• kevramadhani

Atasi Permasalahan Akuntasi Bisnis Anda dengan sistem ERP

Agar perusahaan dapat berjalan dengan optimal, tentunya bisnis perlu memiliki departemen keuangan yang dapat mengatur seluruh akuntansi bisnis. Akuntansi bisnis menjadi hal yang penting mengingat seluruh operasional perusahaan memerlukan biaya. Selain itu, perusahaan juga perlu memiliki penghitungan akurat terkai pendapatannya.


Memiliki manajemen akuntansi yang baik juga perlu menjadi perhatian bagi perusahaan ataupun bisnis yang baru terbentuk. Agar dapat berjalan dengan optimal simak permasalahan umum yang terjadi saat mengelola akuntansi bisnis dan juga solusinya dengan menerapkan sistem Enterprise Resource Planning (ERP).


4 Permasalahan Akuntansi pada Bisnis

Baik perusahaan yang baru saja terbentuk maupun perusahaan lama tentu tidak terlepas dari kendala, seperti permasalahan pada akuntansi bisnis. Perlu bagi pelaku bisnis untuk dapat mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dapat mempengaruhi keseluruhan aspek bisnisnya. Berikut beberapa permasalahan pada Akuntansi bisnis yang umum terjadi, dan mungkin anda temui pada bisnis anda :


Bukti transaksi tidak tersimpan dengan baik

permasalahan akuntansi bisnis akibat data transaksi hilang

Seringkali pencatatan keuangan perusahaan terganggu karena human error seperti bukti transaksi di perusahaan tidak disimpan dengan baik. Padahal segala dokumen terutama yang berkaitan dengan keuangan perusahaan perlu untuk disimpan secara rapi dan terorganisir. Tujuannya untuk mempermudah pengecekan dan proses evaluasi keuangan.


Piutang Perusahaan

permasalahan akuntansi bisnis akibat piutang perusahaan

Menghitung piutang perusahaan tidak selalu berjalan dengan baik. Umumnya, hal ini disebabkan oleh kesalahan saat melakukan pencatatan dan pendataan piutang. Penghitungan piutang perusahaan yang menghasilkan angka yang akurat, memerlukan waktu yang lama bila dikerjakan dengan manual. Untuk itu, perusahaan perlu untuk menerapkan sistem agar akuntansi bisnis dapat berjalan dengan efektif, efisien dan terhindar dari kesalahan.


Salah perhitungan data Keuangan

Kesalahan dalam perhitungan dari data keuangan mengakibatkan analisis keuangan perusahaan yang tidak akurat. Permasalahan ini memiliki dampak yang sangat buruk bagi perusahaan apabila tidak segera ditangani.

kesalahan menghitung data mengakibatkan masalah akuntansi bisnis

Salah satu penyebab terjadi salah perhitungan diakibatkan oleh kesalahan entri data dalam format desimal. Untuk dapat mengurangi human error saat melakukan pencatatan, perusahaan perlu mempertimbangkan untuk menggunakan software ERP yang dapat membantu akuntansi bisnis agar lebih akurat.


Akun pribadi dan perusahaan menjadi satu

Kesalahan ini, umumnya terjadi pada perusahaan yang baru saja berdiri. Penggunaan akun pribadi dan perusahaan perlu dibedakan sehingga akun bisnis hanya dipergunakan untuk dana operasional perusahaan atau untuk mengajukan kredit atau masalah keuangan lainnya. Pemisahan akun ini juga sangat penting untuk dapat melakukan analisis pendapatan perusahaan secara akurat.


Baca Juga:

  1. Panduan Lengkap Upgrade Sistem ERP yang Sukses untuk Bisnis Anda dan Cara Meningkatkan Efisiensi

  2. Smart Supply Chain dengan IoT dan ERP

  3. Beberapa modul software PRIEDS ERP yang wajib dimiliki Perusahaan


Atasi permasalahan akuntansi dengan ERP Prieds

Solusi jangka panjang yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mengatasi permalahan akuntansi bisnis adalah dengan adaptasi teknologi. Penggunaan sistem ERP sebagai pusat integrasi data dan meningkatkan akurasi analisis keuangan perusahaan. Proses implementasi yang mudah serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan menjadikan sistem ERP sebagai solusi dari beragam permasalahan aknuntansi bisnis.

PRIEDS ERP memiliki beragam modul yang dapat menunjang operasional bisnis anda. Modul Finance & Accounting yang dapat membantu bisnis Anda dalam permasalahan akuntansi. Dengan modul ini, anda tidak perlu lagi khawatir terjadi kesalahan penghitungan, dokumen keuangan hilang hingga analisis keuangan perusahaan yang tidak akurat.


Sebagai startup penyedia Warehouse Management System dan Enterprise Resource Planning System di Indonesia, Prieds Technology hadir untuk mendukung visi dalam Revolusi Industri 4.0 dengan menyediakan software supply chain management yang terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan software ERP. Beragam fitur dari ERP Prieds mempermudah proses bisnis perusahaan, sehingga pelaku bisnis dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal, juga memenuhi kebutuhan konsumen serta mengembangkan bisnis.


Anda juga dapat ikut merasakan proses bisnis yang mudah dan efisien dengan mempelajari lebih lanjut dan konsultasikan dengan tim ahli Prieds untuk dapatkan banyak keuntungan dengan menerapkan Smart Warehouse Management System pada bisnis Anda.

2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua