top of page

Atasi 5 Masalah Rantai Pasok dengan Supply Chain Management Software

Diperbarui: 9 Jan

Perkembangan pasar yang semakin dinamis dan kemajuan teknologi membuat proses supply chain kian kompleks. Tentu saja, perkembangan ini tidak hanya membawa banyak kebaikan, tetapi juga diiringi dengan berbagai hambatan yang mungkin terjadi. Mulai dari permintaan yang berubah hingga hambatan pada pengiriman, dan berbagai kendala lain yang dapat mempengaruhi efisiensi proses supply chain.


Untuk dapat mengatasi permasalahan pada rantai pasok, perusahaan dapat menerapkan supply chain management software. Dengan sistem ini, perusahaan dapat memegang kendali penuh terhadap seluruh operasional rantai pasok, sehingga mempermudah dalam evaluasi dan optimalisasi performa.


5 Permasalahan Umum dalam Proses Rantai Pasok

Permasalahan Umum Supply Chain Management

Ketidakpastian dalam Menyusun Forecasting

Permintaan konsumen yang berubah setiap saat bisa menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan untuk menyusun perkiraan permintaan. Terlebih jika perusahaan memiliki produk musiman. Riwayat data permintaan yang kurang lengkap dapat membuat hasil forecasting menjadi tidak akurat, sehingga perusahaan bisa saja mengalami kelebihan stok maupun kekurangan stok barang.


Inventory Management yang Rumit

Tantangan dalam inventory management yang umum terjadi adalah menyeimbangkan jumlah stok barang agar sesuai dengan permintaan konsumen. Selain itu, perusahaan juga dihadapkan dengan holding cost untuk setiap produk atau stok barang yang tersimpan dalam gudang. Menyimpan stok secara berlebihan dapat memicu resiko dead stock dan juga memakan biaya lebih besar, disisi lain, jika kekurangan stok barang, proses supply chain menjadi terhambat dan kehilangan kemampuan untuk memenuhi seluruh permintaan konsumen.


Visibilitas Rantai Pasok Terbatas

Proses supply chain merupakan kerjasama dari beberapa pihak. Hal ini dapat menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan karena tidak dapat memantau aktivitas atau proses pengolahan stok barang jika masih berada di pihak lain dalam alur supply chain. Visibilitas yang terbatas pada rantai pasok dapat memicu terjadinya penundaan, proses yang tidak efisien dan memunculkan beberapa resiko yang dapat merugikan perusahaan.


Pengelolaan Logistik yang tidak Efisien

Perpindaan stok barang dalam alur supply chain membutuhkan peranan dari pihak logistik. Sehingga, jika proses pengelolaan transportasi dan distribusi tidak efisien dapat menghambat seluruh proses supply chain, meningkatkan pengeluaran biaya dan mengakibatkan ketidakpuasan konsumen.


Supplier Relationship Management

Supplier merupakan salah satu pihak penting dalam proses rantai pasok. Komunikasi dan kerjasama dengan pihak supplier menjadi kunci bagi kesuksesan supply chain. Apabila komunikasi kurang optimal, makan dapat mengganggu seluruh proses rantai pasok dan mengakibatkan penundaan, terutama dalam menyediakan bahan baku untuk diolah dan memenuhi permintaan. Hal ini tentu dapat merugikan perusahaan, dan mengakibatkan konsumen menjadi tidak puas terhadap pengalaman dan pelayanan perusahaan.


Solusi Permasalahan Rantai Pasok dengan SCM Software

Saat ini rantai pasok dapat dioptimalkan dengan penerapan teknologi seperti Supply Chain Management Software. Salah satu faktor penting agar seluruh alur rantai pasok berjalan dengan optimal yaitu membangun kerjasama dan komunikasi yang efektif. Dengan berbagi informasi secara realtime dan pengelolaan efisien melalui perangkat teknologi, perusahaan dapat mengoptimalkan supply chain sekaligus mengantisipasi permasalahan yang umum ditemukan pada rantai pasok.


Penerapan SCM software menawarkan beberapa keuntungan bagi perusahaan dalam mengelola dan mengatasi kendala yang terjadi pada proses supply chain. Berikut manfaat SCM software sebagai solusi permasalahan rantai pasok :

  1. Analisis Data secara Real-Time, SCM software mempermudah perusahaan untuk melakukan analisis data secara realtime, yang dapat menghasilkan konsep atau gagasan yang dapat ditindaklanjuti. Selain itu, dari data realtime perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat dan mampu beradaptasi dengan perubahan permintaan dengan cepat.

  2. Kerjasama melalui Sistem Terpusat, SCM software menawarkan kemampuan untuk bekerjasama dengan beberapa pihak terkait dalam proses supply chain. Dengan penerapan sistem ini, perusahaan serta pihak lain dalam rantai pasok dapat bertukar informasi secara realtime, membangun komunikasi yang baik, memberikan visibilitas pada seluruh tahap rantai pasok melalui transparansi.

  3. Otomatisasi, SCM Software memiliki kemampuan untuk merampingkan proses, melakukan pencatatan dan pengelolaan data secara cepat dan akurat. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk mengoptimalkan supply chain melalui pengambilan keputusan yang tepat berdasarkan data akurat dan analisis secara realtime.

  4. Opsi Sistem berbasis Cloud, SCM Software berbasis Cloud menawarkan fleksibilitas, skalabilitas dan akses bagi perusahaan untuk mengelola supply chain dengan lebih efisien. Hal ini termasuk dalam membangun kerjasama dengan berbagai pihak terkait dalam proses rantai pasok untuk memastikan kinerja lebih optimal.


SCM Software dari Prieds bantu Atasi Permasalahan Rantai Pasok Perusahaan

Menerapkan supply chain management yang optimal akan menguntungkan perusahaan. Melalui implementasi SCM, perusahaan dapat menjaga jumlah inventory yang tersedia, mengetahui jumlah stok secara akurat dan memastikan produk dikirim secara tepat waktu dan akurat. Dengan begitu, perusahaan dapat memastikan konsumen mendapat produk sesuai pesanan dan memberikan pelayanan terbaiknya..


Tentunya, dalam menjalankan supply chain, perusahaan dihadapkan dengan beragam permasalahan. Terlebih lagi rantai pasok merupakan aktivitas yang melibatkan beberapa pihak, sehingga kerjasama dan koordinasi harus terjalin dengan baik. Jika tidak, tentu proses supply chain akan terganggu, memicu keterlambatan pengiriman dan mengakibatkan menurunnya kepuasan konsumen terhadap perusahaan. Untuk mengatasi permasalahan pada supply chain, perusahaan dapat menerapkan SCM Software.


Sebagai startup penyedia Software SCM yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis, Prieds Technology hadir sebagai solusi pengelolaan rantai pasok perusahaan melalui integrasi antara hardware dengan software seperti WMS maupun ERP. Beragam fitur dari yang ditawarkan Software SCM Prieds dapat membantu perusahaan untuk mengelola seluruh proses rantai pasok hingga produk sampai ke konsumen. Melalui sistem ini, konsumen juga dapat mengetahui proses pergerakan produk yang dibeli.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait pengelolaan rantai pasok melalui supply chain management software dengan konsultasi pada tim ahli Prieds. Dapatkan Software SCM Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

172 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page