top of page

Supply Chain : Pengertian, Tujuan dan Fungsinya dalam Bisnis

Diperbarui: 8 Jan

Agar produk yang diciptakan perusahaan dapat sampai ke tangan konsumen, maka ada banyak pihak yang perlu untuk saling bekerjasama. Mulai dari perusahaan selaku produsen barang, distributor, retail dan pihak pengiriman terlibat dalam sebuah proses yang dikenal dengan istilah supply chain.


Perusahaan tentu ingin produk sampai ke konsumen dengan waktu yang cepat serta akurat sesuai dengan permintaan. Tujuannya untuk meningkatkan kepuasan konsumen terhadap produk tersebut. Untuk dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, salah satu upaya yang bisa dilakukan yaitu dengan menjalankan supply chain secara efektif dan efisien. Maka dari itu, penting bagi perusahaan untuk mengerti supply chain secara menyeluruh, mulai dari pengertian, fungsi dan tujuannya dalam bisnis agar perusahaan dapat memaksimalkan kinerja supply chainnya.


Pengertian Supply Chain

Pengertian Supply Chain

Dalam bisnis tentu tidak asing dengan istilah supply chain. Supply chain adalah sebuah rangkaian proses mulai dari produksi, distribusi dan penyaluran produk hingga ke tangan konsumen terakhir.


Proses supply chain melibatkan berbagai pihak, mulai dari produsen, pengelola gudang, vendor, perusahaan pengiriman, distributor, hingga perusahaan retail. Maka dari itu, penting bagi seluruh pihak untuk menjaga kinerja supply chain agar produk dapat sampai kepada konsumen akhir dengan cepat dan tepat.


Perbedaan Supply Chain dengan Supply Chain Management

Supply chain dan supply chain management (SCM) merupakan dua istilah yang berbeda, terutama dalam prakteknya. Jika supply chain berkaitan dengan proses produksi, distribusi hingga pengiriman kepada konsumen akhir, SCM meliputi seluruh proses tersebut dengan berfokus pada pengelolaan yang dilakukan secara efektif dan efisien.


Perbedaan lain antara supply chain dengan supply chain management terletak pada strategi koordinasi dan manajemen antara perusahaan dengan pihak yang berkaitan dengan proses. Hal ini dikarenakan seluruh pihak dalam SCM memiliki tujuan yang sama, yaitu menjangkau konsumen terakhir.


Dari sedikit penjelasan diatas, dapat dipahami bahwa supply chain management adalah cara untuk mengatasi berbagai kendala pada proses produksi dan distribusi secara efektif agar tercipta produk yang berkualitas, kompetitif, dan penyalurannya tepat waktu.


Tujuan Supply Chain dalam Bisnis

Tujuan penerapan supply chain adalah sebagai pendukun dalam aktivitas bisnis. Supply chain diterapkan untuk memastikan bahwa jumlah produk yang tepat dibuat pada waktu dan tempat yang tepat, serta proses yang efektif. Sistem ini bekerja dengan memaksimalkan efisiensi di seluruh tahapan produksi hingga distribusi. Secara umum, setidaknya ada 3 fungsi utama penerapan supply chain, yaitu :

  1. Menciptakan proses bisnis yang efektif dan efisien

  2. Mengoptimalkan penggunaan biaya

  3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan


Fungsi Supply Chain

Fungsi Supply Chain dalam Bisnis

Supply chain berfungsi sebagai alat perencanaan strategi terkait pengambilan keputusan dalam bisnis. Melalui evaluasi proses supply chain, perusahaan dapat menemukan target pasar baru, menangani permasalahan distribusi, dan meningkatkan kualitas pelayanan bagi konsumen akhir. Selain itu, terdapat beberapa fungsi lain dari supply chain, diantaranya :

  1. Memenuhi permintaan pasar.

  2. Meningkatkan waktu respon terhadap permintaan konsumen.

  3. Meningkatkan kepuasan konsumen terhadap suatu produk.

  4. Membangun jaringan bisnis dan kerjasama antar pihak yang solid.

  5. Mengoptimalkan proses pengiriman barang.

  6. Meningkatkan efisiensi produksi barang.


Dapatkan Proses Supply Chain yang Optimal dengan Prieds

Tentu setiap perusahaan menginginkan konsumen yang melakukan pembelian secara rutin pada satu produk. Untuk mencapai hal tersebut, perusahaan perlu meningkatkan kepuasan konsumen, baik dari kualitas produk yang baik, pelayanan yang cepat serta akses terhadap produk yang mudah. Untuk dapat menjalankan hal tersebut, perusahaan perlu menerapkan supply chain. Ditambah dengan implementasi teknologi, maka perusahaan dapat menjalankan supply chain dengan lebih efisien dan efektif. Software supply chain memungkinkan perusahaan untuk melakukan proses operasional secara cepat dan tepat, serta meningkatkan kerjasama antar pihak dalam supply chain.


Sebagai startup penyedia Software Supply Chain, Prieds Technology hadir sebagai solusi melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT, dan software ERP dan Warehouse Management System (WMS). Beragam fitur software supply chain Prieds dapat membantu bisnis untuk mengoptimalisasi tiap tahap dalam proses supply chain.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait software supply chain melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan kemudahan dalam mengelola supply chain bersama Prieds pada bisnis Anda.

9 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page