top of page

Optimalkan Pengelolaan Stok Barang dalam Gudang pada Industri Ritel

Diperbarui: 27 Nov 2023

Pengelolaan warehouse dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu secara manual dan juga dilakukan dengan cara otomatis melalui penerapan sistem teknologi dengan software gudang. Agar pengelolaan stok barang dalam gudang menjadi lebih optimal, tentu penerapan teknologi menjadi pilihan yang tepat bagi perusahaan saat ini.


Dengan menggunakan software warehousing yang canggih seperti aplikasi stok barang, Anda bisa mengakses data gudang dimana pun dan kapan pun. Khususnya pada perusahaan yang bergerak pada industri ritel, yang mana transaksi dilakukan langsung kepada konsumen akhir.


Beragam stok barang yang siap dijual ke pengguna akhir, membuat manajemen gudang menjadi unsur penting dalam bisnis ritel. Melalui penerapan teknologi pada manajemen stok barang, tentu pengawasan serta pencatatan keluar masuk stok barang menjadi akurat dan tepat. Sehingga, perusahaan dapat menekan angka kerugian ataupun beragam permasalahan yang kerap muncul ketika melakukan pengelolaan dengan cara manual.


Definisi Industri Ritel

Bila diartikan secara umum, ritel adalah kegiatan pemasaran produk berupa barang atau jasa yang dilakukan secara eceran atau satuan kepada pengguna akhir. Bisnis ritel umumnya dipahami sebagai tahapan terakhir dalam rantai distribusi.

Definisi Industri Ritel

Perusahaan yang bergerak pada industri ritel, memiliki peran penting dalam penyaluran produk atau jasa kepada pengguna akhir. Dengan begitu, kemampuan perusahaan untuk menjangkau konsumen menjadi faktor penting bagi peningkatan keuntungan perusahaan.


Agar perusahan ritel mampu menjangkau konsumen yang tersebar pada berbagai daerah, tentu kendala terbesar yang dihadapi adalah pengelolaan gudang yang banyak. Untuk itu, penerapan software warehousing menjadi solusi agar pemantauan stok barang di berbagai lokasi gudang dapat dilakukan melalui satu sistem secara terpusat.


Manfaat Gudang bagi Perusahaan Ritel

Secara umum, manfaat dari gudang yaitu menjadi area penyimpanan untuk berbagai stok barang yang dimiliki perusahaan. Dalam industri ritel gudang juga bermanfaat sebagai ruangan untuk menjaga dan menyimpan produk sebelum dipasarkan ke pengguna akhir. Selain itu, berikut beberapa manfaat gudang bagi perusahaan ritel :

  1. Sebagai tempat untuk filtering. Gudang juga berperan sebagai sarana untuk melakukan proses penyortiran produk sebelum akhirnya didistribusikan.

  2. Tempat perlindungan stok barang. Keamanan yang diterapkan pada gudang harus mampu menjamin keamanan stok produk yang tersimpan didalamnya.

  3. Sebagai tempat pemisahan produk dari pencemaran. Dalam sebuah gudang tentu terdapat berbagai macam produk yang mungkin terdapat juga material berbahaya dan tidak. Sehingga perlu adanya pemisah pada gudang agar tidak terjadi pencemaran yang dapat merusak stok barang.

  4. Tempat persediaan. Pada dasarnya bisnis sangat penuh dengan perubahan maka dengan adanya gudang Anda memiliki alternatif persediaan barang bila kemudian dibutuhkan. Hal ini untuk menangani perbedaan prediksi permintaan produk dengan apa yang sebenarnya terjadi.


Optimalkan Manajemen Stok Barang pada Perusahaan Ritel Melalui Penerapan Software Warehousing dari Prieds

Software warehousing merupakan alat otomatis yang dapat membantu pengelolaan stok barang lebih efektif dan efisien. Penerapan teknologi ini pada bisnis ritel mampu mengoptimalkan manajemen gudang, terutama dalam memastikan stok barang yang dimiliki mampu memenuhi setiap permintaan atau transaksi dari pengguna akhir.

Optimalkan Manajemen Stok Barang pada Perusahaan Ritel dengan WMS Prieds

Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan bila menggunakan software gudang adalah melakukan monitoring pada seluruh aktivitas stok barang, manajemen gudang yang lebih terorganisir hingga pencatatan dan pengelolaan dokumen yang lengkap dan akurat. Dengan begitu perusahaan akan lebih mudah untuk melakukan pengecekan apabila terjadi kehilangan dan selisih perhitungan barang.


Sebagai startup penyedia Software Warehousing yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis, Prieds Technology hadir sebagai solusi pembukuan usaha perusahaan melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari yang ditawarkan WMS Prieds dapat membantu perusahaan ritel untuk mengelola barang pada gudang perusahaan yang tersebar di berbagai lokasi melalui satu sistem terpusat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait pengelolaan stok barang pada perusahaan ritel dengan menggunakan WMS pada perusahaan kamu melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan Software Warehousing dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

33 tampilan

Bình luận


bottom of page