• Gabriel C Sudibyo

Kapan Sebenarnya Bisnis Anda Butuh ERP?

Semakin usaha berkembang, semakin banyak data yang dihasilkan - semakin banyak pula sumber dari mana data itu berasal.


Jika sebelumnya Anda dapat mengurus segalanya sendiri mulai dari membeli bahan mentah hingga produksi, tentu Anda memiliki kendali penuh atas semua kegiatan bisnis Anda.


Seiring perkembangan bisnis, akhirnya Anda pun menambah tenaga untuk memenuhi permintaan pasar atas produk Anda. Anda tidak lagi sanggup mengerjakan segalanya sendiri dengan produksi yang lebih masif.


Saat bisnis telah bergerak dengan pembagian divisi (purchasing, sales, dsb) yang jelas, kebanyakan bisnis mulai mengadopsi sistem teknologi untuk membantu komunikasi dan monitor aktivitas bisnis. Tidak ada peraturan tentang kapankah kita perlu mengadopsi teknologi semacam ini, namun Prieds telah berbincang dengan pemilik usaha kecil dan menengah dan kami mendapatkan beberapa pain point yang umum terjadi dan dapat diselesaikan dengan bantuan teknologi.


Table of Content

Permasalahan Umum Usaha kecil dan Menengah

Data menjadi penggerak utama bisnis

Bagaimana ERP menjadi solusi: Reliabel, Cepat, dan Akuntabilitas

Alur hulu ke hilir tidak efisien

Bagaimana ERP menjadi solusi: Full Control dan Mitigasi Risiko

Menghabiskan terlalu banyak biaya untuk berbagai software

Bagaimana ERP menjadi solusi: Efisiensi Biaya dan Optimalisasi Keuntungan

Kepayahan memproduksi sesuai permintaan pasar

Bagaimana ERP menjadi solusi: Navigasi yang baik dan Peningkatan kualitas produksi

 

Permasalahan Umum Usaha Kecil dan Menengah



Prieds menemukan benang merah antara masalah-masalah yang umum dihadapi sebuah usaha berkembang. Berikut adalah problem utama yang kebanyakan terjadi di bisnis berkembang dan bagaimana teknologi dapat menjadi solusi mudah mengatasinya.


Data menjadi penggerak utama bisnis

Banyak usaha berkembang mulai luput memastikan semua laporan up to date antar divisi, ditambah dengan form pembelian/penjualan yang bisa jadi berhenti di divisi masing-masing saja.


Rekap modal harian, berapa banyak biaya yang dihabiskan selama produksi atau pengiriman satu hari, kadang terbengkalai karena banyaknya proses bisnis yang berlangsung. Padahal data penjualan, laba rugi, dan persentase kecepatan barang terjual sejak pengadaan, semua ini penting bagi usaha untuk memastikan proses bisnis berjalan dengan baik.


Bagaimana ERP Prieds bisa membantu:

Reliabel dan Cepat

Sistem ERP secara otomatis dan valid memperbarui data barang keluar/masuk dari gudang. Rekap dimudahkan dengan permintaan keluar/masuk, data penjualan dan pengiriman, semuanya terekam dalam satu sistem.


Akuntabilitas

Data barang di gudang terekam dan lengkap tercatat. Perubahan volume stok juga terintegrasi dengan laporan akuntansi, memudahkan operasional bisnis dengan data yang dapat dipertanggungjawabkan tanpa human error.


Alur hulu ke hilir (pengadaan hingga penjualan) tidak efisien



Semakin banyaknya orang yang terlibat, semakin banyak gerbang yang harus dilalui. Berbeda dengan ketika pemilik usaha bekerja sendiri dari pengadaan hingga penjualan, sebuah perusahaan yang terstruktur memiliki alur operasional dari purchasing hingga barang siap jual.


Manufaktur, misalnya, perlu menentukan berapa banyak barang yang diproduksi. Jika komunikasi antara pengadaan dan penjualan tidak lancar, Anda bisa-bisa berhadapan dengan bahan mentah yang bertumpuk dan tidak dapat diproses ataupun surplus produk yang tidak terjual.


Bagaimana ERP Prieds bisa membantu:

Full Control

Memastikan jalur First In First Out dan dengan mudah melacak stok dari supplier, gudang, toko, sampai customer dan disertai detail pembelian maupun penjualan


Mitigasi Risiko

Data dan laporan dapat dilihat langsung (real time) dan update ke info terakhir. Sistem ERP membantu pengguna mengurangi risiko kehilangan stok, kesalahan laporan dan data.


Menghabiskan terlalu banyak biaya untuk berbagai software

Ketika Anda menggunakan software akuntansi, pengelolaan data stok, dan aplikasi lainnya berdiri sendiri-sendiri, tentu menghabiskan lebih banyak biaya daripada membeli satu software saja yang bisa mencakup semua fitur tersebut.


Tidak hanya biaya langganan dan lisensi, Anda harus menghabiskan lebih banyak dana untuk training, operasional, semua biaya tambahan yang diperlukan agar serangkaian aplikasi Anda bekerja. Bellum lagi ditambah kerepotan untuk membuka aplikasi bergantian dan menyatukannya, hal0hal ini menjadikan aplikasi yang seharusnya memudahkan proses bisnis malah menjadi hambatan.


Sebuah sistem yang dapat mencakup semua proses bisnis juga memberikan Anda dashboard yang dapat memantau semua proses bisnis secara langsung, menjadikan Anda memiliki amunisi lebih untuk mengambil keputusan bisnis.


Bagaimana ERP Prieds bisa membantu:

Efisiensi Biaya

Satu harga untuk semua urusan otomatisasi data dan pantau proses bisnis memudahkan Anda melacak biaya operasional yang Anda habiskan untuk manajemen aplikasi yang dipakai perusahaan. Selain lebih ringan secara biaya, Anda juga bisa mengoptimalkan budget dan menekan pengeluaran secara efisien.


Optimalisasi Keuntungan

Fungsi kontrol yang baik dan Dashboard pada sistem ERP berikan Anda kemudahan memantau transaksi dan rekap keuangan, membantu Anda menentukan keputusan untuk optimalisasi keuntungan.


Kepayahan memproduksi sesuai permintaan pasar

Pelanggan adalah hal vital bagi perusahaan Anda. Semakin besar skala usaha Anda, semakin tinggi angka penjualan, yang berarti semakin banyak pelanggan yang ingin membeli produk Anda. Adalah fatal bagi sebuah perusahaan berkembang untuk tidak berhasil menjawab permintaan produk yang terus meningkat ini.


Bagaimana ERP Prieds bisa membantu:

Navigasi yang baik

Sistem ERP membantu alur produksi dan menyederhanakan prosesnya melalui rekap data akunting, manajemen order, pengiriman, dan semua terdistribusi dengan baik antar divisi.


Peningkatan kualitas produk

Manajemen data yang baik memberikan kemampuan perusahaan untuk menjaga kualitas dari produk sembari memastikan kecepatan produksi mengimbangi banyaknya permintaan. Hal ini tentunya akan meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap perusahaan Anda.


Tidak hanya solusi yang telah disebutkan, sistem ERP dapat memberikan potensi pengembangan modal dengan lengkap dan terstrukturnya laporan data Anda. Financial yang baik dan data transaksi yang jelas menaikkan kepercayaan investor dan bank bagi bisnis Anda, memudahkan pengajuan permintaan modal ke depannya.



40 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua