top of page

Laporan Stok Gudang : Pengertian, Tujuan dan Fungsinya bagi Perusahaan

Diperbarui: 9 Des 2023

Pengelolaan barang dalam gudang tentu melalui beberapa tahapan penting, mulai dari stok barang masuk, hingga pengiriman. Namun salah satu proses dalam manajemen gudang yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan yaitu penyusunan laporan stok barang.


Laporan stok gudang sangat bermanfaat bagi perusahaan, karena data dari hasil laporan dapat digunakan untuk melakukan evaluasi terhadap keseluruhan proses pengelolaan gudang. Selain itu, dengan melakukan laporan secara rutin, perusahaan dapat memantau pertumbuhan bisnis.


Pengertian Laporan Stok Gudang

Laporan stok barang merupakan laporan yang dibuat dengan tujuan untuk mengetahui berapa jumlah stok produk atau persediaan barang. Kegiatan ini adalah kegiatan untuk menghitung jumlah seluruh barang yang masih tersedia di gudang secara fisik.


Dengan membuat laporan stok gudang secara berkala, perusahaan akan dapat lebih mudah dalam melakukan pemantauan perkembangan bisnis. Laporan stok barang gudang merupakan pembukuan yang diperoleh dari kegiatan stock opname.


Isi dari laporan tersebut yaitu segala transaksi keluar masuknya barang, sisa persediaan, harga pokok barang, harga jual dan lain sebagainya. Laporan atas stok tersebut dibuat untuk dijadikan bukti tertulis akurat yang nantinya juga mempengaruhi laporan keuangan perusahaan.


Tujuan Laporan Stok Gudang pada Perusahaan

Perusahaan membuat laporan stok barang gudang bertujuan untuk mencatat stok fisik yang ada di gudang dengan data yang berasal dari stock opname dan mengidentifikasi jumlah stok barang apabila terjadi selisih pada barang persediaan baik kurang maupun lebih.


Selain itu penyusunan laporan stok barang pada perusahaan juga bertujuan sebagai bahan audit internal maupun dalam membuat penyesuaian jurnal perusahaan dagang. Laporan ini juga dapat menunjukkan penyebab terjadinya selisih jumlah dan bahan pertimbangan untuk mengambil langkah solusi untuk mengatasi permasalahan ini. Dengan menerapkan laporan stok barang, maka data yang dihasilkan akan menjadi akurat sesuai antara pembukuan dengan stok fisik di lapangan.


Fungsi Laporan Stok Gudang

Fungsi Laporan Stok Barang

Pembuatan laporan stok barang gudang memberikan banyak fungsi bagi perusahaan. Dengan laporan stok gudang, perusahaan dapat mengawasi jumlah ketersediaan barang dan membantu berbagai perhitungan yang dibutuhkan dalam penyusunan strategi maupul laporan manajemen perusahaan. Berikut beberapa fungsi lain dari penyusunan laporan stok gudang :

  1. Mengetahui jumlah stok persediaan barang terkini dalam gudang

  2. Mempermudah proses perhitungan kas, hutang maupun piutang perusahaan

  3. Meningkatkan akurasi jumlah barang yang tertera dalam pembukuan dengan stok fisik di gudang

  4. Meminimalkan risiko kehilangan stok barang

  5. Menjadi bahan acuan estimasi produksi atau pengadaan barang

  6. Sebagai dasar analisa performa perusahaan untuk produksi barang, pengiriman juga penjualan setiap jenis produk

  7. Memudahkan pengambilan keputusan saat terdapat barang rusak ataupun tidak layak


Optimalkan Laporan Stok Gudang Perusahaan dengan Software Manajemen Gudang dari Prieds

Mengelola stok gudang perusahaan perlu dilakukan secara teliti, data yang dihasilkan sebagai bahan evaluasi dan laporan lengkap dan akurat. Dengan melakukan laporan stok gudang secara berkala, perusahaan dapat dengan mudah memantau seluruh proses manajemen stok barang dalam gudang. Dipadukan dengan penerapan software manajemen gudang, perusahaan dapat mempercepat proses pengelolaan gudang serta meningkatkan akurasi data penjualan, pengadaan dan hingga pemenuhan pesanan.


Sebagai startup penyedia Software Manajemen Gudang yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis, Prieds Technology hadir sebagai solusi mudah dan akurat penyusunan laporan stok gudang perusahaan melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari yang ditawarkan WMS Prieds dapat membantu perusahaan untuk mengelola barang dalam gudang hingga proses penyusunan laporan.


Kamu dapat mempelajari lebih lanjut terkait laporan stok gudang perusahaan dengan menggunakan WMS pada perusahaan kamu melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan Software Manajemen Gudang dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

130.168 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page