top of page

Tingkatkan Efisiensi Proses Manufaktur dengan Menerapkan Software ERP

Diperbarui: 9 Des 2023

Setiap bisnis tentu menginginkan proses operasionalnya dapat berjalan dengan efisien dan efektif. Seperti halnya dalam perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur, dimana proses operasional seperti produksi perlu berjalan dengan optimal.


Salah satu solusi untuk dapat meningkatkan efisiensi proses manufaktur yaitu dengan menerapkan Software ERP atau enterprise resource planning. Software tersebut menawarkan beberapa kemudahan seperti pengelolaan, otomatisasi hingga monitoring dapat dilakukan melalui satu sistem.


Beberapa Proses Manufaktur yang dapat Bekerja dengan Efisien melalui Software ERP

Efisiensi Proses Manufaktur dengan Software ERP Prieds

Penerapan Software ERP dapat membantu perusahaan untuk menyederhanakan proses manufaktur, sehingga proses dapat berjalan dengan waktu yang singkat. Selain itu, dengan operasional yang efisien, perusahaan dapat meningkatkan jumlah produksi dan mampu memenuhi permintaan konsumen.


Memudahkan perencanaan sumber daya

Software ERP dilengkapi dengan sistem pembaruan secara real-time, dengan begitu perusahaan dapat mengetahui perubahan permintaan pelanggan berdasarkan data yang sudah tersimpan dalam sistem secara cepat dan akurat. Hal ini juga dapat membantu penyusunan prediksi permintaan konsumen di masa yang akan datang.


Menyederhanakan Pengelolaan Stok Barang

Penerapan Software ERP pada proses pengelolaan stok barang, seperti manajemen persediaan bahan baku dan produk. Seluruh proses guna memastikan perusahaan manufaktur memiliki jumlah bahan baku yang tepat untuk proses produksi, dan pengelolaan hasil produksi manufaktur hinga memastikan produk tersebut sampai ke konsumen dapat dipantau dan dikelola melalui satu sistem.


Menghindari terjadinya produksi berlebih

Proses produksi yang berlebih akan menyebabkan pemborosan, baik dari segi sumber daya maupun dari segi biaya. Produksi berlebih umumnya diakibatkan Workflow dan supply yang rumit.


Dengan Software ERP, perusahaan dapat mengantisipasi terjadinya kelebihan produksi dan juga mempermudah optimalisasi proses manufaktur, mulai dari bill of material hingga pengiriman produk hingga proses bisnis lain sehingga customer value meningkat.


Optimalisasi Kinerja Staff

Salah satu aspek dalam operasional manufaktur yaitu manajemen sumber daya manusia. Melakukan optimalisasi kinerja staf melalui sistem absensi, pelatihan hingga penugasan melalui Software ERP dapat membantu proses manufaktur agar lebih efisien. Melalui sistem tersebut, manager dapat menugaskan dan memantau kinerja stafnya secara real-time dengan data yang akurat, sehingga proses penugasan, monitoring dan optimalisasi tidak memakan banyak waktu. Dengan begitu, perusahaan tidak mengalami pemborosan operasional karena staff memiliki kinerja yang optimal.


Meningkatkan hubungan kerjasama dengan pihak berkaitan

Penggunaan Software ERP pada perusahaan membantu menyederhanakan dan meningkatkan proses respon dan komunikasi secara signifikan. Salah satunya yaitu dapat meningkatkan kerjasama baik internal perusahaan, ataupun dengan pihak berkaitan seperti supplier bahan baku. Selain mempermudah respon dan komunikasi, kepercayaan antar pihak dapat meningkat, karena melalui Software ERP, akses informasi dan data akan menjadi transparan dan aman. Perusahaan dapat memberikan akses informasi baik kepada internal maupun dengan pihak berkaitan sesuai dengan yang dibutuhkan, sehingga meskipun Software ERP memiliki transparansi data, kendala seperti kebocoran data dan informasi juga dapat dikelola dan dihindari.


Pengelolaan Supply Chain melalui integrasi

Salah satu kelebihan Software ERP adalah fitur integrasi. Sistem dapat dihubungkan salah satunya dengan manajemen supply chain. Integrasi ini memungkinkan perusahaan untuk menghubungkan produsen dengan supplier, distributor ataupun jasa pengiriman melalui Software ERP. Kendala seperti kesalahan manusia, atau tidak dapat memantau produk dapat diantisipasi dengan Software ERP, sehingga seluruh aktivitas supply chain dapat dimonitor secara real-time dengan data yang akurat dan cepat.


Dapatkan Proses Manufaktur yang Efisien dengan Software ERP Prieds

Memiliki proses manufaktur yang efisien menjadi salah satu faktor keberhasilan perusahaan untuk dapat memenangkan persaingan pasar. Melalui penerapan Software ERP atau enterprise resource planning, perusahaan dapat lebih efisien, cepat dan akurat untuk mengelola proses manufaktur. Karena seluruh proses dapat dipantau melalui satu sistem dengan data yang selalu terbarui secara real-time, sehingga tidak ada proses yang dilakukan secara manual yang rentan terhadap berbagai permasalahan lagi.


Sebagai startup penyedia Software ERP, Prieds Technology hadir sebagai solusi efisiensi proses manufaktur melalui integrasi software dengan hardware, seperti teknologi IoT dan ERP. Beragam fitur dari Software ERP Prieds dapat membantu berbagai proses manufaktur secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi efisiensi proses bisnis manufaktur melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi proses manufaktur dan beragam keuntungan lain dengan Software ERP Prieds pada bisnis Anda.

19 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page