top of page

Ketahui Potensi Software ERP untuk UMKM

Diperbarui: 11 Jan

Saat ini, teknologi informasi berkembang sangat pesat dan menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis. Salah satu teknologi informasi yang sangat berguna dalam pengelolaan bisnis adalah software ERP (Enterprise Resource Planning). Software ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan besar, namun belum banyak diterapkan oleh UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) karena beberapa kendala, seperti biaya dan keterbatasan teknologi. Namun, potensi dari software ERP untuk UMKM sangat besar dan dapat membantu dalam mengoptimalkan proses bisnis dan meningkatkan kinerja perusahaan.


Kali ini, Prieds akan membahas konsep dasar dari ERP, mengapa UMKM perlu menggunakan ERP, jenis-jenis ERP yang cocok untuk UMKM, serta potensi yang dapat dihasilkan dari penggunaan ERP. Selain itu, artikel ini juga akan membahas kendala-kendala yang mungkin dihadapi dalam mengimplementasikan ERP di UMKM dan tips sukses mengimplementasikan ERP.


Apa itu ERP?

ERP merupakan sebuah software yang digunakan untuk mengintegrasikan dan mengoptimalkan proses bisnis di seluruh departemen dalam sebuah perusahaan. Software ini mengelola data dan memproses informasi dalam real-time, sehingga memudahkan pengambilan keputusan dalam bisnis.


Komponen Modul di Sistem ERP

Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat dan jenis ERP yang cocok untuk UMKM, perlu dipahami terlebih dahulu mengenai komponen-komponen utama yang terdapat dalam sebuah sistem ERP.


Sistem ERP sendiri memiliki beberapa modul yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis UMKM Anda. Beberapa modul tersebut antara lain:

  1. Modul Keuangan: digunakan untuk mengelola aspek keuangan seperti pembayaran, penggajian, dan laporan keuangan.

  2. Modul Produksi: digunakan untuk mengelola proses produksi, mulai dari perencanaan, produksi, hingga pengiriman produk.

  3. Modul Penjualan: digunakan untuk mengelola proses penjualan, mulai dari pemesanan, pengiriman, hingga faktur penjualan.

  4. Modul Persediaan: digunakan untuk mengelola stok barang yang ada di gudang, sehingga perusahaan dapat mengontrol persediaan dengan lebih baik.

  5. Modul Pembelian: digunakan untuk mengelola proses pembelian bahan baku atau produk jadi yang akan dijual kembali.


Fungsi ERP untuk UMKM

Sistem ERP memiliki beberapa fungsi utama yang bertujuan untuk mengintegrasikan seluruh proses bisnis yang Anda miliki. Beberapa fungsi utama yang biasanya disediakan oleh sistem ERP meliputi:

  1. Meningkatkan efisiensi operasional

  2. Meningkatkan efektivitas pengambilan keputusan

  3. Mengurangi biaya operasional

  4. Meningkatkan akurasi data

  5. Memudahkan pelacakan proses bisnis


Setiap fungsi ini memiliki peran yang penting dalam menjalankan operasional perusahaan. Dengan adanya sistem ERP yang terintegrasi, informasi mengenai proses bisnis tersebut dapat diakses dengan mudah dan real-time oleh setiap departemen, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam menjalankan operasional perusahaan.


Mengapa UMKM Perlu Menggunakan ERP?

Sebagai bisnis yang sedang berkembang, UMKM perlu mencari solusi yang tepat untuk mengoptimalkan proses bisnis dan meningkatkan efisiensi operasional. Salah satu solusi teknologi yang dapat membantu UMKM dalam hal ini adalah Enterprise Resource Planning (ERP).


Berikut merupakan beberapa alasan kenapa bisnis UMKM perlu menggunakan sistem ERP:

  1. Meningkatkan Efisiensi Operasional: UMKM dapat mengoptimalkan proses bisnis dengan menggunakan ERP, sehingga dapat meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi biaya produksi.

  2. Memudahkan Pengambilan Keputusan: ERP menyediakan informasi real-time yang dapat memudahkan pengambilan keputusan dalam bisnis, sehingga UMKM dapat merespon perubahan pasar dengan cepat.

  3. Mengoptimalkan Proses Bisnis: Dengan menggunakan ERP, UMKM dapat mengoptimalkan proses bisnis secara keseluruhan, mulai dari pengelolaan stok barang hingga proses produksi.


Jenis-Jenis ERP yang Cocok untuk UMKM

Sebelum memilih jenis ERP yang tepat untuk UMKM, perlu dipahami terlebih dahulu bahwa terdapat beberapa jenis ERP yang sesuai dengan kebutuhan bisnis UMKM. Berikut ini adalah jenis-jenis ERP yang cocok untuk UMKM.


ERP Berbasis Cloud

ERP berbasis cloud adalah jenis ERP yang disediakan melalui internet dan dapat diakses dari mana saja dengan koneksi internet. ERP ini cocok untuk UMKM yang memiliki karyawan yang bekerja secara remote atau memiliki beberapa cabang yang tersebar di berbagai lokasi. Selain itu, ERP berbasis cloud juga dapat menghemat biaya karena tidak memerlukan investasi besar dalam infrastruktur IT.


ERP Open Source

ERP open source merupakan jenis ERP yang sumber kodenya dapat diakses oleh pengguna. Pengguna dapat memodifikasi dan menyesuaikan fungsionalitas ERP sesuai dengan kebutuhan bisnisnya. Jenis ERP ini cocok untuk UMKM yang ingin menghemat biaya karena tidak perlu membayar lisensi perangkat lunak dan memiliki keahlian IT internal yang memadai.


Dalam memilih jenis ERP yang tepat untuk UMKM, perlu dipertimbangkan ketersediaan sumber daya internal dan kebutuhan bisnis UMKM itu sendiri. Setelah memilih jenis ERP yang tepat, UMKM perlu melakukan implementasi ERP yang baik agar dapat mengoptimalkan potensi bisnisnya.

Potensi yang Dapat Dihasilkan dari Penggunaan ERP

Penggunaan ERP oleh UMKM dapat memberikan banyak potensi yang dapat membantu meningkatkan efisiensi bisnis, meningkatkan kepuasan pelanggan, serta meningkatkan keuntungan bisnis. Berikut beberapa potensi yang dapat dihasilkan dari penggunaan ERP oleh UMKM.


Peningkatan Efisiensi Operasional

ERP dapat membantu UMKM dalam mengotomatisasi proses bisnisnya sehingga dapat meningkatkan efisiensi operasional. Dengan mengoptimalkan proses bisnis, UMKM dapat menghemat waktu dan biaya operasional serta meningkatkan produktivitas karyawan.


Peningkatan Pengambilan Keputusan yang Lebih Cepat dan Akurat

ERP menyediakan data bisnis secara real-time yang dapat membantu UMKM dalam mengambil keputusan bisnis yang lebih cepat dan akurat. Dengan informasi yang akurat dan terintegrasi, UMKM dapat mengambil keputusan bisnis yang tepat dan dapat meningkatkan keuntungan bisnisnya.


Peningkatan Kepuasan Pelanggan

ERP dapat membantu UMKM dalam mengoptimalkan pengelolaan persediaan barang dan meningkatkan kualitas layanan pelanggan. Dengan peningkatan layanan pelanggan, UMKM dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap bisnisnya.


Peningkatan Pengendalian Keuangan

ERP dapat membantu UMKM dalam mengelola keuangan bisnisnya secara lebih baik. Dengan ERP, UMKM dapat memantau arus kas, mengontrol biaya operasional, dan memprediksi perkembangan keuangan bisnisnya di masa depan.


Dengan potensi-potensi yang dihasilkan dari penggunaan ERP, UMKM dapat meningkatkan efisiensi bisnis, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan meningkatkan keuntungan bisnisnya. Oleh karena itu, UMKM perlu mempertimbangkan penggunaan ERP dalam mengoptimalkan potensi bisnisnya.


Sebagai startup penyedia Software ERP, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen pergudangan perusahaan melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan ERP. Beragam kelebihan dan fitur yang ditawarkan oleh Software ERP Prieds dapat membantu bisnis anda untuk melakukan optimalisasi proses bisnis secara efisien, efektif dan akurat.

Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait manfaat dan proses implementasi sistem ERP melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi tepat dan beragam keuntungan dengan menerapkan Sistem ERP Prieds yang tepat pada bisnis Anda.


144 tampilan0 komentar
bottom of page