• Gabriel C Sudibyo

Pinjaman Modal Dimudahkan dengan Kerjasama Prieds x Koinworks

Membicarakan tentang pinjaman modal, biasanya kita mengandalkan pinjaman secara konvensional ke bank dan badan perkreditan. Kita yakin kalau penyedia lainnya biasanya punya udang di balik batu, entah persen bunga yang tidak main-main atau penagih yang galak.


Table of Content

Lika Liku Cari Pinjaman Cepat dan Mudah

UMKM Butuh Pendanaan

Catatan Digital Mudahkan Ajuan Proposal Pinjaman

Pinjaman Non Perbankan: Fintech Lending P2P

Kiat Dapatkan Pinjaman Modal


 

Lika Liku Cari Pinjaman Cepat dan Mudah

Namun ada satu ekspektasi umum juga bagi peminjam dari bank: prosesnya lama, dari pengajuan dengan melengkapi berkas yang dibutuhkan, mendaftarkan aset yang bisa digunakan sebagai agunan, menunggu survey ke rumah atau tempat usaha, dan semua ini bisa juga berakhir Anda gagal dapatkan pinjaman modal tersebut.


Di Indonesia masih banyak usaha yang mengandalkan kemampuan keluarga besar, yang dirasa lebih “mudah” prosesnya. Pinjaman keluarga ini sekalipun ramah dan terdengar rukun, namun dapat juga berujung bersungut-sungutnya relasi kekeluargaan kita. Mulai dari jumlah yang sangat beragam dan ditambah lagi rasa tidak enak karena menghutang dengan kerabat, apalagi kalau sampai terdampak masalah karena terbelit hutang atau bisnis gagal. Resiko yang diterima juga jadi dua kali lipat ya?



Karena sulitnya mendapatkan pinjaman yang cepat, murah, dan bersahabat, banyak berjamur pinjaman yang iklannya mengaku “lebih mudah” prosesnya. Dari yang Anda lihat di tepi jalan dengan jargon “langsung cair”, hingga pinjaman online (pinjol) yang kini ramai diberitakan.


Sayangnya pinjaman semacam ini justru sangat beresiko: bunga yang sangat tinggi dan penagihan yang tidak etis. Akhirnya pebisnis kembali lagi ke Perbankan atau BPR karena dipandang lebih aman meskipun memakan waktu lama.


Namun tahukah Anda kalau hanya 2 dari 100 pebisnis yang berhasil mendapatkan pinjaman dana dari bank?


UMKM Butuh Pendanaan

Meskipun 87.5% UMKM Indonesia terdampak pandemi, nyatanya kesulitan ini semakin mengurangi peluang UMKM dapatkan kredit dari bank.

Dari 70juta UMKM di Indonesia, hanya 1.7% yang bisa mendapatkan suntikan dana bank. Salah satu alasannya karena banyak UMKM masih melakukan pencatatan transaksi jual-beli mereka secara manual dengan kasbon. Data transaksi ini dipandang kurang konkrit sebagai acuan untuk pinjaman.


Hanya sekitar 17% pengajuan pinjaman ke bank yang sukses dapatkan kredit, kali ini dihadapkan pada masalah tidak adanya aset yang bisa jadi agunan.


Catatan Digital Mudahkan Ajuan Proposal Pinjaman

Bagi Anda yang masih mencatat keuangan Anda secara manual, Prieds hadir menyelesaikan masalah pencatatan transaksi jual-beli ini untuk Anda. Data dari aplikasi bisnis Prieds dapat dengan mudah Anda tarik, per tanggal yang diinginkan oleh bank misalnya, untuk membuktikan keabsahan bisnis Anda.


