top of page

5 Cara Mengoptimalkan Performa Supply Chain Management pada Perusahaan

Diperbarui: 9 Des 2023

Bisnis yang berjalan dengan lancar adalah yang memiliki strategi dan performa supply chain management yang optimal. Rantai pasokan yang melibatkan beberapa pihak dan dari ujung ke ujung. Hal ini sangat kompleks dan jika pada satu komponen supply chain terhambat, maka akan berdampak pada yang lainnya.


Dengan melakukan evaluasi secara berkala, tentu performa supply chain management pada perusahaan dapat ditingkatkan lagi. Tujuannya, agar perusahaan dapat menciptakan pengelolaan yang kian efisien serta membantu bisnis lebih berkembang. Dengan supply chain management yang optimal, tentu perusahaan juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, sehingga keuntungan dapat meningkat.


5 Cara Optimalisasi Performa Supply Chain Management Perusahaan

5 Cara Meningkatkan Performa Supply Chain Management Perusahaan

Salah satu langkah untuk melakukan optimalisasi performa supply chain yaitu meninggalkan proses yang dilakukan secara manual. Selain itu, ada beberapa hal yang bisa perusahaan lakukan untuk bisa meningkatkan performa Supply Chain Management (SCM), diantaranya yaitu :


Menerapkan Software ERP pada Perusahaan

Kunci keberhasilan supply chain management adalah proses yang berjalan secara otomatis dan memiliki standar. Standarisasi melalui penerapan ERP ini memudahkan karyawan untuk melakukan pekerjaan, meningkatkan akurasi dan juga meningkatkan koordinasi dan kinerja tim. Selain itu, Software ERP membantu perusahaan untuk lebih menghemat waktu, penggunaan biaya serta meningkatkan komunikasi antar pihak terkait dalam supply chain management.


Manajemen Persediaan Stok Barang secara Real Time

Agar performa Supply Chain Management (SCM) meningkat, perusahaan perlu melakukan pengelolaan persediaan stok barang secara akurat dan real time. Melalui software SCM, perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan kontrol terhadap manajemen gudang karena memiliki visibilitas yang baik.


Kontrol dan visibilitas Operasional

Upaya peningkatan performa Supply Chain Management dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan dalam hal transparansi dan juga visibilitas. Berbagai kendala dan tantangan dalam proses manajemen yang terjadi dalam rantai pasokan dapat dengan mudah terlacak, sehingga langkah pencegahan atau penanganan dapat dilakukan dengan cepat, tepat dan akurat. Dengan begitu perusahaan dapat memiliki kontrol penuh terhadap seluruh aktivitas supply chain management, sehingga operasional dapat ditingkatkan menjadi lebih efisien dan efektif.


Pengelolaan Data yang Lengkap dan Akurat

Informasi yang akurat dan juga tepat waktu menjadi hal yang penting dalam pengambilan keputusan terutama sebagai bahan dasar untuk optimalisasi kinerja supply chain management pada perusahaan. Melalui penerapan software SCM, aktivitas manajemen dapat dilakukan dengan secara cepat dan juga seluruh data dapat dicatat secara akurat. Selain itu perusahaan memiliki akses pada manajemen inventaris, pembelian hingga data produksi untuk penyusunan strategi penjualan maupun pengembangan bisnis.


Penggunaan Biaya yang Optimal

Data keuangan merupakan hal penting dalam suatu perusahaan. Memiliki sistem data terpusat akan mempermudah proses pemantauan dan kontrol pada penggunaan biaya perusahaan. Dengan memiliki kontrol yang baik pada penggunaan biaya, perusahaan dapat menjalankan bisnis dengan biaya yang seminimal mungkin. Dengan begitu, perusahaan dapat mengalokasikan biaya untuk keperluan pengembangan dan ekspansi bisnis.


Tingkatkan Performa Supply Chain Management dengan Software SCM Prieds

Dalam supply chain management, performa operasional yang baik, memiliki berbagai manfaat bagi perusahaan. Mulai dari proses produksi yang efisien, manajemen stok barang yang baik, hingga dapat meningkatkan keuntungan dan kepuasan konsumen. Salah satu cara agar agar performa Supply Chain Management pada perusahaan dapat lebih optimal yaitu dengan menggunakan software SCM.


Sebagai startup penyedia solusi Supply Chain Management yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis, Prieds Technology hadir sebagai solusi efisiensi pengelolaan dan manajemen gudang perusahaan melalui integrasi antara hardware dengan software, seperti ERP dan WMS. Beragam fitur dari yang ditawarkan Prieds dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan performa rantai pasok dan menjalankan bisnis dengan optimal.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait optimalisasi supply chain management melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan pengelolaan rantai pasok yang baik dan optimal pada perusahaan Anda.

263 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page