top of page

Pembukuan Usaha : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Cara Melakukannya

Diperbarui: 9 Des 2023

Mengatur keuangan melalui kegiatan pencatatan sangat penting untuk dilakukan. Sebagai pelaku bisnis, kamu perlu mengetahui cara pembukuan usaha agar keuangan terstruktur dengan baik. Hal ini dapat dilakukan melalui perhitungan manual di komputer atau aplikasi pembukuan usaha.


Adapun tujuannya adalah sebagai cost control untuk setiap periode, sehingga kamu dapat mengetahui tingkat produktivitas usaha. Selain itu, dengan pembukuan usaha, perusahaan dapat berfokus pada kelancaran dan perkembangan bisnis.


Pengertian Pembukuan Usaha

Pembukuan merupakan pencatatan yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi serta data keuangan, meliputi modal, aset, kebutuhan, biaya produksi, dan harga sehingga kemudian menjadi laporan keuangan. Laporan keuangan tersebut meliputi perhitungan untung-rugi usaha serta laporan neraca.


Mengetahui cara pembukuan usaha adalah hal yang sangat penting dalam mengelola bisnis agar keseluruhan informasi keuangan tercatat dengan jelas. Hal tersebut dapat membantu proses pengambilan keputusan internal bisnis, seperti alokasi pendapatan. Sedangkan dalam segi eksternal dapat menjadi pertimbangan investor saat memilih usaha yang akan didanai.


Tujuan melakukan Pembukuan Usaha

tujuan pembukuan usaha

Banyaknya produk dalam sebuah perusahaan besar menyebabkan anggapan bahwa pembukuan hanya diperlukan oleh mereka saja. Padahal bisnis kecil juga sangat memerlukan pembukuan untuk mempermudah berbagai hal, salah satunya dalam memutuskan pengalokasian modal dan dana.


Pembukuan usaha yang konsisten akan membuat bisnis kamu terhindar dari kerugian serta meningkatkan strategi agar semakin berkembang. Sebagai pelaku bisnis kecil, kamu bisa memulai untuk membuat catatan pembukuan pada setiap transaksi yang dilakukan.


Manfaat penerapan Pembukuan Usaha

Cara pembukuan usaha adalah hal yang sangat penting dalam kelangsungan bisnis serta menghindari kerancuan antara uang pribadi dan milik bisnis. Berikut beberapa manfaat dari menerapkan pembukuan untuk bisnis kamu, di antaranya:


Mengetahui Seluruh Transaksi

Membuat pembukuan usaha akan mempermudah kamu untuk melihat riwayat transaksi yang dilakukan secara lengkap. Tidak hanya melacak distribusi keuangan, kamu juga dapat mengetahui inventaris barang.


Sebagai Bahan Melakukan Evaluasi Bisnis

Pembukuan usaha adalah rekaman tentang berbagai aktivitas yang terjadi pada suatu bisnis. Pencatatan tersebut yang dapat menjadi gambaran tentang kondisi usaha kamu selama periode tertentu. Jika bisnismu membuahkan laba, segera cari tahu berbagai faktor yang mempengaruhinya untuk mempertahankan serta meningkatkan keuntungan agar semakin maksimal.


Memiliki Gambaran Detail terkait Untung dan Rugi

Memantau keseluruhan transaksi yang terjadi setiap hari akan membuat kamu mengetahui arus distribusi uang dan barang pada bisnis. Pencatatan transaksi menunjukkan perkembangan keuangan bisnis, sehingga dapat diestimasikan keuntungan atau kerugian yang akan diperoleh.


Cara melakukan Pembukuan Usaha yang Baik dan Benar

Cara melakukan Pembukuan Usaha

Berikut cara membuat pembukuan usaha yang dapat diterapkan, di antaranya:


Menyusun Catatan Pengeluaran dan Pemasukan

Kamu harus membuat catatan pengeluaran usaha secara terpisah. Pembelian bahan baku, biaya operasional, serta gaji karyawan dapat dikelompokkan pada satu tabel. Jika ada pajak yang harus dibayarkan, kamu juga harus memasukkan pada tabel tersebut.


Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui jumlah modal yang telah dikeluarkan dan akan memudahkan kamu dalam menentukan strategi penggunaannya secara tepat pada periode selanjutnya.


Selain data pengeluaran, pencatatan dana yang masuk dapat dicatat pada kolom yang berbeda dengan pengeluaran. Pembukuan kas pemasukan dapat kamu gunakan untuk mencatat seluruh uang yang masuk, seperti jumlah penjualan produk setiap harinya, serta kredit yang telah berhasil dibayarkan. Pencatatan rutin untuk pemasukan bisa membuat kamu mengetahui nominal keuntungan yang akan kamu dapatkan.


