top of page

Pentingnya Cybersecurity pada Sistem ERP dan Solusi terhindar dari Resiko Keamanan

Diperbarui: 9 Des 2023

Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang berisi semua data penting dan penting dari departemen administratif suatu organisasi. sistem ERP, seperti Katana ERP, membantu mengelola organisasi dengan lebih baik karena membuat operasi yang berjalan di organisasi lebih mudah dan bebas hambatan. Nah, bagaimana sistem ini menjaga keamanan siber? Nah, di sinilah keamanan ERP masuk.


Cybersecurity Sistem ERP

Cybersecurity Sistem ERP adalah serangkaian tindakan pencegahan yang diambil untuk memastikan sistem ERP Anda terlindungi dari akses ilegal. Dalam istilah yang lebih jelas, itu menjaga integritas sistem ERP Anda.


Terlepas dari manfaat sistem ERP, memiliki semua data penting dalam satu perangkat lunak membuat data tersebut berisiko tinggi dan meningkatkan kerentanannya terhadap peretas. Jika mereka dapat mengkompromikan bagian mana pun dari sistem, mereka mendapatkan akses ke informasi dan aset berharga organisasi. Inilah sebabnya mengapa keamanan ERP sangat penting untuk mengamankan organisasi Anda dari ancaman eksternal.



Penyebab Sistem ERP Rentan

Penyebab Sistem ERP Rentan

Proses digitalisasi pada perusahaan melalui sistem ERP membuat perusahaan rentan terhadap serangan dunia maya. Beberapa titik pada sistem ERP yang sering dieksploitasi oleh peretas diantaranya yaitu :


Kompleksitas otorisasi sistem ERP

Penerapan akses informasi yang transparan tentu akan mempercepat arus informasi dan menghindari terjadinya penyelewengan. Namun, dibalik kebebasan akses pada perusahaan dapat menyebabkan tereksposnya informasi penting perusahaan.


Tentu respon yang umum dilakukan untuk menghindari informasi bocor adalah dengan menerapkan banyak proses otorisasi, yang akan membuat penyesuaian pengaturan keamanan menjadi lebih rumit. Sehingga, dengan proses otorisasi yang kompleks, muncul masalah baru seperti kesalahan kode akses hingga dapat menyebabkan akses terblokir.


Eksposur ke internet

Penerapan sistem ERP pada bisnis sudah banyak dilakukan dan sistem memiliki beragam pilihan harga yang variatif. Tentu jika ingin menekan biaya, pembuatan sistem ERP dapat dilakukan menggunakan public-cloud, dimana perusahaan tidak memiliki kontrol penuh terhadap keamanan server. Hal ini tentunya akan membuat data perusahaan bisa terekspos ke internet dan dieksploitasi oleh pihak diluar perusahaan.


Kurangnya staf terlatih

Sebagian besar organisasi yang menggunakan sistem ERP tidak dilengkapi dengan staf yang terlatih secara memadai tentang cybersecurity. Hal ini akan mudah dieksploitasi oleh peretas, karena staf tidak memiliki keterampilan untuk meningkatkan keamanan seperti melakukan pembaruan secara berkala, ataupun memasang otorisasi pada sistem ERP perusahaan.


Tips Meningkatkan Cybersecurity Sistem ERP

Tips Meningkatkan Cybersecurity Sistem ERP

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat diterapkan perusahaan untuk meningkatkan keamanan pada sistem ERP :

  1. Menggunakan kata sandi yang aman. Langkah ini dapat membantu membatasi pemaparan informasi penting perusahaan. Penerapan kata sandi seperti autentikasi 2 langkah oleh setiap staff dapat mencegah berbagi kata sandi dan melindungi data sensitif.

  2. Berikan akses hanya sesuai kebutuhan pekerjaan – Pemberian otorisasi berbasis peran dapat memastikan bahwa informasi penting tidak jatuh tangan yang salah.

  3. Memberikan pelatihan dan wawasan terkait cybersecurity – Memiliki staf terlatih akan membantu mengurangi kemungkinan resiko peretasan. Selain itu, staf yang terlatih juga dapat mengetahui ketika sistem memerlukan pembaruan dan melakukan penjadwalan secara berkala guna meningkatkan keamanan sistem ERP.


Gunakan Sistem ERP dengan Tingkat Keamanan Maksimal dari Prieds

Semakin banyak perusahaan memilih untuk menerapkan sistem ERP dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas bisnisnya. Perusahaan tidak hanya memperhatikan fitur dan harga dari sistem, akan tetapi aspek keamanan atau cybersecurity ERP juga perlu diperhatikan. Tentu dengan digitalisasi, permasalahan seperti peretasan juga semakin marak, sehingga perusahaan perlu meningkatkan keamanan data sensitif pada sistem dan databasenya.


Sebagai startup penyedia Software ERP yang menyediakan sistem pre-build dan kemampuan kustomisasi sesuai kebutuhan, Prieds Technology hadir sebagai solusi cybersecurity sistem ERP melalui pembaruan berkala serta tingkat keamanan maksimal. Beragam fitur dari yang ditawarkan sistem ERP Prieds dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, serta dengan kustomisasi, sistem akan dibangun lebih optimal dari segi keamanan.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi sistem ERP dengan cybersecurity yang baik melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan pengelolaan bisnis yang optimal dengan keamanan maksimal pada perusahaan Anda.

95 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page