top of page

Optimalkan Safety Stock melalui Penerapan Warehouse System

Perubahan permintaan pasar yang dinamis menjadi tantangan bagi perusahaan untuk dapat menyediakan stok barang secara tepat. Dengan memiliki persediaan cadangan merupakan langkah pencegahan agar perusahaan tidak mengalami out of stock yang mengakibatkan penurunan kemampuan perusahaan untuk dapat memenuhi pesanan. 


Safety stock dapat diterapkan pada saat proses pengelolaan gudang, sehingga perusahaan memiliki cadangan produk dalam jumlah tertentu. Melalui penerapan warehouse system, seluruh aktivitas manajemen gudang dapat di monitor dan data riwayat inventory terkelola dengan baik, sehingga keputusan penetapan jumlah safety stock menjadi lebih akurat.


Apa itu Safety Stock?

Istilah safety stock merupakan persediaan stok tambahan yang perlu disimpan dalam gudang, dengan tujuan untuk melindungi terjadinya out of stock akibat fluktuasi permintaan maupun keterlambatan saat proses stock replenishment. Tentunya penetapan jumlah dari persediaan stok tambahan yang dibutuhkan perlu diperhitungkan agar perusahaan tidak mengalami kerugian akibat over stock.


Safety stock juga perlu dikelola dengan baik, karena cadangan persediaan stok juga memiliki fungsi sebagai pengganti apabila ada dead stock pada stok barang utama. Dengan begitu, perusahaan dapat menjaga kepuasan konsumen karena mampu memenuhi permintaan yang ada, dengan kualitas terjaga.


Optimalkan Safety Stock melalui Penerapan Warehouse System

Optimalkan Safety Stock melalui Penerapan Warehouse System

Berikut adalah beberapa langkah untuk menerapkan safety stock dengan optimal melalui warehouse system :


Monitoring Persediaan Stok Barang

Warehouse system mempermudah perusahaan untuk melakukan pemantauan persediaan stok barang secara akurat dan realtime. Fitur Ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola tingkat persediaan beserta jumlah safety stock yang tersedia untuk tiap produk. Warehouse system dapat mengatur peringatan jika level persediaan mendekati atau melampaui batas safety stock, sehingga perusahaan dapat melakukan pengadaan stok barang sebelum terjadi out of stock.


Forecasting Permintaan dan Lead Time

Melakukan forecasting permintaan membutuhkan kemampuan untuk mengelola data secara akurat dan analisis data yang dapat dilakukan dengan mudah melalui warehouse system. Hasil dari forecasting kemudian digunakan sebagai acuan dalam menentukan jumlah safety stock yang tepat bagi setiap produk.


Penetapan Tingkat Jumlah Safety Stock

Warehouse system memungkinkan perusahaan untuk mencatat seluruh inventory yang dimiliki serta penetapan jumlah safety stock untuk masing-masing produk. Hal ini merupakan fitur penting yang dimiliki, karena tidak semua produk membutuhkan jumlah safety stock yang banyak. Penentuan jumlah safety stock dihitung berdasarkan beberapa faktor seperti tingkat permintaan pasar, lead time dari supplier, dan musim penjualan.


Integrasi dengan Proses Stock Replenishment

Warehouse system memiliki berbagai fitur yang mendukung efisiensi proses manajemen gudang. Salah satu fitur penting untuk dapat menentukan safety stock secara tepat yaitu melalui integrasi dengan stock replenishment. Sistem secara otomatis akan melakukan pengadaan stok barang saat tingkat jumlah persediaan menipis dan jumlah safety stock yang tersedia terbatas. Sehingga respon terhadap perubahan dalam permintaan menjadi lebih cepat dan mengurangi risiko terjadinya out of stock.


Melakukan Rotasi Stok Barang dalam Gudang

Rotasi persediaan stok barang perlu dilakukan dengan tepat untuk menghindari terjadinya dead stock dalam gudang. Melalui Warehouse system, perusahaan dapat melakukan rotasi stok barang melalui beberapa metode pengelolaan persediaan seperti FIFO (First-In, First-Out) ataupun FEFO (First-Expired, First-Out).


Optimalkan Safety Stock saat Mengelola Inventory dengan Warehouse System dari Prieds

Melalui penerapan warehouse system, perusahaan dapat mengintegrasikan safety stock pada manajemen gudang. Hal ini penting untuk dilakukan perusahaan untuk mengantisipasi berbagai resiko akibat ketidakpastian pada lead time dari supplier maupun fluktuasi permintaan. Sehingga manajemen gudang dapat berjalan dengan lebih efektif, efisien dan akurat


Sebagai startup penyedia Warehouse System yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan, Prieds hadir sebagai solusi penerapan safety stock, sekaligus mengoptimalkan performa pergudangan secara efisien, efektif dan akurat melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari yang dimiliki Warehouse System Prieds dapat membantu perusahaan untuk mengelola stok barang dalam gudang dan memenuhi seluruh permintaan konsumen.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait penerapan Warehouse System sebagai solusi pengelolaan stock keeping unit melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan WMS Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

17 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


bottom of page