10 Cara Menghemat Biaya dengan Sistem ERP dan IoT

Para ahli memperkirakan sistem IoT (Internet of Things) yang terintegrasi dengan sistem ERP adalah teknologi kunci dari revolusi industri 4.0. Pada tahun 2020, lebih dari setengah bisnis baru akan menggunakan IoT. Segala sesuatu mulai dari lemari es dan hingga traktor industri dan jalur produksi dapat diaktifkan dengan sistem ERP dan sistem IoT.

Sistem ERP dan IoT: Solusi Efisiensi

IoT menawarkan peluang menarik untuk bisnis apa pun industrinya, dan salah satunya adalah potensi penghematan biaya yang sangat besar. Satu studi menunjukkan IoT akan menghasilkan nilai US $8 triliun selama satu dekade, dan merek teknologi besar sudah menghemat banyak utilitas dengan IoT. Berikut adalah 10 cara bagaimana teknologi IoT dan sistem ERP dapat meningkatkan efisiensi dengan penghematan biaya.

Baca juga:

  1. 4 Peluang Bisnis Online di Tahun 2021May 25, 2021

  2. Daftar Usaha? Ini Hal yang Harus Kamu KetahuiApril 26, 2021

  3. Manfaat ERP dan IoT untuk Industri RitelApril 21, 2021

  4. Pandemi COVID-19 Percepat Transformasi Digital, Apa Dampaknya?March 29, 2021

  5. Smart Living dengan IoT : Gaya Hidup Terbaru Abad 21March 11, 2021

Cara Menghemat Biaya dengan Sistem ERP dan IoT

1. Manajemen Inventori

Bisnis dapat memaksimalkan praktik manajemen inventaris tepat waktu dengan sistem ERP dan sistem IoT. Organisasi dapat memantau tingkat inventaris dan memesan ulang hanya ketika stok berada pada tingkat kritis, mendapatkan kontrol yang lebih baik untuk memenuhi permintaan pelanggan. Sensor IoT memudahkan untuk melacak stok secara real time meskipun Anda tersebar secara geografis, sehingga perencanaan terpusat lebih mudah.

2. Security

Keamanan bisa memberatkan untuk bisnis kecil tanpa anggaran manajemen risiko yang besar. Platform IoT dapat menghilangkan kebutuhan akan konsultan dan personel yang mahal. Organisasi yang lebih kecil dapat berinvestasi dalam sensor murah untuk melacak hal-hal seperti suhu dan kualitas udara, perusahaan logistik dapat melacak kecepatan mengemudi, dan perusahaan makanan bahkan dapat memeriksa karyawan yang sedang mencuci tangan.

3. Keamanan

Kamera IoT memungkinkan pemantauan jarak jauh secara instan terhadap situs, sehingga memudahkan pemilik bisnis untuk memantau tempat mereka. Perusahaan keamanan dapat menghemat tenaga kerja dan menghilangkan pemeriksaan langsung dengan kamera IoT.

Cara menghemat biaya dengan ERP

Cara Menghemat Biaya dengan ERP dan IoT (sumber: unsplash.com)

4. Perawatan dan Perbaikan

Bisnis dapat menilai produk dalam garansi tanpa mengirim personel ke situs pelanggan. Peralatan berkemampuan IoT berkomunikasi dengan jaringan Anda sehingga Anda akan diberi tahu segera setelah masalah muncul. Bisnis dengan operasi servis dan pemeliharaan ekstensif dapat berakhir dengan penghematan biaya tenaga kerja yang sangat besar.

5. Utilitas dan Biaya Overhead

Perangkat terintegrasi dapat memberdayakan pemberi kerja untuk melacak pekerja jarak jauh dan menghemat biaya overhead di lokasi. Perangkat Smart IoT dapat secara otomatis mati sesuai permintaan. Misalnya, termostat IoT dapat mendeteksi berapa banyak orang di dalam ruangan dan mematikan listrik jika ruangan kosong. Teknologi responsif seperti ini telah menghemat 70% biaya pencahayaan dan 30% biaya pemanas untuk beberapa bisnis.

6. Strategi Marketing dan Produk

Bisnis dapat menggunakan data sistem ERP dan sistem IoT untuk memahami pelanggan dan cara mereka mengonsumsi produk. Data yang tersedia memungkinkan bisnis menghemat studi pasar yang mahal dan desain ulang produk. Ini bisa mengurangi churn pelanggan dan mengotomatiskan personalisasi dalam pemasaran.

7. Manufaktur

Sistem ERP dan sistem IoT berpotensi untuk meningkatkan proses manufaktur. Pabrik manufaktur memiliki banyak komponen yang bergerak, dan kegagalan kecil dapat mematikan seluruh lini produksi. Mengumpulkan data pada jalur produksi yang mendukung IoT memberdayakan pemeliharaan prediktif. Hal ini mengurangi waktu henti yang tidak direncanakan dan mendukung aliran produksi yang lebih baik. Misalnya, sensor getaran dasar dapat memperingatkan staf untuk melakukan perbaikan pencegahan.

Cara Menghemat Biaya dengan ERP dan IoT (sumber: unsplash.com)

Baca juga: Smart Supply Chain dengan IoT & ERP

Sistem ERP dan sistemIoT memungkinkan manajer menemukan efisiensi biaya baru, termasuk utilitas. Perangkat yang diaktifkan dapat dihubungkan untuk menghasilkan jaringan tanpa batas dengan cara yang aman dan efisien. Potensi IoT untuk manufaktur berlaku untuk industri aset-berat mana pun tempat Anda melacak fasilitas, perangkat keras, dan inventaris. Pemantauan, baik untuk keselamatan atau produktivitas, dapat sepenuhnya otomatis.

8. Transportasi

Industri transportasi dan bisnis dengan armada dapat memanfaatkan platform IoT untuk memangkas biaya dan meningkatkan efisiensi. Sensor dapat digunakan untuk mendeteksi semuanya mulai dari permintaan penjemputan hingga kondisi lalu lintas. Pengemudi dapat dialihkan untuk menghemat waktu dan biaya bensin. Sensor IoT dapat memberi tahu bisnis saat pemeliharaan atau perbaikan perlu dilakukan, jadi tidak perlu banyak tinjauan pemeliharaan.

9. Pemenuhan Pesanan

Bisnis dengan prosedur pemenuhan pesanan yang kompleks akan menghemat banyak dengan sistem ERP dan sistem IoT. Misalnya, sistem IoT dapat dirancang untuk mengirimkan data tentang inventaris, kendaraan, pengiriman kepada karyawan yang perlu memproses pesanan secara manual. Jika pemrosesan pesanan memerlukan pengecekan beberapa departemen, IoT dapat menghilangkan langkah ini. Karyawan dapat mengetahui apakah pesanan dapat dipenuhi dengan cepat dan segera memberi tahu pelanggan.

Cara Menghemat Biaya dengan ERP dan IoT (sumber: unsplash.com)

10. Pembayaran dan Pelacakan Penggunaan

Operasi ritel dapat menghilangkan biaya tenaga kerja dengan menggunakan sistem pembayaran sistem ERP dan sistem IoT. Misalnya, restoran bisa mendaftarkan pelanggan saat mereka datang dengan menggunakan sistem pembayaran smartphone. Pelanggan membayar secara otomatis saat mereka memesan makanan melalui perangkat, dan sistem mengirimkan tanda terima elektronik saat mereka pergi.

Demikian 10 cara bagaimana sistem ERP dan sistem IoT dapat membantu anda menghemat biaya dan meningkatkan efisiensi. Konsultan PRIEDS Technology dapat membantu Anda hari ini secara gratis. Klik disini.

#Jakarta #SistemIoT #ERP #IoT #Indonesia #Bisnis #Hemat #Teknologi #SistemERP #InternetofThings

4 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua