• Gabriel C Sudibyo

Pengguna Prieds Dapatkan Akses Modal Usaha Bisnis UMKM dengan KoinWorks

Diperbarui: 13 Apr

Uang menjadi roda utama bergeraknya bisnis, baik untuk modal pembelian stok, pembayaran tagihan listrik dan pegawai, ataupun kebutuhan lainnya.

Pendanaan menjadi salah satu cara usaha mikro mendapatkan suntikan uang untuk modal usaha, namun bagaimana kenyataan di lapangan?


Data dari ukmindonesia.id menyatakan hanya 25% usaha mikro dan 29,6% usaha kecil yang sudah mendapatkan pendanaan dari perbankan. Padahal pinjaman modal usaha menjadi cara UMKM dapatkan suntikan dana untuk akselerasi bisnisnya.


Table of Content

Perlunya Pendanaan dan Pengelolaan Uang UMKM

  1. Disiplin mencatatat transaksi keuangan

  2. Pisahkan uang pribadi dan usaha

  3. Lakukan perencanaan dan pengelolaan hutang

  4. Tentukan target dan evaluasi bisnis

Laporan Akuntansi Otomatis Prieds

Fintech Lending Koinworks

Pinjaman Dana Koinworks x Prieds



Perlunya Pendanaan dan Pengelolaan Uang UMKM

Sulitnya mendapatkan pendanaan dari perbankan dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya: kemampuan usaha mikro untuk meyakinkan investor tentang performa bisnisnya.

Hasil survey Forbes menyatakan 8 dari 10 pelaku usaha mikro ke kecil mengalami kesulitan yang signifikan di tahun ke-2. Tidak heran kalau biasanya perbankan atau pendana membutuhkan catatan keuangan yang detail selama 1-2 tahun terakhir untuk mengevaluasi kesehatan dan prospek bisnis Anda.


Sayangnya kegiatan pencatatan ini seringkali di-nomor dua-kan di tengah banyaknya kegiatan usaha yang harus dilakukan. Karena hal inilah, UMKM perlu lakukan pengelolaan dan pencatatan keuangan yang mendetail dengan tips berikut ini:


1. Disiplin mencatat transaksi keuangan

Pencatatan keuangan ini seringkali diabaikan oleh usaha mikro dan kecil, padahal sanagt penting untuk pemasukan dan pengeluaran bisnis dicatat setiap harinya. Anda dapat evaluasi kapasitas bisnis dengan mengetahui persis biaya operasional usaha, keuntungan dan modal sehari. Catatan keuangan ini semacam ini bisa diselesaikan dengan cepat dengan fitur rekam otomatis software aplikasi bisnis seperti Prieds, sehingga tidak lagi menyita waktu!


2. Pisahkan uang pribadi dan usaha

Pemisahan rekening pribadi dan usaha bisa menyelamatkan Anda dari pusingnya memilah mutasi pengeluaran dari bisnis atau tagihan pribadi Anda. Memisahkan uang pribadi dan usaha juga membuat Anda mengetahui biaya operasional usaha secara akurat. Dengan cara ini juga, Anda bisa melihat berapa pastinya laba atau “gaji” Anda sebagai pelaku usaha.


Baca juga: Pentingnya Pembukuan untuk UMKM dan Evaluasi Bisnis


3. Lakukan perencanaan dan pengelolaan hutang

Hutang bisa menjadi sarana untuk memperluas cakupan usaha. Dengan suntikan dana lebih, Anda bisa upgrade bisnis Anda untuk memproduksi atau menjual lebih banyak produk dibanding sebelumnya. Dengan perencanaan yang baik, hutang dapat dikelola sebagai modal alih-alih beban yang memberatkan secara jangka panjang.


4. Tentukan target dan evaluasi bisnis

Pengelolaan uang yang cermat membuat Anda dapat mengalokasikan dana produksi/pembelian untuk mendapatkan profit semaksimal mungkin. Dengan target yang jelas, Anda bisa menentukan patokan nominal yang perlu Anda capai, cara mencapainya, dan target omzet di masa depan.


Laporan Akuntansi Otomatis dengan Aplikasi Bisnis Prieds

Pencatatan keuangan yang rapi menjadi daya saing bisnis Anda di mata investor untuk meloloskan permohonan pinjaman modal. Berangkat dari keinginan membantu ekosistem UMKM Indonesia, Prieds menyediakan layanan pencatatan ini, misalnya melalui aplikasi bisnis Prieds Lite yang bisa:

  1. Rekap transaksi bisnismu (laba rugi, rekap harian, dsb)

  2. Kelola stok dari kantor ataupun rumah

  3. Buat nota pembelian dan penjualan dalam satu sistem

  4. Terima pembayaran tunai, transfer, hingga QRIS.

Tidak berhenti pada penyediaan catatan keuangan untuk mudahkan investor nilai bisnis Anda, Prieds juga bekerja sama dengan Koinworks, sebuah perusahaan Fintech Lending.


Fintech Lending oleh Koinworks

Melihat kecilnya persentase pendanaan oleh perbankan, muncul alternatif di industri 4.0 agar lending atau peminjaman tidak lagi dibatasi hanya melalui perbankan, tetapi juga melalui Fintech Lending. Sebutan fintech lending mungkin terdengar asing, namun sistem ini telah diregulasi dan didaftar oleh OJK secara resmi, dan menjadi alternatif bagi UMKM agar dapat melakukan pinjam modal.


Seperti dikutip dari direktori OJK sendiri, keuntungan pinjam modal di Fintech Lending karena “Fintech Lending dapat memberikan penyaluran pendanaan yang cepat, (sebagian besar) tanpa agunan, dan syarat/proses lebih mudah karena dapat dilakukan secara remote dengan menggunakan smartphone”.


Fintech Lending ini disebut juga peer to peer lending (P2P lending) atau secara harafiah berarti: “pinjaman antar rekan”. Untuk memudahkan pemahaman, berikut ilustrasinya:


Peminjam membutuhkan 200 juta, sebuah angka yang biasanya “seret” kalau Anda hendak pinjam dari bank. Dengan sistem P2P lending, kuota 200 juta ini bisa ditutup dengan beberapa pendana saling “iuran”. Misal ada tiga orang pendana, masing-masing dengan dana 50 juta, 60 juta, dan 90 juta. Tiga pendana ini dapat menyalurkan dana mereka pada Anda, dan Anda mendapatkan nominal 200 juta yang Anda butuhkan.


Tentu saja dibutuhkan sistem untuk mempertemukan antara pendana dan peminjam dengan aturan yang jelas. Koinworks adalah salah satu perusahaan fintech terdaftar OJK yang menangani pinjaman berbasis P2P lending ini.


Pinjaman Dana Koinworks x Prieds

Melihat eratnya hubungan antara pencatatan keuangan dan kepercayaan investor memberikan pendanaan, kerja sama antara Prieds dengan Koinworks bersinergi dengan baik.


Koinworks x Prieds bertujuan untuk benahi dan upgrade bisnis Anda: secara internal dengan aplikasi bisnis dan secara eksternal dengan bantuan pendanaan. Kerja sama antara Koinworks dan Prieds ini menghasilkan sebuah simbiosis untuk menyehatkan bisnis UMKM Indonesia. Dengan pencatatan keuangan yang teratur melalui Prieds, pendana dari Koinworks juga memiliki kepercayaan untuk lakukan investasi pada usaha Anda.



Prieds berupaya untuk memajukan cakupan UMKM Indonesia dengan cara membekali usaha untuk gunakan perangkat digital seperti POS untuk terima tunai, debit, kredit, hingga QRIS yang tercatat otomatis transaksinya. Aplikasi bisnis Prieds untuk UMKM ini mempersiapkan usaha mikro hingga menengah untuk mengelola stok secara digital, mencetak dan mengirim bukti pembayaran via email, sehingga semua pembukuan Anda tersusun rapi tanpa ada transaksi yang terlewat.


Ditambah dengan upaya optimasi usaha menggunakan aplikasi bisnis Prieds dan pendanaan Koinworks, tentu ada perubahan positif yang terimplementasi. Sewaktu-waktu investor mengevaluasi performa bisnis Anda, akan terlihat efek melakukan pencatatan yang rapi dan akurat ini.


Dengan berlangganan Prieds, Anda dapat tingkatkan peluang Anda untuk dapatkan pendanaan dari Koinworks! Saat Anda mengajukan peminjaman modal kerja, Anda bisa pilih PRIEDS sebagai partner rekanan Koinworks.


Kebetulan saat ini Prieds juga sedang adakan promo untuk Anda yang belum #PakaiPrieds agar bisa nikmati semua kemudahan digitalisasi bisnis Anda cukup dengan 999k/tahunnya!


Naikkan kesempatan Anda dapatkan akses pendanaan dan otomatisasikan pencatatan keuangan bisnis Anda mulai dari sekarang.





23 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua