top of page

Manajemen Inbound Stok Barang lebih Optimal dengan Menggunakan Aplikasi Stok Gudang

Diperbarui: 6 Nov 2023

Salah satu kunci keberhasilan perusahaan terletak pada manajemen gudang yang berjalan dengan optimal. Dalam keseluruhan proses manajemen gudang, terdapat tahap penting untuk mengelola stok barang yang akan masuk, atau dikenal dengan proses inbound stok barang.


Proses inbound perlu ditingkatkan agar dapat berjalan dengan efisien dan efektif. Karena dengan proses yang optimal, perusahaan akan dapat berbagai keuntungan, seperti pencatatan stok barang lebih akurat, penggunaan sumber daya dan biaya yang efisien hingga berperan dalam membantu peningkatan penjualan.


Apa yang Dimaksud Dengan Inbound Stok Barang

Inbound dan outbound stok barang adalah dua proses paling umum dalam proses pengelolaan gudang perusahaan. Proses inbound stok merupakan aktivitas pengelolaan stok barang dari supplier hingga masuk dan tersimpan ke dalam gudang.

Inbound Stok Barang

Fungsi dari sistem inbound warehouse adalah membantu mengkoordinasikan proses distribusi produk agar terjaga keseimbangan antara permintaan dan penawaran. Karenanya, prosesnya memiliki keterkaitan yang erat dengan sourcing, produksi, dan distribusi barang.


Perbedaan Antara Inbound dan Outbound Stok Barang

Berbeda dengan inbound stok barang, outbound warehouse merupakan aktivitas pengelolaan produk jadi dari gudang untuk dikirim kepada pelanggan akhir. Dalam prosesnya, kegiatan outbound stok barang melibatkan konfirmasi pesanan, fulfillment (termasuk proses picking dan packing), pengiriman, layanan pelanggan hingga proses feedback dan pengembalian jika ada.


Keuntungan dari Inbound Stok Barang yang Efektif

Salah satu kunci keberhasilan suatu perusahaan dilihat dari kemampuan dalam mengelola stok secara efektif dan efisien. Proses inbound stok barang salah satu tahap dalam manajemen gudang. Proses ini berperan dalam pengelolaan stok barang ketika akan masuk ke gudang. Berikut beberapa keuntungan dari memiliki proses inbound yang efektif :


1. Memperbaiki Arus Stok Barang

Ketika seluruh proses manajemen gudang disederhanakan, maka dampaknya adalah arus stok barang akan lebih mudah, cepat, dan tepat untuk berpindah dari satu tahap manajemen gudang ke tahap berikutnya, hingga sampai kepada konsumen. Arus stok barang yang lebih efektif dapat menghemat lebih banyak waktu dan sumber daya, sekaligus menjaga kinerja operasional agar berjalan dengan lancar.


2. Meningkatkan Pengelolaan Inventaris dan Akurasi Pesanan

Proses inbound stok barang yang efektif dan efisien dapat diraih dengan melakukan kontrol secara menyeluruh pada manajemen gudang. Dengan memiliki monitoring dan sistem yang baik, perusahaan akan dapat lebih mudah mengelola seluruh inventaris yang dimiliki, mengoptimalkan penggunaan inventaris hingga meningkatkan akurasi pemenuhan pesanan. Hal ini dapat dilakukan karena saat proses inbound stok barang, perusahaan telah melakukan pencatatan dan pendataan secara akurat untuk meminimalisir terjadinya selisih jumlah.


3. Membantu Perusahaan untuk Memaksimalkan Pendapatan

Salah satu faktor untuk meningkatkan pendapatan perusahaan yaitu memiliki manajemen gudang yang optimal. Hal tersebut sangat membantu perusahaan untuk meningkatkan penjualan, karena dengan melakukan pengelolaan gudang secara efektif dan efisien, perusahaan dapat memastikan kemampuannya untuk memaksimalkan pemenuhan pesanan dan memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh konsumen.


Proses inbound stok barang, yang merupakan tahap awal dalam manajemen gudang, perlu dilakukan dengan efektif. Tujuannya, agar saat stok barang tersimpan dalam gudang, perusahaan dapat mengetahui secara pasti jumlah, jenis, usia stok dan letak penyimpanan secara akurat. Dengan begitu, ketika staff gudang melakukan pengelolaan hingga proses siap untuk dikirimkan dapat dipantau dengan menyeluruh. Terlebih lagi jika perusahaan sudah menggunakan aplikasi stok gudang, yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas pencatatan dan pengelolaan stok.


4. Penggunaan Biaya yang lebih Efisien

Selain membantu meningkatkan pendapatan perusahaan, inbound stok barang yang dikelola dengan optimal membantu efisiensi penggunaan biaya. Stok barang yang masuk dan telah dilakukan pencatatan secara detail, sehingga dapat meminimalisir terjadinya selisih stok barang, ataupun memiliki stok mati.


Melalui proses inbound stok dengan optimal, perusahaan dapat menilai stok barang yang paling cepat habis maupun stok barang yang kurang laku, sehingga penggunaan biaya untuk pengadaan dan pengelolaan dapat dialihkan kepada produk yang banyak dipesan. Pengelolaan yang efisien juga berarti perusahaan dapat menggunakan sumber daya untuk keperluan inbound sesuai jadwal, sehingga ketika tidak ada proses atau jadwal inbound, perusahaan dapat menghentikan sementara penggunaan sumber daya sekaligus menekan biaya operasional.


Pengelolaan Inbound Stok Barang Lebih Efektif dengan Aplikasi Stok Gudang Prieds

Menjalankan proses manajemen gudang yang optimal, yaitu dengan meningkatkan performa dari setiap tahapnya, seperti proses inbound stok barang. Agar proses ini dapat berjalan dengan efisien, perusahaan membutuhkan pencatatan yang tersimpan dengan lengkap, sistem kerja yang efisien, dan pengawasan terhadap keseluruhan proses agar dapat berjalan dengan optimal. Proses manajemen stok barang membutuhkan akurasi agar menghasilkan data pencatatan yang akurat. Dengan menerapkan aplikasi stok gudang, perusahaan dapat mengoptimalkan proses manajemen gudang agar berjalan lebih efisien dan akurat.


Implementasi aplikasi stok gudang akan menguntungkan perusahaan pada berbagai industi agar dapat meningkatkan performa pengelolaan stok barang. Dengan mengetahui jumlah stok barang secara akurat di seluruh gudang, perusahaan dapat memastikan produk dapat dengan mudah didapat oleh konsumen.


Sebagai startup penyedia Aplikasi Stok Gudang yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis, Prieds Technology hadir sebagai solusi pengelolaan inbound stok barang dalam gudang agar dapat berjalan dengan efektif melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari yang ditawarkan Aplikasi Stok Gudang dapat membantu perusahaan untuk mengelola stok barang dalam gudang dan melakukan manajemen stok secara akurat dan efisien melalui satu sistem terpusat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait proses inbound stok barang yang efektif melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan Aplikasi Stok Gudang Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

33 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page