top of page

Efisiensi stock flow melalui Integrasi ERP dengan Fleet Management

Diperbarui: 8 Jan

Software ERP dapat dikembangkan dengan secara fungsi dan manfaatnya melalui proses integrasi. Perusahaan perlu mempertimbangkan vendor software ERP yang menawarkan pembaruan fitur berkala dan kemampuan untuk integrasi dengan aplikasi lain melalui modul.


Salah satu integrasi software ERP yang dapat membantu bisnis berjalan lebih optimal yaitu dengan aplikasi fleet management atau aplikasi pengiriman. Banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh perusahaan dengan menghubungan software ERP dengan aplikasi pengiriman, salah satunya yaitu agar perpindahan stok barang dapat berjalan secara efisien. Dengan begitu, perusahaan tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menunggu dan menjadwalkan pengiriman satu persatu.


Pengertian Fleet Management

Pengertian Fleet Management

Fleet Management berorientasi pada penggunaan software, dan teknologi untuk membantu sebuah perusahaan transportasi untuk mempertahankan kondisi perusahaannya agar bisa tetap optimal. Secara spesifik, sistem ini diciptakan untuk dapat mengurangi biaya operasional kendaraan, meningkatkan efisiensinya, serta memastikan setiap kendaraan sesuai dengan standar yang ditentukan oleh pemerintah. Untuk menurunkan risiko kecelakaan yang bisa saja terjadi, fleet management pun bisa diandalkan. Hal ini disebabkan oleh kondisi transportasi yang selalu prima sehingga pemicu kecelakaan seperti rem blong atau mesin mogok dapat dihindari.


Peran Fleet Management dalam meningkatkan Fungsi ERP melalui Integrasi

Integrasi ERP dengan Fleet Managament

Kemudahan perpindahan stok barang

Stok barang dalam gudang yang selalu berpindah menjadi faktor pentingnya integrasi ERP dengan fleet management. Dengan modul yang terintegrasi, perusahaan memiliki kemudahan dalam melakukan pengawasan dan kontrol yang penuh terhadap kondisi stok barang. Selain itu, dengan fleet management yang terintegrasi ERP, perusahaan akan lebih efisien dalam melakukan operasional, karena penjadwalan perpindahan stok barang tidak lagi dilakukan secara manual, dan otomatis terjadwal.


Perawatan Armada Pengiriman

Salah satu fungsi ERP yang terintegrasi dengan fleet management yaitu perawatan armada pengiriman. perusahaan dapat menjaga kondisi kendaraannya agar selalu berada pada kondisi prima dan melakukan rotasi armada agar tidak ada yang dipakai secara berlebih. Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko kecelakaan yang bisa terjadi pada pengemudi. Dengan mengatur jadwal perawatan kendaraan, perusahaan bisa menghindari pembengkakan biaya saat salah satu kendaraan harus menjalani perawatan besar.


Peningkatan Kinerja Bisnis

Software ERP secara umum berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja proses bisnis, terutama pada bagian perencanaan sumber daya. Dengan melakukan integrasi modul fleet management, perpindahan stok barang, baik untuk produksi maupun juga pengiriman kepada pihak lain dapat lebih efisien. Pihak perusahaan bisa mengetahui apakah stok barang sedang menuju tempat tujuan atau tidak. Penerapan sistem ini pun membuat perusahaan bisa memacu kinerja para karyawannya karena tidak ada yang menunggu untuk mengelola stok barang untuk perpindahan.


Gunakan Software ERP Prieds yang menyediakan kemudahan dalam Integrasi

Perusahaan perlu memperhatikan fitur dan fungsi yang ditawarkan dari ERP, agar sistem ERP yang diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, pemilihan sistem dengan fungsi integrasi dengan berbagai aplikasi pendukung bisnis, agar seluruh proses operasional dapat berjalan secara optimal. Salah satu keuntungan dari integrasi ERP adalah mempermudah perusahaan untuk melakukan pemantauan penjadwalan pengiriman stok berdasarkan data terpusat yg tercatat secara real-time dan akurat.


Sebagai startup penyedia Software ERP terpercaya dan telah digunakan oleh berbagai perusahaan terkemuka, Prieds hadir sebagai solusi yang mampu membantu perusahaan untuk meningkatkan fungsi ERP guna menunjang proses bisnis melalui integrasi sistem. Berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh ERP Prieds dapat membantu bisnis anda untuk melakukan integrasi dengan perusahaan penyedia sistem fleet management, maupun aplikasi penunjang bisnis yang telah dimiliki oleh perusahaan.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait software manajemen untuk berbagai kebutuhan industri anda melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi tepat dan banyak keuntungan dengan menerapkan ERP Prieds pada bisnis Anda.

26 tampilan0 komentar

תגובות


bottom of page