Tidak hanya untuk mempermudah Anda menghadirkan data faktual bagi pendana, pembukuan yang detail melalui sistem Prieds dapat memberikan Anda banyak keuntungan:

  1. Data dapat diolah dengan real time sehingga mempercepat proses keputusan bisnis.

  2. Anda dapat lebih banyak menekan biaya yang tidak diperlukan

  3. Biaya pemasaran/marketing produk Anda lebih efisien karena pembukuan mencatat detail model iklan seperti apa yang paling meningkatkan sales Anda di durasinya

  4. Investasi di awal untuk majukan performa perusahaan ke depannya

Baca juga: Pentingnya Pembukuan untuk UMKM dan Evaluasi Bisnis


Tidak hanya menyelesaikan rekap bisnis Anda untuk hadirkan bukti konkret untuk bank, Prieds juga berikan akses alternatif pinjaman dana untuk Anda. Prieds telah bekerjasama dengan sebuah fintech company, Koinworks, untuk menjadi mitra pendanaan bagi pengguna Prieds.


Pinjaman Non Perbankan: Fintech Lending P2P

Berbeda dengan pinjol, Koinworks telah terdaftar secara legal di OJK. Layanan pinjaman dari Koinworks ini “menjodohkan” antara peminjam dan pendana.


Sebagai platform yang menemukan antara klien yang membutuhkan dana dan pendana yang ingin investasi, Koinworks bekerja menghubungkan kedua pihak dengan proses yang mudah. Anda tidak perlu lagi susah payah ke bank dan menunggu lama, cukup dengan handphone saja!


Pada 14 April 2022 lalu, Koinworks mengadakan webinar bersama dengan Prieds. Koinworks, yang diwakili oleh Timmy Haryadi (Lead Key Account Management), memaparkan mudahnya mengajukan pinjaman melalui Koinworks yang tidak dibebani agunan dan survey belibet.


Berikut langkah-langkah yang Anda lakukan untuk ajukan pinjaman dari Koinworks:

  1. masukkan nama, NPWP, dan nominal pengajuan kredit Anda

  2. sediakan data transaksi yang telah dibuat melalui Prieds

Selesai! Ajuan pinjaman Anda telah masuk ke Koinworks untuk diproses.


Meskipun terlihat sangat sederhana, pinjaman Koinworks yang mudah ini sangat aman dan berbeda dari pinjol yang mencekik dengan bunga tinggi.

  1. Koinworks patuh pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No 77/POJK.01/2016

  2. Partnership dengan Pemeringkat Efek Indonesia (PERINDO)

  3. Menjaga data dan kerahasiaan seluruh pengguna

  4. Tenor pinjaman hingga 24 bulan

  5. FREE early payment fee


Pinjaman Koinworks x Prieds ini dapat diajukan dari angka 5juta hingga 2M, dengan bunga 1% per bulan (12% per tahun).


Jika beberapa pinjaman “memaksa” Anda untuk melunasi pada jangka waktu yang ditentukan (tidak boleh lebih lama atau lebih cepat) berikut bunganya, tidak dengan Koinworks. Anda bisa melunasi pinjaman lebih awal tanpa tambahan denda!


Kiat Dapatkan Pinjaman Modal

Webinar kemudian dilanjutkan dengan beberapa tips untuk naikkan persentase disetujuinya ajuan pinjaman Anda:

  1. Berikan foto yang mencerminkan binis Anda (misalnya screenshot toko online, foto tampilan depan toko dan plang usaha alih-alih etalase pajang)

  2. Kenali kemampuan usaha Anda untuk meminjam dan mengembalikan dana

  3. Miliki pembukuan yang tercatat rapi (misal menggunakan sistem seperti Prieds untuk catat detail transaksi)

  4. Tonjolkan prospek bisnis Anda ke depannya.


Bagi Anda yang sudah #PakaiPrieds, manfaatkan akses pendanaan ini dengan mention Prieds sebagai mitra saat Anda isi formulir pengajuan dana Koinworks!


Pembukuan Anda masih manual dengan kasbon print? Anda juga bisa coba gratis apllikasi Prieds dulu untuk rapikan pencatatan Anda dan naikkan persentase kesuksesan dapatkan pinjaman dana!



32 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua