.


Tips hadapi tantangan Manajemen Rantai Pasok di tahun 2023

Hadapi tantangan rantai pasok di tahun 2023

Permasalahan manajemen rantai pasok yang mungkin akan terjadi pada tahun 2023 beberapa diakibatkan oleh COVID-19. Sehingga perusahaan mungkin telah beradaptasi dengan keadaan yang dihadapi. Namun, langkah antisipasi untuk menghadapi tantangan perlu berkembang seiring dengan perubahan. Berikut beberapa tips agar perusahaan dapat menghadapi tantangan manajemen rantai pasok :


Meningkatkan performa staff gudang melalui pelatihan

Agar perusahaan tetap dapat memenuhi permintaan pasar dan menjaga kinerja rantai pasok, tentunya perusahaan perlu memiliki jumlah tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan. Untuk menghadapi kekurangan staff gudang, perusahaan bisa melatih tenaga kerja yang ada untuk dapat membantu proses manajemen rantai pasok perusahaan.


Dengan memiliki staff gudang yang terlatih dan mampu menggunakan sistem rantai pasok, tentunya kinerha manajemen akan menjadi lebih efektif dan efisien. Sehingga perusahaan dapat menjaga kinerja rantai pasok dan memenuhi permintaan pasar ditengah kondisi yang kurang menguntungkan.


Melakukan perhitungan ulang stok barang

Stok barang pada gudang yang menumpuk akan merugikan perusahan. Selain terjadi kelebihan stok pada gudang, dapat memicu terjadinya dead stock akibat usia. Untuk itu perusahaan perlu melakukan perhitungan ulang dan melakukan forecasting terhadap minat pasar.


Untuk melakukan forecasting dan melakukan perhitungan ulang stok barang, perusahaan wajib memiliki data lengkap manajemen rantai pasok. Dengan data yang lengkap, hasil dari forecasting akan menjadi lebih akurat dan membuat kebijakan yang diambil perusahaan menjadi tepat.


Gunakan Sistem Rantai Pasok dari Prieds dan dapatkan beragam fitur terbaru

Dengan melakukan implementasi sistem pada proses rantai pasok, perusahaan dapat melakukan pengawasan, evaluasi dan optimalisasi secara akurat dan cepat. Selain itu, perusahaan dapat memanfaatkan berbagai fitur dalam sistem rantai pasok untuk dapat menghadapi tantangan yang mungkin akan terjadi pada tahun 2023.


Sebagai startup penyedia Sistem Pengelolaan Gudang, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen manajemen rantai pasok perusahaan melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT ERP dan WMS. Beragam fitur dan kelebihan yang ditawarkan oleh Software Manajemen Gudang Prieds dapat membantu bisnis anda untuk dapat menghadapi tantangan sistem rantai pasok agar lebih efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi manajemen rantai pasok melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi tepat dan banyak keuntungan dengan menerapkan Sistem Rantai Pasok Prieds pada bisnis Anda.


52 tampilan0 komentar