top of page

Tips Mengelola Arus Kas agar Keuntungan Perusahaan Meningkat

Diperbarui: 9 Des 2023

Cash flow atau arus kas merupakan salah satu komponen yang krusial dalam bisnis. Tanpa adanya uang kas, akan sangat sulit bagi perusahaan untuk dapat bertahan atau bahkan menghasilkan keuntungan.


Memiliki jumlah kas masuk yang tidak sebanding dengan jumlah kas keluar akan membuat perusahaan merugi. Perusahaan yang tidak menjalankan manajemen kas yang baik mungkin akan mengalami beberapa kendala dalam menjalankan bisnisnya.


Cara Mengelola Arus Kas Perusahaan

Agar perusahaan dapat bersaing dan meningkatkan keuntungan, salah satu langkah yang dapat dilakukan yaitu menerapkan manajemen arus kas dengan baik. Simak beberapa cara mengelola arus kas perusahaan berikut :

Cara Mengelola Arus Kas Perusahaan

Memantau dan Mengevaluasi Arus Kas Masuk dan Kas Keluar

Ketika perusahaan memiliki arus kas masuk yang lebih besar dari arus keluar, hal ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki arus kas positif, sebaliknya ketika arus kas masuk lebih sedikit dibanding arus kas keluar, maka yang terjadi adalah arus kas negatif.


Dengan memantau dan melakukan evaluasi laporan arus kas, perusahaan dapat mengetahui penerimaan dan pengeluaran kas. Sehingga, perusahaan akan dapat menyusun strategi penggunaan keuangan perusahaan, ataupun juga strategi pemasaran yang dapat membantu meningkatkan arus kas masuk.


Melakukan evaluasi arus kas secara cermat juga diperlukan agar perusahaan dapat menilai kemampuan dalam memenuhi kewajiban pembayaran ataupun sebagai lampiran kondisi finansial perusahaan ketika membutuhkan pendanaan dari pihak luar. Sehingga pengelolaan arus keuangan perusahaan yang lengkap seperti perputaran jangka pendek maupun perputaran jangka panjang juga dapat dipantau secara bersama.


Memiliki Jadwal Pembayaran yang Rutin

Menyusun jadwal pengajuan faktur penagihan atau invoice merupakan langkah yang baik untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan semakin cepat piutang usaha berputar, maka modal yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha semakin besar.


Agar pembayaran dapat terjadwal secara rutin, perusahaan dapat menggunakan bantuan software. Melalui teknologi software, perusahaan dapat secara otomatis mengelompokkan piutang usaha berdasarkan waktu. Sehingga, perusahaan dapat memberikan peringatan sebelum jatuh tempo.


Kelebihan ini juga dapat digunakan oleh perusahaan apabila memiliki tagihan yang belum terbayar. Dengan begitu, perusahaan dapat memantau pengeluaran serta modal yang dibutuhkan agar bisnis dapat berjalan.


Efisiensi Pengadaan Stok Barang

Melakukan efisiensi biaya modal merupakan cara yang bijak untuk mempertahankan bisnis. Jika kas perusahaan dalam kondisi normal, ekspansi menjadi langkah yang cerdas, namun jika dirasa secara perhitungan masih belum memungkinkan untuk melakukan ekspansi bisnis, maka langkah yang dapat diambil oleh perusahaan yaitu meninjau arus kas dan melakukan efisiensi.


Salah satu bentuk efisiensi modal, yaitu dengan menyesuaikan kebutuhan stok barang. Memiliki stok barang dalam jumlah yang pas sesuai kebutuhan akan memaksimalkan penggunaan biaya, dan tetap menghasilkan produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Menyesuaikan pengadaan stok barang dengan permintaan dan juga kas, maka perusahaan dapat mengefisiensi penyerapan dana, sekaligus memaksimalkan pendapatan.


Menyusun Laporan Arus Kas Lengkap Secara Rutin

Penyusunan laporan keuangan terkait arus kas yang lengkap dan rutin memudahkan perusahaan untuk merinci perkiraan modal. Selain itu, memiliki laporan arus kas yang lengkap dapat mempermudah perusahaan untuk menarik investor.


Agar data arus kas dapat tersusun rapi dan akurat, perusahaan dapat memanfaatkan software yang memiliki fitur finance. Beragam data seperti pengadaan, pesanan serta penjualan dapat terlihat secara rinci. Sehingga, ketika laporan dibutuhkan, proses penyusunan laporan arus kas dapat dilakukan secara cepat dan juga akurat.


Tingkatkan Keuntungan Perusahaan melalui Pengelolaan Arus Kas yang Baik dengan Software ERP Prieds

Untuk dapat bersaing dalam pasar dan mengembangkan bisnis, tentu perusahaan membutuhkan arus kas positif sebagai faktor pendukung. Pasalnya, agar seluruh proses dalam bisnis dapat berjalan dengan optimal tentu membutuhkan modal. Dengan mengelola arus kas secara optimal, perusahaan akan tetap dapat bertahan dalam kondisi yang pasar yang lemah, dan melakukan ekspansi ketika memiliki cadangan kas yang banyak.


Saat ini, pengelolaan data bisnis, seperti mengelola arus kas, dapat dilakukan dengan mudah berkat teknologi. Hadirnya software penunjang bisnis, seperti software ERP yang memiliki modul finance and accounting dapat membantu perusahaan dalam melakukan pengelolaan arus kas. Mulai data piutang, memantau penggunaan biaya, pengelolaan invoice hingga jadwal pembayaran dan penagihan dapat dipantau melalui modul tersebut.


Sebagai startup penyedia Software ERP, Prieds Technology hadir sebagai solusi efisiensi proses produksi perusahaan melalui integrasi software dengan hardware, seperti teknologi IoT dan ERP. Beragam fitur dan modul dari Software ERP Prieds dapat membantu berbagai proses bisnis seperti pengelolaan arus kas perusahaan agar dapat berjalan dengan lebih efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait pengelolaan keuangan dan arus kas perusahaan dengan modul finance and accounting pada software ERP melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan kemudahan dalam manajemen arus kas pada bisnis Anda.

851 tampilan0 komentar

Comentários


bottom of page