top of page

Warehousing dalam Perusahaan: Pengertian, Manfaat dan Fungsinya

Diperbarui: 9 Des 2023

Setiap perusahaan tentu memiliki warehouse atau gudang untuk dapat menyimpan beragam jenis barang, baik bahan baku, ataupun juga hasil produksi. Banyaknya jumlah dan jenis barang yang disimpan, perlu ketelitian ketika melakukan pengelolaan gudang. sehingga staff dapat mudah menemukan stok barang yang akan diproses.


Untuk dapat melakukan pengelolaan gudang dengan baik, perusahaan perlu memahami fungsi, manfaat serta jenisnya. Tujuannya, agar dapat memastikan jumlah barang tersimpan sesuai, dan dalam kondisi yang baik. Selain itu, pengelolaan gudang perlu dilakukan secara teliti dan efisien agar perusahaan dapat terhindar dari kendala sekaligus meningkatkan keuntungan.


Pengertian Warehousing

Pengertian Warehousing

Warehousing merupakan proses penyimpanan barang sebelum diproses untuk didistribusikan, digunakan untuk produksi, ataupun dijual. Istilah warehousing berkaitan dengan warehouse, namun secara pengertian, keduanya berbeda. Warehousing berkaitan dengan proses atau aktivitas penyimpanan barang di dalam warehouse, sedangkan warehouse adalah gudang, atau tempat penyimpanan stok barang dimana proses warehousing dilakukan.


Manfaat Warehousing dalam Perusahaan

Manfaat dari warehousing secara umum yaitu untuk melakukan proses penyimpanan dan pengelolaan produk. Selain itu, proses warehousing memiliki berbagai manfaat lain diantaranya yaitu :

  1. Meningkatkan akurasi data persediaan stok barang dalam gudang.

  2. Menekan biaya overhead gudang.

  3. Sebagai bahan pertimbangan dalam merencanakan alokasi tenaga kerja secara efektif dan efisien.

  4. Melindungi kualitas dan kondisi barang dari berbagai risiko.

  5. Meningkatkan efisiensi waktu, biaya dan sumber daya dalam proses distribusi barang.

  6. Merampingkan alur perpindahan stok barang dari perusahaan hingga sampai ke pengguna akhir.

Oleh karena itu, perusahaan perlu memiliki rencanakan, desain tata ruang, dan manajemen warehouse yang optimal agar aktivitas warehousing dapat berjalan dengan efektif dan efisien.


Fungsi Warehousing dalam Perusahaan

Pengertian Warehousing

Fungsi utama dari warehousing yaitu melakukan proses penyimpanan barang di dalam gudang. Meski begitu, terdapat beberapa fungsi lain dari warehousing, diantaranya yaitu:


Sebagai Hub Pengiriman

Fungsi ini umumnya diterapkan pada gudang yang memiliki lokasi yang sangat strategis. Dengan begitu, perusahaan akan lebih mudah untuk mengelola pengiriman ataupun menerima barang untuk didistribusikan ke lokasi lain.


Penyimpanan Barang untuk Proses Produksi

Perusahaan melakukan produksi tentu membutuhkan beberapa komponen atau bahan baku yang disimpan dalam gudang. Dalam setiap tahap produksi juga perusahaan menghasilkan produk setengah jadi yang akan dirakit menjadi sebuah produk. Produk setengah jadi dan produk jadi juga memerlukan area penyimpanan yang berbeda. Sehingga warehousing perlu dilakukan dengan akurat dan efisien.


Ruang penyimpanan untuk disewakan

Perusahaan juga dapat menyewakan area gudang yang tak terpakai untuk menyewakan ruang lebih tersebut. Sehingga, perusahaan dapat menambah sumber pemasukan yang bisa dialokasikan untuk meminimalisir biaya overhead dan operasional gudang.


Optimalkan Pengelolaan Gudang Perusahaan dengan Software Warehousing dari Prieds

Mengelola gudang perusahaan perlu dilakukan secara teliti, agar stok barang tetap dalam kondisi yang baik dan data yang dihasilkan lengkap dan akurat. Selain itu, dengan melakukan pencatatan lengkap pada produk atau stok barang yang dimiliki, perusahaan dapat dengan mudah memproses stok barang untuk melakukan produksi hingga pengiriman kepada penguna akhir. Penerapan software warehousing dapat mempermudah perusahaan untuk mempercepat proses pengelolaan gudang serta meningkatkan akurasi data penjualan, pengadaan dan hingga pemenuhan pesanan.


Sebagai startup penyedia Software Warehousing yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis, Prieds Technology hadir sebagai solusi pembukuan usaha perusahaan melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari yang ditawarkan WMS Prieds dapat membantu perusahaan untuk mengelola barang dalam gudang perusahaan.


Kamu dapat mempelajari lebih lanjut terkait warehousing perusahaan dengan menggunakan WMS pada perusahaan kamu melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan Software Warehousing dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

219 tampilan0 komentar

コメント


bottom of page