top of page

Perbandingan RFID dan Barcode: Cara Kerja, Kelebihan, Kekurangan

Diperbarui: 7 Mar

Baik sistem Barcode maupun RFID sudah banyak diterapkan pada perusahaan untuk mempermudah proses pencatatan dan pengelolaan stok barang. Teknologi ini menggantikan proses pengelolaan stok yang dilakukan secara manual yang rentan terhadap beberapa resiko, seperti data tidak akurat ataupun terjadi selisih jumlah.


Secara umum, kelebihan dari sistem Barcode ataupun RFID yang dihubungkan dengan aplikasi manajemen gudang yaitu dapat meningkatkan efisiensi dalam melakukan pengelolaan stok barang. Selain itu, perusahaan yang menerapkan sistem ini, akan mendapatkan data dengan akurasi yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan proses pengelolaan data secara manual.


Yang perlu diperhatikan oleh perusahaan yaitu perangkat dan sistem yang akan digunakan dan dihubungkan dengan aplikasi manajemen gudang. Tentunya RFID dan Barcode memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.


Pengertian RFID dan Barcode

Untuk dapat memahami perbedaan antara perangkat RFID dengan Barcode, sebelum diterapkan pada proses pengelolaan stok barang, kita perlu mengetahui pengertian dari tiap perangkat dan memahami cara kerja dari keduanya. Berikut pengertian dari RFID dan Barcode :


Apa itu RFID

Pengertian RFID pada Manajemen Gudang

RFID merupakan perangkat teknologi nirkabel yang dapat mengidentifikasi target tertentu, membaca dan menulis data yang relevan melalui sinyal radio tanpa perlu membuat kontak mekanis atau optik antara sistem identifikasi dan target.


Radio frequency identification (RFID) menggunakan tag yang disematkan pada produk untuk keperluan identifikasi dan pelacakan menggunakan gelombang radio. Sebuah tag RFID terdiri dari 2 bagian, sirkuit terintegrasi dan antena.


Sirkuit terintegrasi digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi serta untuk memodulasi dan demodulasi sinyal frekuensi radio, sedangkan antena digunakan untuk mentransmisikan sinyal radio.


Apa itu Barcode

Pengertian Barcode pada Manajemen Gudang

Barcode adalah perangkat teknologi nirkabel yang digunakan untuk mengidentifikasi grafis yang mewakili sekumpulan informasi tertentu. Informasi dalam bentuk barcode diwakili oleh lebar dan jarak rangkaian garis paralel hitam dan putih yang sesuai dengan aturan pengkodean tertentu.


Untuk dapat menjalankan sistem Barcode, perusahaan membutuhkan tag yang disematkan pada produk untuk keperluan identifikasi dan pelacakan menggunakan sensor optik pada Barcode Scanner.


Kelebihan dan Kekurangan Barcode

Barcode merupakan teknologi identifikasi otomatis yang dianggap lebih ekonomis dan praktis, dan banyak digunakan secara global. Perangkat ini dapat menunjukkan berbagai data, seperti negara produksi, produsen, nama produk, tanggal produksi, nomor klasifikasi buku, lokasi awal dan akhir surat, kategori, tanggal, dan lainnya.


Kelebihan Perangkat Barcode

  1. Kecepatan akuisisi dan input informasi melalui barcode yang cepat

  2. Akurasi pembacaan data yang tinggi

  3. Tag barcode yang dapat memuat informasi dalam jumlah besar

  4. Penerapan dan proses operasional perangkat yang praktis

  5. Proses mencetak Barcode Tag dapat dilakukan dengan mudah


Kekurangan Perangkat Barcode

  1. Barcode hanya dapat mengidentifikasi informasi terbatas seperti produsen dan komoditas

  2. Data tidak dapat terbaca apabila barcode tag rusak

  3. Informasi pada barcode mudah disalin

  4. Barcode yang berbasis teknologi optik hanya dapat dikenali pada kisaran sinar lurus jarak pendek yang diterima oleh scanner.


Kelebihan dan Kekurangan RFID

RFID adalah teknologi baru, yang mampu melakukan pembacaan jarak jauh dan kapasitas penyimpanan yang tinggi. Ini banyak digunakan di banyak industri seperti logistik, transportasi, identifikasi, anti-pemalsuan, manajemen aset, manajemen makanan, kontrol keamanan, dll.


Kelebihan RFID

  1. Kemampuan Anti-fouling yang Kuat

  2. Keamanan tinggi dengan menggunakan chip elektronik untuk menyimpan informasi

  3. Kapasitas tag RFID mampu menyimpan informasi dalam jumlah yang jauh lebih banyak

  4. Identifikasi Beberapa Tag Secara Bersamaan

  5. Perangkat dapat digunakan kembali dan tahan lama

  6. Mampu membaca Tag pada jarak yang jauh dan bebas dari hambatan


Kekurangan Perangkat RFID

  1. Penerapan perangkat RFID membutuhkan biaya yang lebih tinggi dibanding Barcode

  2. Tidak ada pengaman saat tag dibaca melalui perangkat RFID lain yang mengakibatkan permasalahan privasi

  3. Frekuensi Gelombang Radio yang tidak konsisten

  4. Kematangan Teknologi Tidak Memadai


Dapatkan Kemudahan dan Akurasi Data dari RFID ataupun Barcode pada Aplikasi Gudang Prieds

Sebagai startup penyedia Aplikasi Stok Gudang dan Sistem RFID yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan, Prieds Technology hadir sebagai solusi pengelolaan gudang agar dapat berjalan dengan efektif melalui integrasi antara hardware seperti perangkat RFID dengan software. Beragam fitur dari yang ditawarkan Prieds WMS dan Prieds DERAS RFID dapat membantu perusahaan untuk mengelola stok barang dalam gudang dan melakukan manajemen stok secara akurat dan efisien melalui satu sistem.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait penerapan RFID dan integrasi pada Aplikasi Gudang melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan WMS dan RFID Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.


196 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page