top of page

Hindari Out of Stock pada Perusahaan dengan menerapkan Software Stok Barang

Sebagian besar perusahaan yang kurang memperhatikan proses pengecekan stok barang, akan dihadapkan dengan beragam permasalahan. Padahal, untuk mengelola stok barang secara efektif, perusahaan perlu memiliki catatan lengkap terkait jumlah, kondisi hingga transaksi produk secara keseluruhan.


Pengelolaan stok barang yang kurang tepat akan membuat pebisnis kesulitan dalam menjaga anggaran pada bisnis secara efisien. Meskipun sepintas terlihat mudah, tetapi sesungguhnya untuk mencapai hasil yang valid diperlukan penghitungan yang detail dan teliti.


Salah satu akibat dari pengelolaan stok barang yang buruk akan menyebabkan terjadinya Out-of-Stock (OOS). Masalah pengelolaan stok barang tidak hanya akan mendatangkan efek buruk pada keuntungan bisnis saja, tetapi juga akan menyebabkan ketidakpuasan para pelanggan utama.


Kendala Umum saat Mengelola Stok Barang

Kendala Umum saat Mengelola Stok Barang
  1. Tidak adanya perencanaan dan proyeksi terhadap pengendalian persediaan barang yang dapat memperkirakan waktu yang tepat untuk memesan barang sekaligus barang apa saja yang memang diperlukan. Dengan begitu, stok yang ada tidak akan pernah kosong.

  2. Kurang paham terhadap sistem persediaan dan metode harga pokok, sehingga tidak jarang terjadi barang yang sudah kedaluwarsa, rusak, hilang, dan lain sebagainya. Akibatnya beban bertambah, dan berdampak pada kerugian.

  3. Ketika sadar terjadi kesalahan pencatatan stok barang, karyawan yang bertugas kurang cakap untuk melakukan pembenahan.

  4. Tidak adanya sistem pengendalian persediaan.

  5. Tidak menggunakan aplikasi untuk penunjang stok barang.


Hindari Out of Stock melalui Pengelolaan Stok Barang yang Optimal

Untuk itu, agar proses pengelolaan stok barang dapat berjalan dengan baik, sebaiknya Anda melakukan beberapa tips singkat berikut ini :


Melakukan Riset untuk Mengetahui Kebutuhan Pasar

Jika ada beberapa produk yang dijual dan sisanya tidak dijual, maka Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk menyimpan produk yang dapat dijual saja. Kemudian Anda juga dapat menghapus beberapa produk yang tidak diminati di pasaran.


Menentukan jumlah produk sesuai kebutuhan

Pertimbangkan jumlah ruang penyimpanan yang Anda miliki dengan jumlah produk yang akan Anda simpan. Anda dapat memilih untuk menyimpan jumlah produk yang lebih sedikit jika persediaan yang dibutuhkan sudah tersedia. Simpanlah persediaan yang lebih banyak pada penyimpanan cadangan jika penataan ulang dan pengirimannya membutuhkan waktu yang lama.

Pengelolaan Stok Barang Optimal solusi out of stock

Membuat penilaian terhadap Stok Barang yang Tersimpan

Jika bisnis Anda merupakan sebuah bisnis yang harus memproduksi suatu produk, maka Anda harus memiliki bahan baku yang tepat untuk menciptakan produk tersebut. Untuk menjual barang jadi, maka Anda membutuhkan pasokan bahan yang cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan penjualan Anda.


Lakukan Stock Opname Berkala

Pastikan Anda selalu melacak deskripsi, nilai, lokasi, dan pemasok setiap item yang dibutuhkan oleh bisnis Anda. Anda dapat mencatat tentang berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyusun ulang setiap item.


Atasi Out of Stock pada Bisnis Anda dengan Software Stok Barang Prieds

Kehabisan stok barang tentu menjadi sebuah kendala besar bagi perusahaan. Dengan tidak adanya stok, kemampuan perusahaan untuk memenuhi permintaan pasar menjadi menurun. Imbasnya, dapat mengurangi pendapatan, hingga kehilangan konsumen yang potensial. Agar perusahaan dapat terhindar dari Out of Stock, salah satu cara yang ampuh dan bisa dilakukan yaitu dengan melakukan pencatatan stok secara berkala. Agar menghasilkan pencatatan yang akurat dan proses yang efisien, perusahaan juga dapat mengadopsi teknologi seperti penggunaan software stok barang


Implementasi Software Stok Barang sangat menguntungkan bagi perusahaan yang bertumpu pada pengelolaan dan penjualan stok barang kepada pengguna akhir. Untuk itu, menjaga jumlah stok barang melalui proses stock opname menjadi sangat penting. Dengan mengetahui jumlah stok barang secara akurat, perusahaan dapat memastikan kemampuannya untuk memenuhi permintaan konsumen.


Sebagai startup penyedia Software Stok Barang yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis, Prieds Technology hadir sebagai solusi out of stock perusahaan melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari yang ditawarkan Software Stok Barang Prieds dapat membantu perusahaan untuk mengelola stok barang secara akurat dan efisien melalui satu sistem terpusat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait stock opname yang akurat untuk perusahaan ritel dengan menggunakan Software Stok Barang melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan Software Stok Barang Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.


11 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page