top of page

Optimalkan Supply Chain dengan Transportation Management System

Supply chain management membutuhkan kerjasama yang baik antara supplier, perusahaan, distributor hingga pihak pengiriman atau logistik. Upaya menjalankan manajemen yang baik bertujuan agar produk dapat dengan mudah sampai kepada konsumen atau pengguna akhir.


Tentunya dalam menjalankan supply chain management, perusahaan ritel perlu memperhatikan proses pengelolaan produk dan pengiriman barang, koordinasi dengan beberapa pihak yang berkaitan, hingga memenuhi setiap permintaan yang ada. Memastikan beberapa hal diatas agar berjalan secara optimal dapat membantu perusahaan untuk mengatasi tantangan dalam mengelola bisnis.


Pengertian Transportation Management System

Transportation Management System (TMS) merupakan sebuah software yang digunakan untuk mengelola logistik, yang berkaitan dengan pengiriman produk. TMS merupakan salah satu software pengelolaan yang berkaitan dengan supply chain management, yang mempermudah perusahaan untuk dapat memastikan produk dikirimkan sesuai dengan jadwal.


Software ini bekerja dengan cara mengoptimalkan jumlah produk yang dikirim dan pemilihan rute, transparansi dalam melacak proses pengiriman produk, serta otomatisasi pengelolaan dokumen. Penerapan Transportation Management System menguntungkan bagi seluruh pihak dalam supply chain management, terutama dari segi pengeluaran biaya.


Keuntungan Transportation Management System bagi Supply Chain Management

Keuntungan Transportation Management System bagi Supply Chain Management

Setiap perusahaan yang menghasilkan sebuah produk, tentu perlu memperhatikan setiap tahap pengolahan hingga produk dapat sampai kepada konsumen. Terlebih lagi jika perusahaan menerapkan supply chain management system dimana banyak pihak berkaitan yang bekerjasama untuk dapat menyediakan produk agar dengan mudah diperoleh konsumen.


Salah satu software yang dapat membantu pelacakan produk yaitu Transportation Management System. Umumnya kemampuan dan fungsi pada software ini dapat ditemukan pada software SCM. TMS juga dapat digunakan sebagai stand-alone sistem pada perusahaan. Berikut beberapa keuntungannya :


1. Penghematan Biaya

Software TMS menawarkan penghematan biaya yang signifikan dalam mengelola supply chain. Banyak hal dalam proses supply chain yang pastinya membutuhkan biaya.


Penerapan sistem ini dapat menekan biaya administrasi dan prosesnya. Mulai dari membandingkan harga pengiriman, booking otomatis dan juga proses pembayaran, audit, hingga penjadwalan yang dapat dilakukan secara efisien dan lebih akurat. TMS juga membantu perusahaan untuk mengurangi biaya pengiriman melalui otomatisasi proses pengiriman produk hingga sampai kepada pengguna akhir.


2. Pelacakan Produk secara Real-Time

Arus pergerakan stok barang dari perusahaan hingga dikirim kepada konsumen merupakan proses yang panjang dan kompleks. Untuk itu, penting bagi setiap pihak yang berkaitan dalam supply chain management mengetahui perjalanan produk.


Melalui TMS yang juga dapat dilihat melalui software supply chain, perusahaan dapat melacak pergerakan produk secara real-time. Selain itu, dengan perkembangan teknologi, sistem ini juga dapat memberikan rekomendasi proses pengiriman yang lebih efisien dan hemat biaya agar produk dapat dengan cepat sampai kepada pengguna akhir.


3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Kemampuan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen menjadi kunci agar bisnis dapat bersaing dipasar. Saat ini, konsumen sangat mempertimbangkan pengiriman yang lebih cepat dan tepat waktu saat melakukan transaksi pembelian produk.


Dengan menerapkan software TMS, seluruh pihak dalam proses supply chain dapat memantau dan mengidentifikasi titik permasalahan yang membuat pengiriman produk terhambat. Dengan begitu seluruh pihak dapat bekerjasama untuk mencari solusi agar konsumen dapat menikmati produk dengan lebih cepat dan dalam kondisi terbaik. Hal ini tentu akan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan melalui pelayanan dan pengalaman bertransaksi yang efektif.


Transportation Management System juga dapat meningkatkan pengalaman berbelanja konsumen melalui pelacakan pengiriman produk dan proses pembayaran yang mudah. Sehingga konsumen akan lebih puas terutama jika produk yang diinginkan dapat diproses dengan cepat dan akurat.


Optimalkan Supply Chain Management melalui Transportation Management System pada SCM Prieds

Menerapkan supply chain management yang optimal akan menguntungkan perusahaan untuk mengelola produk hingga pengiriman kepada pengguna akhir. Melalui SCM, perusahaan dapat menjaga jumlah stok barang, mengetahui jumlah stok barang secara akurat dan memastikan produk dikirim secara tepat waktu dan akurat. Dengan begitu, perusahaan dapat memastikan produk dapat dengan mudah didapat oleh konsumen.


Sebagai startup penyedia Software SCM yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis, Prieds Technology hadir sebagai solusi pembukuan usaha perusahaan melalui integrasi antara hardware dengan software seperti WMS maupun ERP. Beragam fitur dari yang ditawarkan Software SCM Prieds dapat membantu perusahaan untuk mengelola dan melacak pengiriman produk hingga sampai ke konsumen. Melalui sistem ini, konsumen juga dapat mengetahui proses pergerakan produk yang dibeli.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait transportation management system pada supply chain management melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan Software SCM Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

16 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page