top of page

Software as a Service: Disrupsi Ekonomi Digital yang Membantu Bisnis

Tanpa kita sadari, tren bisnis sudah beralih ke arah digital. Google dan Temasek telah menerbitkan laporan tahunan lain tentang ekonomi digital Asia Tenggara. Berjudul e-Conomy SEA 2019, ada beberapa masalah yang patut disoroti. Sejak 2015, pengguna internet telah melampaui 100 ribu orang – meningkat 10% dalam setahun terakhir. Pada tahun 2019, total pengguna internet SEA telah mencapai 360 juta.

Meningkatnya jumlah tersebut berdampak pada berkembangnya ekonomi digital. Jumlah tersebut telah mencapai $100 miliar pada tahun 2019, diproyeksikan mencapai $ 300 pada tahun 2025. Jumlah yang diperkirakan meningkat setelah prediksi laporan tahun lalu sebesar $ 240 – pada tahun 2018 nilainya mencapai $72 miliar. Sejak 2015, ride-hailing app juga menunjukkan peningkatan pengguna internet lima kali lipat. Dalam hal pemain industri, Grab dan Gojek masih bersaing untuk pasar regional. Keduanya secara konsisten mengumpulkan dana untuk ekspansi.

Indonesia Memimpin

Ekonomi digital Indonesia diperkirakan mencapai $130 miliar pada tahun 2025, dan sudah mencapai $40 miliar tahun ini dengan rata-rata pertumbuhan 49% per tahun. E-commerce dan naik-memanggil menjadi industri utama; sebagai pembayaran digital yang mendominasi semua layanan berbasis aplikasi. Pertumbuhan terkait didukung oleh investasi tanpa akhir. Ini termasuk pendanaan untuk unicorn Indonesia, nilainya mencapai $4 miliar pada tahun 2018.

Software as a Service

Software as a service (SaaS) adalah sebuah model distribusi software atau perangkat lunak dimana sebuah aplikasi provider third-party menyediakan software dan dapat diakses customer melalui Internet, yaitu bagian dari cloud computing, disamping infrastructure as a service (IaaS) dan platform as a service (PaaS). SaaS platforms biasanya mengenakan biaya bulanan atau tahunan kepada penggunanya, atau biasa disebut subscription fee.

Dengan SaaS, Anda tidak perlu menginstal dan menjalankan aplikasi software di komputer Anda (atau komputer apa pun). Semuanya tersedia melalui internet saat Anda masuk ke akun Anda secara online. Anda biasanya dapat mengakses software kapan saja (asalkan ada koneksi internet). Hal yang sama berlaku untuk orang lain yang menggunakan software tersebut. Semua staf Anda akan memiliki info masuk pribadi, sesuai dengan tingkat akses mereka.

Photo by NESA by Makers on Unsplash

Sebagian besar langganan juga sudah mencakup pemeliharaan dan layanan keamanan, yang dapat memakan waktu dan mahal apabila menggunakan software di tempat. Oleh karena itu, Anda tidak perlu lagi melibatkan spesialis IT untuk menjaga software tersebut, karena semuanya ada di cloud atau internet.

Keuntungan utama lainnya adalah struktur pembayaran. Sebagian besar penyedia SaaS mengoperasikan model berlangganan dengan biaya akun bulanan yang tetap dan inklusif. Jadi, Anda tahu persis berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan.

Penyedia SaaS juga menawarkan solusi out-of-the-box yang mudah diatur (jika Anda memerlukan paket dasar), dengan solusi yang lebih kompleks untuk organisasi yang lebih besar. Anda dapat menjalankan dan menjalankan software dalam hitungan jam dan Anda akan memiliki akses ke layanan dan dukungan pelanggan disepanjang jalan.

Beberapa contoh penyedia jasa SaaS yang terkenal adalah Salesforce, Oracle, SAP, Intuit and Microsoft. Di Indonesia, banyak penyedia jasa SaaS yang menyediakan kasir online untuk bisnis, seperti MOKA, Pawoon, dan Nadipos. Ada pula penyedia jasa SaaS berbentuk ERP (Enterprise Resource Planning / ERP) seperti SAP yang melayani kebutuhan dari awal hingga akhir seperti Prieds Teknologi. Aplikasi SaaS ini sangat berguna untuk teknologi pengembangan bisnis meliputi manajemen penjualan, manajemen hubungan pelanggan (CRM), manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia (SDM), invoice penagihan, produksi, akuntansi, dan kasir online.

84 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page