• Gabriel C Sudibyo

Bisnis Perlu Internet Marketing? Ini Manfaat dan Strateginya!

Pemasaran internet digunakan oleh berbagai perusahaan, termasuk UMKM, start-up, dan perusahaan berskala multinasional sekalipun.


Memang apa istimewanya internet marketing ini dibandingkan dengan pemasaran dan kegiatan sales yang telah dilakukan secara konvensional selama ini?

Dalam artikel ini, Anda dapat melihat bagaimana perkembangan teknologi telah memajukan fasilitas pemasaran bagi usaha Anda, tidak terkecuali untuk industri manapun dengan skala berapapun.


Table of Content

Apa manfaat menggunakan pemasaran internet untuk bisnis Anda?

Promosi yang lebih hemat biaya

Menjangkau audiens yang lebih besar

Lebih mudah berinteraksi dengan audiens

Lebih terukur secara real time

Memfasilitasi kegiatan pemasaran

Strategi Pemasaran dengan Internet

Iklan Berbayar (iklan pay-per-click)

Iklan di Marketplace

Situs web yang mudah digunakan

Terapkan pemasaran media sosial


 

Apa manfaat menggunakan pemasaran internet untuk bisnis Anda?



Promosi yang Lebih Hemat Biaya

Memasarkan merek, produk, atau layanan melalui Internet lebih hemat biaya daripada strategi pemasaran konvensional. Anda tidak perlu memasang iklan di tempat yang mahal seperti TV, radio, billboard atau baliho, dll. Menggunakan media sosial, blog, dan media online lainnya tentu akan menghemat uang Anda.


Menjangkau Audiens yang Lebih Besar

Ada lebih dari 200 juta pengguna internet di Indonesia. Memasarkan produk dan brand Anda melalui internet membuat Anda menjangkau 200 juta lebih pengguna ini dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan pemasaran konvensional.


Semakin terkenal brand Anda, semakin besar potensi penambahan transaksi. Otomatis meningkatkan laba dan kepercayaan pendana untuk berinvestasi pada bisnis Anda.


Lebih mudah berinteraksi dengan audiens

Kehadiran internet membuat batas-batas geografis menjadi usang. Pelanggan kini berdatangan dari berbagai penjuru Indonesia dengan akses pada internet, dibantu oleh marketplace dan ekspedisi pengiriman.


Cukup dengan memasukkan produk Anda ke listing marketplace, pelanggan dapat membeli kapanpun dan jam berapapun. Calon customer dapat mengakses informasi tentang produk Anda 24 jam, dengan bantuan website dan Google. Anda tidak perlu lagi mengerahkan sales untuk menawarkan produk, pelanggan dapat membeli produk Anda cukup melalui layar gadget mereka.


Lebih terukur secara real time

Anda tidak bisa mengetahui berapa banyak orang yang menonton iklan Anda di TV hari ini. Berapa banyak orang yang melihat baliho iklan Anda dan tertarik atau langsung lupa? Sulit untuk mengukur berapa jumlah audiens iklan, seberapa jangkauan iklan ini, dan apakah iklan sudah efisien mendatangkan konsumen.



Namun, dengan internet marketing, Anda bisa melihat kinerjanya secara instan secara real time. Iklan di platform digital manapun yang Anda gunakan biasanya dilengkapi dengan alat analisis kinerja iklan, jadi Anda dapat melihat berapa kali iklan Anda tayang, jumlah like dan comment, persentase orang mengklik iklan karena tertarik (CTR), dan lainnya.


Memfasilitasi Kegiatan Pemasaran

Internet marketing juga mengurangi pengeluaran pemasaran. Anda tidak perlu mencetak brosur atau leaflet, menghabiskan waktu untuk menguraikan informasi produk, atau mengirim newsletter fisik kepada konsumen.


Iklan Anda kini muncul dalam bentuk digital, di kanal media sosial, mesin pencari, ataupun marketplace, kapanpun pelanggan berinteraksi dengan kanal-kanal tersebut. Anda dapat secara otomatis mengirimkan informasi promosi ataupun event melalui email kepada ribuah audiens Anda dalam waktu singkat.


