top of page

Rekomendasi Software Gudang Terbaik untuk Bisnis di Indonesia

Diperbarui: 9 Des 2023

Perusahaan yang menyediakan produk bagi konsumennya, tentu akan selalu berhadapan dengan proses pengelolaan persediaan barang dalam gudang. Dalam melakukan manajemen stok, salah satu proses yang penting untuk diperhatikan yaitu mencatat serta mengelola seluruh data yang berkaitan dengan jumlah barang yang masuk dan keluar gudang.


Untuk mendapatkan proses pengelolaan yang mudah, penerapan software dalam proses perhitungan stok barang perlu dilakukan. Dengan menggunakan software gudang, perusahaan dapat meminimalisir risiko seperti kesalahan pencatatan barang dan kehilangan data serta perusahaan memiliki data akurat terkait jumlah persediaan stok barang.


Rekomendasi Software Gudang Terbaik

Rekomendasi Software Gudang Terbaik di Indonesia

Penting bagi perusahaan untuk memilih dan menggunakan software gudang dengan beragam fitur yang ditawarkan. Tujuannya agar proses pengelolaan persediaan barang, memantau jumlah stok barang hingga melakukan manajemen data yang lebih cepat dan akurat. Agar tidak salah dalam memilih, berikut 5 rekomendasi Software gudang terbaik untuk bisnis di Indonesia :


1. WMS Prieds

Salah satu software gudang terbaik di Indonesia, dengan fitur berlimpah, keamanan yang baik serta memiliki tampilan yang mudah untuk digunakan yaitu WMS Prieds. Dilengkapi perangkat RFID dan barcode dengan dashboard multifungsi, software gudang dari Prieds mampu melacak seluruh aktivitas dalam gudang, sekaligus mengetahui keseluruhan informasi stok barang secara realtime.

Software Gudang Prieds

Software gudang Prieds dilengkapi beberapa fitur penting, yang pertama yaitu Fitur Stock Transfer order yang berguna untuk mempermudah perusahaan dalam melakukan manajemen perpindahan barang dari lokasi gudang asal ke lokasi gudang tujuan, tanpa adanya transaksi. Jika perusahaan memiliki lokasi penyimpanan yang tersebar diberbagai wilayah, fitur ini dapat membantu melacak dan melakukan penghitungan stok barang melalui satu sistem.


Fitur kedua dari WMS Prieds adalah fitur Safety Stock dan Stock Alert berguna untuk melacak stok barang dalam gudang dan sebagai pemberitahuan apabila stok barang pada gudang menipis atau bahkan kelebihan stok. Fitur ketiga yaitu multi-site management, yang memungkinkan perusahaan untuk dapat memantau banyak gudang sekaligus melalui satu sistem. Sehingga, perusahaan dapat menjaga performa manajemen pergudangan dan juga menjaga kualitas produk yang ada pada berbagai lokasi gudang.


WMS Prieds juga menawarkan fitur integrasi dengan ERP agar perusahaan dapat melakukan proses bisnis yang lebih efisien. Beragam data yang telah terkumpul pada WMS dapat tersinkronisasi dengan baik pada sistem ERP. Dengan begitu, perusahaan dapat memiliki kontrol maksimal baik dari segi manajemen gudang, akuntansi, penjualan dan beragam proses bisnis lain. Untuk mengetahui lebih lengkap terkait fitur dan keunggulan dari software gudang prieds, dapat dipelajari disini.


2. NetSuite WMS

WMS NetSuite memiliki kemampuan untuk mempermudah operasional manajemen pergudangan melalui penerapan RF Barcode Scanner yang membantu perusahaan untuk melakukan putaway, picking dan menghitung jumlah stok barang secara akurat dan efisien.


Software gudang milik NetSuite memiliki tampilan yang sederhana dan mudah untuk digunakan. Memanfaatkan fitur data real time, penagihan, manajemen inventaris, pemesanan, dan pengiriman, perusahaan dapat lebih mudah mengelola seluruh gudang yang tersebar di berbagai wilayah dengan sistem yang terpusat. Sehingga data pencatatan akan terkumpul secara lengkap dan akurat.


3. SAP WMS

Software gudang keluaran SAP menawarkan fleksibilitas dan otomatisasi dalam melakukan proses perpindahan stok barang dalam gudang yang kompleks. Software ini menawarkan fitur penjadwalan dan peningkatan proses manajemen secara efisien. Beberapa keunggulan yang dimiliki software gudang SAP diantaranya yaitu monitoring pergerakan stok barang, RF Barcode, sistem perencanaan berdasarkan data yang terpusat hingga manajemen dan kontrol area penyimpanan dalam gudang.


4. Ramco WMS

Rekomendasi software gudang yang cocok untuk digunakan untuk bisnis di Indonesia salah satunya yaitu WMS dari Ramco. Software ini mampu merampingkan proses manajemen gudang sekaligus meningkatkan efisiensi dan akurasi pengelolaan stok barang.


Kelebihan dari software gudang Ramco yaitu otomatisasi menyeluruh pada manajemen gudang seperti proses pengelolaan permintaan, penyusunan perencanaan dan alokasi stok barang. Selain itu, software gudang ini menawarkan integrasi dengan berbagai sistem lain, salah satunya yaitu integrasi ERP.


5. Odoo WMS

Salah satu software gudang dengan tampilan yang menarik dan mudah untuk digunakan yaitu WMS dari Odoo. software ini dapat membantu perusahaan untuk memaksimalkan efisiensi dari pengelolaan stok barang dalam gudang.


Kelebihan yang ditawarkan dari Odoo WMS yaitu double entry inventory system untuk meningkatkan performa dan waktu proses pengelolaan gudang. Odoo WMS juga menawarkan replenishment otomatis untuk menghindari terjadinya kehabisan stok barang dalam gudang, yang mana hal ini tentu dapat merugikan perusahaan.


Dapatkan Software Gudang Terbaik yang Cocok untuk Bisnis di Indonesia

Sebagai startup penyedia WMS yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis, Prieds Technology hadir sebagai solusi efisiensi pengelolaan dan manajemen gudang perusahaan melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari yang ditawarkan WMS Prieds dapat membantu perusahaan untuk mengelola stok barang gudang, mulai menghitung jumlah pengadaan bahan baku yang diperlukan, penggunaan ruang penyimpanan dalam gudang, dan berbagai proses lainnya. Dengan menerapkan software gudang yang tepat, tentu akan menjadi investasi jangka panjang yang baik bagi perkembangan bisnis.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait Software Gudang yang cocok untuk perusahaan anda melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan sistem WMS dengan keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan Anda.

139 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page