top of page
  • kevramadhani

9 Manfaat Penerapan ERP pada Perusahaan yang wajib diketahui

Secara umum ERP (Enterprise Resource Planning) dapat dipahami sebagai proses perencanaan dan manajemen sumber daya perusahaan melalui sebuah sistem. Kemudahan yang ditawarkan sistem ERP yaitu dapat mempermudah proses dengan berbagai modul dan integrasi data. Dengan begitu, proses bisnis dapat berjalan lebih efisien dan perusahaan dapat meningkatkan pelayanan kepada konsumennya.


Penerapan sistem ERP sudah banyak dilakukan berbagai perusahaan karena manfaat yang diberikan dapat membantu bisnis berkembang. Selain itu sistem ERP tidak hanya bermanfaat bagi internal perusahaan, tetapi juga dapat meningkatkan proses supply chain yang memang melibatkan berbagai pihak.


Manfaat Implementasi Sistem ERP pada Perusahaan

Manfaat ERP bagi perusahaan

Perusahaan yang ingin dan telah melakukan implementasi sistem ERP memiliki tujuan umum yang hampir serupa, yaitu mengoptimalkan proses bisnis. Tujuan tersebut dapat tercapai karena perusahaan telah mendapatkan manfaat implementasi sistem ERP. Berikut beberapa manfaatnya :


Integrasi data Bisnis yang akurat dan terorganisir

Sistem ERP memiliki berbagai modul yang dapat dikonfigurasi sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan. Tiap modul memiliki fungsi sesuai dengan proses bisnis yang ada. Sistem ERP bekerja dengan mengintegrasikan data dari berbagai modul yang digunakan, dengan begitu proses pendataan jadi lebih efisien dan akurat. Karena seluruh hal tersebut terjadi secara realtime.


Sebelum staf melakukan input data, perlu dilakukan pengecekan agar hasil yang diperoleh akurat. Setelah data dimasukkan maka secara otomatis, proses terkait juga akan terbarui. Dengan demikian, kesalahan seperti kesalahan input atau duplikasi data dapat dihindari. Dengan manajemen data terpusat, maka data yang ada akan terorganisir dengan baik dan seluruh pihak dapat memantau data tersebut sesuai akses yang diberikan, sehingga proses pengawasan juga dapat dilakukan lebih optimal.


Keputusan tepat berdasarkan data akurat

Untuk dapat mengambil kebijakan yang tepat, tentu proses pengambilan keputusan wajib berdasarkan data yang akurat. Sistem ERP dapat membantu perusahaan untuk dapat meningkatkan akurasi data dan mempermudah pengolahan data untuk digunakan sebagai laporan ataupun perkiraan permintaan.


Tidak hanya itu, sistem ERP juga dapat digunakan untuk memantau kebutuhan perusahaan seperti melakukan pengadaan barang. Dengan begitu perusahaan dapat mengambil keputusan terkait penggunaan anggaran operasional secara akurat dan sesuai dengan kebutuhan.


Kinerja manajemen yang lebih optimal

Selain mempermudah pengawasan, pengambilan keputusan dan manajemen data, perusahaan juga dapat memanfaatkan sistem ERP untuk meningkatkan kinerja proses bisnis agar lebih optimal. Aktivitas seperti pengelolaan stok barang, memantau pengiriman produk, akuntansi dan rekap data penjualan dapat dilakukan dengan efektif dan efisien berkat modul yang tersedia pada sistem ERP. Dengan begitu perusahaan akan lebih mudah untuk mengawasi proses bisnis agar lebih optimal lagi.


Penerapan Standardisasi yang baik

Agar perusahaan dapat memastikan kepuasan pelanggan, tentu standardisasi perlu dilakukan. Sistem ERP dapat menciptakan proses yang lebih terstruktur serta perusahaan dapat menciptakan standardisasi sebagai patokan dalam melakukan proses bisnis. Penerapan standar pada proses berguna untuk memastikan produk atau layanan diberikan dalam kondisi terbaik dan merata.


Meningkatkan relasi baik dengan Konsumen

Manajemen data yang baik menjadi hal yang penting agar perusahaan dapat berkembang. Salah satu data yang wajib dikelola dengan baik yaitu informasi pelanggan. Sistem ERP bermanfaat sebagai penghubung antara perusahaan dengan konsumen.


Melalui modul seperti CRM, perusahaan dapat meningkatkan relasi baik dengan konsumen. Pemberian informasi yang cepat dan akurat, produk dengan kualitas terbaik serta pelayanan purna jual dapat dilakukan jika perusahaan menerapkan sistem ERP. Sehingga konsumen dapat mengetahui informasi terkait pembelian secara lengkap, yang berdampak pada peningkatan kepuasan konsumen.


Kerjasama yang Solid dengan berbagai Pihak

Dalam mengelola dan merencanakan sumber daya, perusahaan tentu membutuhkan berbagai pihak, seperti suplier dan pihak pengiriman. Untuk itu, penerapan sistem ERP dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan kerjasama antara berbagai pihak yang ada.


Kerjasama yang baik antar pihak tentu akan meningkatkan kinerja proses bisnis agar lebih optimal. Melalui pembagian informasi yang dibutuhkan secara cepat dan akurat akan meningkatkan kinerja masing-masing pihak. Sehingga alur proses pada tiap pihak tidak terhambat. Dan seluruh proses kerjasama antar pihak dapat berjalan lebih efektif dan efisien.


Penggunaan Biaya Operasional yang optimal

Salah satu faktor yang membuat perusahaan memutuskan untuk melakukan implementasi sistem ERP yaitu manajemen biaya operasional yang transparan, efektif dan efisien. Melalui sistem ini, perusahaan memiliki kontrol lebih pada pemasukan dan pengeluaran perusahaan.


Manfaat dari penggunaan biaya operasional yang optimal yaitu menghindari permasalahan seperti pengeluaran tidak tercatat ataupun penggunaan biaya berlebih. Sistem ERP dapat memberikan data akurat terkait pengadaan dan pemasukan melalui dokumen pembelian dan pengiriman. Dengan begitu, seluruh biaya operasional yang ada pada gudang dapat lebih dioptimalkan untuk mengembangkan bisnis.


Proteksi data perusahaan

Manfaat sistem ERP pada manajemen data perusahaan yaitu dapat meningkatkan proteksi data-data penting. Karena ERP memiliki kontrol akses yang dapat diberikan pada staf sesuai dengan tingkatan tanggungjawabnya. Selain itu, sistem ERP memiliki beberapa jenis yang memungkinkan perusahaan untuk memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi melalui sistem cloud.


Selain dari jenis sistem ERP yang digunakan, perusahaan juga memiliki kontrol besar terhadap seluruh proses bisnis. Terutama pada riwayat data yang tersimpan secara terpusat. Dengan begitu perusahaan terhindar dari permasalahan data tidak lengkap atau pencurian data.


Hasil Forecasting lebih akurat

Keputusan yang diambil berdasarkan data akurat, akan dapat menguntungkan bisnis. Dengan sistem ERP, akurasi data proses bisnis dapat lebih akurat dan sesuai standar yang telah ditetapkan. Sehingga pengolahan data tersebut dapat digunakan untuk berbagai kepentingan bisnis.


Salah satu manfaat sistem ERP yaitu dapat mempermudah perusahaan untuk melakukan forecasting baik dari permintaan pasar ataupun forecasting kebutuhan operasional. Dengan begitu, perusahaan dapat mengoptimalkan biaya dan mampu memenuhi berbagai permintaan konsumen yang berubah dengan cepat.


Dapatkan beragam manfaat dan kemudahan bisnis melalui implementasi Sistem ERP terbaik

beragam manfaat dan kemudahan bisnis dengan ERP Prieds

Keberhasilan dalam melakukan implementasi sistem ERP pada perusahaan diperlukan agar dapat merasakan kemudahan dan beragam manfaatnya. Maka dari itu keputusan untuk menerapkan sistem ERP perlu dipertimbangkan dengan matang. Selain memilih vendor ERP terbaik, perusahaan perlu mengetahui kebutuhan sesuai dengan industrinya, dan juga memahami ERP agar hasil implementasi optimal. Dengan begitu, beragam manfaat diatas dapat dirasakan oleh perusahaan.


Sebagai startup penyedia Software ERP, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen pergudangan perusahaan melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan ERP. Beragam kelebihan dan fitur yang ditawarkan oleh Software ERP Prieds dapat membantu bisnis anda untuk melakukan optimalisasi proses bisnis secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait manfaat dan proses implementasi sistem ERP melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi tepat dan beragam keuntungan dengan menerapkan Sistem ERP Prieds yang tepat pada bisnis Anda.


18 tampilan0 komentar