top of page

Optimalkan Manajemen Stok Perusahaan Distribusi dengan Menerapkan Software Stok Barang

Diperbarui: 11 Nov 2023

Perusahaan distributor merupakan pihak yang berperan penting dalam aktivitas distribusi, yaitu kegiatan pemasaran yang berfokus pada kelancaran dan kemudahan penyaluran barang atau produk dari produsen ke konsumen. Salah satu kunci keberhasilan dari distributor terletak pada penyaluran stok serta manajemen stok barang yang berjalan dengan optimal. Dua hal ini memiliki keterkaitan, dimana manajemen stok berperan dalam pergerakan dan penyimpanan stok barang dalam gudang.


Agar proses bisnis perusahaan distributor dapat berjalan dengan optimal, perusahaan perlu mengadopsi teknologi seperti penggunaan Software Stok Barang atau WMS. Sistem ini akan membantu perusahaan distributor dalam mengawasi dan melakukan manajemen stok gudang.


Permasalahan Umum Manajemen Stok pada Perusahaan Distribusi

Permasalahan Umum Manajemen Stok pada Perusahaan Distribusi

Perusahaan dengan berbagai macam industri, seperti perusahaan distribusi, tentu telah menerapkan manajemen stok. Melakukan pengelolaan stok barang dalam gudang merupakan aktivitas yang kompleks dan rentan terjadi permasalahan. Berikut beberapa permasalahan umum yang mungkin terjadi saat melakukan manajemen stok :


  1. Perusahaan kehabisan stok barang akibat terlambat melakukan pemesanan

  2. Kondisi stok barang dalam gudang tidak terdeteksi secara rinci

  3. Perhitungan jumlah stok barang kurang akurat

  4. Perusahaan tidak melakukan kontrol kualitas produk

  5. Tata letak stok yang tidak tertata yang mengakibatkan stok lama bercampur dengan stok baru


Pentingnya Software Stok Barang bagi Perusahaan Distribusi

Mempermudah Penyusunan Perkiraan Persediaan Barang

Salah satu resiko saat dihadapkan dengan penjualan barang yang tinggi yaitu pihak distributor merasa jika persediaan barang tidak cukup. Hal ini bisa disebabkan dari pencatatan stok barang yang kurang akurat.


Salah satu peran penting Software Stok Barang yaitu dengan mempermudah proses penyusunan perkiraan stok barang. Hal ini dapat dilakukan karena seluruh proses manajemen stok dilakukan secara otomatis, sehingga data yang terekam akan langsung tersimpan pada satu sistem terpusat.


Perhitungan Reorder Point yang Semakin Akurat

Software stok barang juga penting bagi distributor untuk meningkatkan akurasi saat melakukan perhitungan dan perencanaan reorder point. Perusahaan distributor perlu menetapkan batas bawah dari jumlah stok barang, sehingga ketika stok barang mencapai titik tersebut, akan ada peringatan untuk melakukan pengadaan stok.


Berkat informasi ini, perusahaan distributor dapat mengetahui secara pasti waktu untuk melakukan reordering dan melakukan penghitungan nilai reorder point. Melalui fitur ini, perusahaan distributor dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari manajemen stok barang dan terhindar dari kelebihan ataupun kehabisan stok barang.


Memisahkan Stok barang Lama dengan Barang Baru

Perusahaan distributor perlu memperhatikan stok barang yang dimiliki, baik stok lama maupun baru, sehingga perusahaan dapat memberikan kualitas terbaik saat melakukan penyaluran stok barang kepada konsumen.


Software stok barang akan membantu perusahaan distributor untuk memisahkan stok barang lama dengan yang baru. Hal ini dapat dilakukan melalui pencatatan secara otomatis ketika stok barang masuk hingga keluar gudang. Sehingga, perhitungan jumlah stok barang, baik produk yang sudah terjual maupun belum terjual akan tercatat secara akurat dalam satu sistem.


Menjaga Kualitas maupun Kuantitas Barang

Salah satu fungsi dari manajemen stok yaitu untuk pengendalian barang. Pengendalian ini berkaitan dengan kualitas dan kuantitas barang. Seluruh stok barang yang dimiliki oleh perusahaan distributor perlu dikelola dengan baik dan dijaga kualitas dan kuantitasnya.


Melalui penerapan Software stok barang, perusahaan distribusi dapat memantau keseluruhan arus stok barang, dari stok barang masuk hingga keluar gudang. Seluruh data yang berkaitan dengan stok, seperti jumlah, kondisi stok, letak penyimpanan hingga pengiriman dapat dimonitor secara langsung melalui sistem terpusat.


Berperan Penting dalam Meningkatkan Pelayanan Distributor

Salah satu masalah yang sering kali dihadapi oleh distributor adalah pelayanan distribusi barang ke konsumen. Padahal, pelayanan distribusi ini menjadi faktor penting bagi pertumbuhan bisnis dan loyalitas konsumen.


Dengan meningkatkan efisiensi dan efektifitas manajemen stok, perusahaan distributor juga dapat memberikan pelayanan yang cepat dan tepat kepada konsumen. Terutama, jika perusahaan memiliki lokasi gudang di beberapa tempat, software stok barang dapat menentukan kawasan pergudangan yang mampu mencapai kebanyak tempat dalam waktu yang relatif cepat. Sehingga pelayanan distribusi dapat berlangsung dengan efektif dan efisien.


Gunakan Software Stok Barang dari Prieds untuk Mengoptimalkan Manajemen Stok pada Perusahaan Distribusi

Proses manajemen stok membutuhkan ketelitian agar menghasilkan data pencatatan yang akurat. Dengan menerapkan Software stok barang proses manajemen menjadi lebih efisien dan akurat.


Implementasi Software stok barang akan menguntungkan perusahaan distributor dalam meningkatkan performa pengelolaan dan penyaluran stok barang kepada pengguna akhir. Untuk itu, menjaga jumlah stok barang dalam gudang menjadi hal yang sangat penting bagi perusahaan distributor. Dengan mengetahui jumlah stok barang secara akurat di seluruh gudang, perusahaan dapat memastikan produk dapat dengan mudah didapat oleh konsumen.


Sebagai startup penyedia Software Stok Barang yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis, Prieds Technology hadir sebagai solusi pembukuan usaha perusahaan melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari yang ditawarkan Software Stok Barang dapat membantu perusahaan distribusi untuk mengelola stok barang pada gudang perusahaan yang tersebar di berbagai lokasi dan melakukan manajemen stok secara akurat dan efisien melalui satu sistem terpusat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait manajemen stok yang akurat untuk perusahaan distributor melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan Software dari Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.


33 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page