Strategi Pemasaran dengan Internet

Dengan begitu banyak manfaat pemasaran melalui internet, tidak aneh jika banyak bisnis kini melirik media sosial, tayangan review dari Google, ataupun memajang produk di website dan marketplace sebagai wadah untuk menawarkan produk mereka.


Berikut adalah strategi internet marketing yang bisa Anda lakukan:


Iklan berbayar (iklan pay-per-click)

Pay-per-click (PPC) adalah model periklanan internet di mana Anda hanya membayar ketika seseorang mengklik atau berinteraksi dengan iklan Anda.


Pernahkah Anda melihat hasil pencarian Google dengan tulisan Ad di sebelah kirinya dan muncul pertama di halaman web?

Iklan ini muncul berdasarkan kata kunci tertentu yang Anda prediksi digunakan pelanggan dan berhubungan dengan produk yang Anda jual. Oleh karenanya, ketika Anda memasukkan kata kunci tertentu, iklan Anda akan muncul.


Memasang PPC membuat brand Anda lebih sering muncul dan dibaca oleh mereka yang mencari kata kunci relevan dengan bisnis Anda. Anda bisa optimalkan jangkauan brand awareness melalui cara ini!


Iklan di Marketplace

Tidak hanya untuk menampilkan listing atau daftar produk yang Anda sediakan, marketplace atau toko online kini juga menyediakan tempat untuk beriklan agar produk Anda diunggulkan dan muncul di pencarian customer.


Banyak bisnis kini menomor-duakan etalase fisik mereka dan mengandalkan pemasukan dari transaksi online melalui marketplace. Kepercayaan customer pada belanja online memang meningkat jauh di 2022, terutama seusai pandemi yang memaksa banyak pihak berbelanja online pertama kalinya.


Jika awal munculnya marketplace di Indonesia dipenuhi kerepotan untuk mengupdate dan unggah produk satu per satu ke tiap kanal toko online, kini telah ada penyedia yang bisa mengoperasikan dan mengupdate product listing Anda tanpa perlu berkunjung ke marketplace sekalipun. Anda bisa kelola promosi, harga, stok, hingga terima order dari marketplace dengan integrasi seperti sistem Prieds misalnya, dengan satu dashboard perusahaan yang bisa langsung mengakses marketplace tanpa harus pindah-pindah aplikasi.


Baca juga: Integrasi Marketplace Prieds Lite : Kelola Bisnis di Banyak Toko Online Jadi Satu


Situs web yang mudah digunakan

Biasanya saat customer tertarik dengan produk Anda, mereka akan lebih dulu mencari tahu melalui Google: informasi produk.

Dengan memiliki website resmi yang mudah digunakan customer, Anda bisa memajang informasi yang dibutuhkan sekaligus lengkap dan menjual. Beberapa website juga dilengkapi dengan cart atau keranjang belanja agar customer Anda dapat langsung membeli produk melalui website resmi, tanpa bantuan pihak ketiga seperti marketplace.


Oleh karena itu, Anda perlu membuat website yang menyediakan informasi yang dibutuhkan konsumen. Ibarat resepsionis hotel yang harus menawan memikat pengunjung dan meyakinkan kualitas hotelnya, website Anda berfungsi sebagai pintu depan penerima tamu. Desain perlu dipertimbangkan untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan maksimal bagi konsumen, serta sesuai dengan brand identity Anda.


Terapkan pemasaran media sosial

Lebih dari 50% penduduk Indonesia menggunakan media sosial (data Hootsuite). Dengan adanya data tersebut, sangat potensial untuk menjangkau masyarakat melalui media sosial.


Tidak hanya sebagai kanal periklanan, media sosial juga berfungsi untuk membangung brand identity Anda dengan melakukan interaksi pada kolom komentar, membalas pesan, mengadakan Q & A untuk produk Anda, bahkan membagikan teaser-teaser produksi barang baru. Banyak cara untuk memanfaatkan media sosial agar pelanggan Anda terus setia memantau produk Anda.



20 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua