top of page

7 Fungsi Penting Manajemen Keuangan Berikut bantu Tingkatkan Performa Bisnis

Diperbarui: 9 Des 2023

Dalam menjalankan bisnis, uang merupakan modal utama bagi keberlangsungan perusahaan. Oleh sebab itu, pengelolaan yang bijak terhadap uang, biaya maupun anggaran penting untuk dilakukan agar perusahaan dapat terus berkembang dan menghasilkan keuntungan.


Tanpa adanya pengelolaan keuangan, pemasukan dan pengeluaran menjadi tidak terkontrol dengan baik, sehingga bisa mengakibatkan kebangkrutan. Manajemen keuangan penting dipelajari untuk banyak orang yang hendak menggunakan uangnya seefektif dan seefisien mungkin, terlebih bagi mereka yang hendak berbisnis.



Definisi Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan merupakan sebuah kegiatan perencanaan, mengatur serta mengawasi seluruh aktivitas finansial perusahaan, seperti pengadaan barang ataupun penjualan produk kepada pengguna akhir.


Dalam melakukan manajemen keuangan berarti juga menerapkan prinsip manajemen umum terhadap keuangan perusahaan. Penting bagi perusahaan untuk memahami dengan detail manajemen keuangan agar perusahaan dapat menggunakan dana untuk kebutuhan secara efisien serta meningkatkan keuntungan.


7 Fungsi Manajemen Keuangan dalam Bisnis

Fungsi Manajemen Keuangan bagi peningkatan performa Bisnis

Melakukan Evaluasi Arus Kas Perusahaan

Perusahaan tentu pernah mengalami kerugian dan arus kas negatif dalam menjalankan kegiatan bisnisnya. Untuk itu, penerapan manajemen keuangan dalam bisnis penting dilakukan agar perusahaan dapat menanggulangi hal tersebut.


Dengan menerapkan manajemen keuangan, salah satunya dengan menyusun proyeksi arus kas, akan memberikan gambaran bagi perusahaan untuk menyusun suatu strategi finansial agar terlepas dari kondisi arus kas negatif. Karena, ketika bisnis sudah mulai berkembang, tentu modal dan perputaran uang yang dibutuhkan akan jauh lebih besar.


Penunjang Aktivitas Operasional Bisnis

Dalam aktivitas operasional, bis penyedia produk atau jasa mendapatkan keuntungan dari pejualan kepada konsumen, dan dari hasil penjualan tersebut, akan digunakan lagi untuk menjalankan proses produksi.


Namun, diluar dari biaya operasional, perusahaan juga dihadapkan oleh kebutuhan lain seperti membayar berbagai biaya dan tagihan. Semua ini tentu harus dibayar dengan uang kas dan dibutuhkan strategi manajemen keuangan yang tepat untuk memastikan bahwa arus kas mengalir secara efisien.


Menerapkan manajemen keuangan pada bisnis membantu untuk menanggulangi faktor eksternal, salah satunya yaitu kondisi ekonomi yang fluktuatif. Bisnis harus merencanakan untuk memiliki likuiditas yang cukup ketika menghadapi penurunan kondisi ekonomi.


Pelaporan Kinerja Operasional Bisnis

Laporan kinerja diperlukan sebagai bahan evaluasi, penyusunan strategi dan optimalisasi kinerja bisnis. Salah satu poin penting dalam laporan kinerja bisnis yaitu laporan keuangan. Manajemen keuangan yang baik, akan mempermudah staff untuk menyusun laporan keuangan dengan berbagai data yang dibutuhkan sehingga perusahaan dapat memiliki gambaran tentang penggunaan biaya dalam operasional bisnis.


Sebagai Bahan Pertimbangan dalam Menyusun Perencanaan

Setiap perusahaan tentu perlu menyusun perencanaan sebagai langkah bisnis ke depan. Agar perencanaan yang dibuat memiliki target yang jelas dan dapat diukur, tentu perlu berbagai bahan pertimbangan yang didukung dengan data, salah satunya seperti kondisi finansial.


Melihat dari laporan manajemen keuangan, tentu perusahaan dapat menilai kekuatan finansialnya. Dengan begitu, langkah yang akan diambil dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan.


Jika dirasa kondisi keuangan sangat baik dan perusahaan mendapat keuntungan besar, maka melakukan perencanaan untuk menambah jumlah karyawan atau membeli mesin baru untuk operasional bisnis, bisa direalisasikan sebagai langkah dalam mengembangkan bisnis.


Mengontrol Keuangan Perusahaan

Mengetahui Kondisi Finansial Perusahaan melalui Manajemen Keuangan

Pengendalian keuangan ditetapkan dengan menyusun kebijakan dan prosedur yang membantu mencegah kesalahan pengelolaan uang. Kebijakan tersebut mencakup bagaimana cara mengelola pendapatan dan pengeluaran, metode yang digunakan dalam penyusunan laporan keuangan dan juga melihat penggunaan biaya terhadap pencapaian perusahaan.


Dalam akuntansi, ada beberapa metode pengenalan pendapatan yang pada akhirnya memengaruhi bagaimana pendapatan dilaporkan dan bagaimana mekanisme pembiayaan pajak. Disinilah fungsi manajemen keuangan dibutuhkan untuk merangkum semua laporan tersebut.


Mengetahui Sumber dan Rencana Pembiayaan

Setiap perusahaan tentu membutuhkan rencana pembiayaan yang akan dianggarkan sebagai pengeluaran bisnis. Tujuannya, agar kebutuhan bisnis dapat diketahui dan juga mengantisipasi apabila terjadi kendala. Dengan begitu, keuangan perusahaan dapat tetap bertahan dan tidak menimbulkan kerugian.


Rencana pembiayaan juga memberikan gambaran bagi perusahaan apakah akan tercukupi dengan menggunakan uang kas atau perusahaan perlu menambah modal dengan cara meningkatkan penjualan barang, berutang pada kreditur, menjual aset perusahaan, atau melalui penjualan saham.


Sebagai Acuan Perhitungan Modal kerja

Dalam menjalankan bisnis, tentu membutuhkan modal kerja, yang didalamnya meliputi anggaran operasional, aktiva lancar, gaji, dan arus kas. Menjaga agar tetap berada di atas anggaran modal kerja merupakan salah satu bentuk dari manajemen keuangan yang baik, agar bisnis tidak mengalami kebangkrutan.


Perusahaan secara rutin perlu menelaah keuangan seperti menilai catatan, aset, dan arus kas untuk melihat berapa banyak kebutuhan modal, pendapatan yang dihasilkan, dan berapa banyak yang terikat dalam aset.


Modul Finance & Accounting ERP Prieds Bantu Manajemen Keuangan Bisnis lebih Optimal

Melalui penerapan Software ERP atau enterprise resource planning, perusahaan dapat lebih efisien, cepat dan akurat untuk mengelola keseluruhan proses bisnis, salah satunya seperti mengelola keuangan perusahaan. Hal ini dapat dilakukan karena ERP dapat diintegrasikan dan ditingkatkan fungsinya melalui beberapa modul yang ditawarkan. Mulai dari modul manajemen gudang, dokumen, pengadaan hingga modul finance dan accounting. Dengan modul tersebut, perusahaan dapat memantau dan mengelola seluruh hal yang berkaitan dengan keuangan melalui satu sistem dengan data yang selalu terbarui secara real-time, sehingga tidak ada proses yang dilakukan secara manual yang rentan terhadap berbagai permasalahan lagi.


Sebagai startup penyedia Software ERP, Prieds Technology hadir sebagai solusi efisiensi proses produksi perusahaan melalui integrasi software dengan hardware, seperti teknologi IoT dan ERP. Beragam fitur dari Software ERP Prieds dapat membantu berbagai proses bisnis, seperti pengelolaan keuangan perusahaan secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait modul finance & accounting melalui software ERP melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan pengelolaan keuangan yang lebih akurat dan efisien pada bisnis Anda.

93 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Yorumlar


bottom of page