Membuat Buku Kas Utama

Buku kas utama dibuat untuk menggabungkan transaksi pengeluaran dan pemasukan. Menggabungkan keduanya akan membuat kamu mengetahui secara jelas nominal keuntungan dan kerugian usaha. Buku kas utama memiliki peran penting dalam menentukan rencana atau strategi bisnis, seperti membuat dana darurat cadangan.


Menyusun Data Persediaan Barang

Selain pencatatan transaksi, persediaan barang juga perlu dicatat, baik untuk bisnis penjualan ataupun layanan jasa. Perusahaan harus memastikan bahwa persediaan produk telah sesuai, antara jumlah fisik dengan pencatatan, dan akan habis pada akhir periode agar tidak menimbulkan penumpukan serta memicu kerugian.


Sehingga, sangat perlu untuk mencatat barang yang keluar dan masuk setiap hari agar kamu lebih mudah dalam melakukan monitor persediaan. Pencatatan persediaan barang tersebut juga dapat menghindari terjadinya permasalahan, seperti adanya kecurangan yang dilakukan oleh pegawai atau pemasok, kehabisan stok barang hingga adanya dead stock.


Mencatat Persediaan Stok Barang

Cara pembukuan usaha yang selanjutnya yaitu mencatat persediaan stok barang dalam gudang. Pembukuan tersebut meliputi aset yang telah dimiliki sebagai penunjang usaha, termasuk jika memperoleh bantuan.


Selain itu, kamu juga perlu mencatat pengeluaran yang dilakukan saat membeli barang inventaris di buku kas dana keluar. Membuat pembukuan inventaris akan mempermudah kamu untuk mengawasi aset serta mencegah kehilangan barang.


Membuat Buku Laba dan Rugi

Membuat buku laba dan rugi diperlukan agar dapat mengetahui pendapatan serta beban perusahaan dalam periode tertentu. Sehingga kamu bisa tahu apakah bisnismu sedang mengalami kerugian atau memperoleh keuntungan besar.


Manfaat lain dari pembukuan laba rugi adalah bisa mengetahui besaran pajak yang perlu dibayarkan serta mengevaluasi strategi usaha. Membangun usaha tentu tidak akan lepas dari untung dan rugi, sehingga pembukuan sederhana untuk memonitor keuangan bisnis sangat diperlukan. Itu akan membuat perusahaan mengetahui seberapa besar modal yang telah digunakan, berapa sisanya, dan jumlah kredit.


Selain itu, pembukuan yang detail dapat digunakan sebagai instrumen analisis performa bisnis untuk membuat keputusan serta mengembangkan strategi bisnis di periode berikutnya.


Hasilkan Data Pembukuan Usaha yang Lengkap dan Akurat dengan Warehouse Management System (WMS) Prieds

Pembukuan usaha perlu dilakukan secara teliti, agar data yang dihasilkan lengkap dan akurat, hal ini dapat dibantu dengan penerapan ERP Prieds untuk bisnismu. Selain itu, dengan melakukan pencatatan lengkap pada produk atau stok barang yang dimiliki, perusahaan dapat menyusun pembukuan usaha dengan lebih mudah. Penerapan perangkat teknologi, seperti RFID dan juga aplikasi stok gudang, akan mempermudah perusahaan untuk mempercepat proses serta meningkatkan akurasi data.


Melakukan pencatatan stok barang secara lengkap dan otomatis, memungkinkan perusahaan untuk melacak jumlah stok, harga produk, kebutuhan untuk pengadaan dan beragam hal lain. Dengan begitu, penyusunan pembukuan usaha seperti menyusun laba rugi dan mengetahui keuntungan penjualan dapat dilakukan dengan cepat dan akurat, karena data terbarui secara real-time.


Sebagai startup penyedia WMS yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis, Prieds Technology hadir sebagai solusi pembukuan usaha perusahaan melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari yang ditawarkan WMS Prieds dapat membantu perusahaan untuk mengelola stok barang gudang, mulai menghitung jumlah pengadaan bahan baku yang diperlukan, menghitung laba rugi, hingga melakukan menyusun beragam pembukuan usaha bagi perusahaan.


Kamu dapat mempelajari lebih lanjut terkait pembukuan usaha dengan menggunakan manajemen gudang pada perusahaan kamu melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan sistem WMS dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

588 tampilan0 komentar

Commentaires


bottom of page