top of page

Ini Pentingnya Loyalty Program untuk Distributor

Dalam industri FMCG (Fast-Moving Consumer Goods) dan manufaktur lainnya seperti building material, autoparts, ataupun elektronik, loyalitas distributor memainkan peran yang sangat penting. Distributor tidak hanya membantu menjaga kelancaran pasokan produk dalam memastikan produk dari principal sampai ke tangan end-customer tepat waktu,  namun, dengan banyaknya produk yang harus didistribusikan, perusahaan principal perlu memiliki strategi agar produknya tetap mendapatkan visibilitas dan daya tarik di tengah lautan produk lain di pasaran.


Salah satu strategi efektif yang dapat diterapkan adalah program loyalitas untuk distributor atau B2B loyalty program. Program ini tidak hanya membantu meningkatkan penjualan tetapi juga memperkuat hubungan antara principal dan distributor.


Apa Itu Loyalty Program untuk Distributor?

Program loyalty untuk distributor adalah program yang dirancang khusus untuk mengapresiasi kinerja distributor dalam rantai pasokan bisnis dengan berbagai insentif maupun reward menarik. 


Program ini biasanya dirancang untuk menjaga hubungan baik dengan distributor serta menumbuhkan loyalitas ke brand sehingga mereka lebih bersemangat menjual produk dari principal karena tahu ada reward yang menunggu.


Loyalty program untuk distributor biasanya fleksibel dan dapat dirancang tergantung model bisnis, tujuan, dan kebutuhan perusahaan. Pada umumnya bentuk loyalty program distributor ini adalah program insentif, komisi, ataupun rewards yang bisa berbentuk uang tunai, logam mulia, voucher belanja, paket wisata, dan lain-lain. 


Rewards ini biasanya ditujukan untuk jaringan partner supply chain yang besar, seperti supplier, distributor, wholesaler, pemilik toko, atau anak buah toko (ABT) untuk memotivasi mereka dalam berkontribusi pada peningkatan penjualan dan pertumbuhan merek. Oleh karena itu, implementasi loyalty program bagi distributor menjadi sangat krusial.


Peran Penting Loyalty Program untuk Distributor Bagi Principal

Program loyalitas yang dirancang dengan baik tidak hanya memberikan manfaat jangka pendek tetapi juga membantu dalam mencapai tujuan jangka panjang perusahaan. Berikut ini adalah bagaimana program loyalitas B2B dapat bermanfaat bagi principal.


1. Meningkatkan penjualan dan pertumbuhan merek 

Distributor yang setia cenderung lebih aktif dalam mempromosikan produk Anda. Mereka akan memiliki pengetahuan yang lebih baik tentang produk dan lebih percaya diri dalam menjualnya kepada pelanggan akhir. Hal ini akan meningkatkan penjualan dan membantu dalam pertumbuhan merek di pasar yang kompetitif.


2. Memperkuat hubungan dan engagement

Program loyalitas memberikan reward ke distributor atas repeat business mereka dan mendorong mereka untuk terus bekerja sama dengan principal. Hal ini dapat meningkatkan retensi distributor dan mengurangi churn rate, yang menghemat waktu dan biaya dalam mencari dan melatih partner baru. Distributor yang loyal lebih pun cenderung mempromosikan produk perusahaan dengan penuh semangat dan memberikan layanan terbaik kepada pelanggan.


3. Meningkatkan keterlibatan dan motivasi distributor

Loyalty program dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi distributor dalam menjual produk Anda. Dengan memberikan insentif berupa poin, hadiah, atau bonus, distributor akan merasa lebih dihargai dan termotivasi untuk bekerja lebih keras. Hal ini akan berdampak langsung pada peningkatan penjualan dan distribusi produk yang lebih luas.


4. Mendapatkan data dan insight penting

Program loyalitas dapat mengumpulkan data tentang perilaku pembelian dan preferensi distributor. Data ini dapat digunakan untuk meningkatkan program loyalitas itu sendiri, menyesuaikan penawaran produk, dan mempersonalisasi campaign marketing di masa depan. Insight tentang distributor dapat membantu perusahaan untuk memahami kebutuhan mereka dengan lebih baik dan menyediakan produk dan layanan yang lebih sesuai.


5. Memperkuat posisi merek di pasar

Dalam industri yang kompetitif seperti FMCG dan manufaktur lainnya, memiliki distributor yang setia dapat memperkuat posisi perusahaan di pasar. Distributor yang puas dengan insentif dan rewards yang mereka terima akan lebih cenderung untuk mendukung produk Anda dibandingkan dengan produk dari kompetitor. Ini akan membantu perusahaan untuk tetap kompetitif dan mempertahankan pangsa pasar.


Cara Membangun B2B Loyalty Program untuk Distributor

Membangun program loyalitas untuk distributor yang efektif membutuhkan perencanaan dan pertimbangan yang matang. Perusahaan harus memilih struktur program yang tepat, menawarkan reward yang menarik, dan menggunakan teknologi tepat untuk mengelola program dengan efisien. Berikut adalah langkah-langkah utama yang perlu dilakukan:


1. Tentukan tujuan perusahaan Anda menjalankan program loyalty untuk distributor

Perjelas apa yang ingin Anda capai dengan program loyalitas Anda. Apakah Anda ingin meningkatkan penjualan, menjalin hubungan baik dengan distributor, mendapatkan market share lebih besar, atau menjadi brand top of mind di kalangan supply chain partner?


2. Rancang struktur program & reward yang akan diberikan

Pilihlah struktur hadiah yang memberi insentif pada perilaku yang diinginkan. Apakah Anda akan menawarkan rebate, diskon, akses eksklusif ke produk baru, hadiah langsung dan lainnya. Hal ini akan mempengaruhi tingkat participation dan juga engagement. 


3. Pilih platform loyalty terbaik

Memilih platform loyalty dan reward yang tepat sangat penting. Carilah platform yang menawarkan fitur-fitur seperti desain program yang fleksibel, integrasi yang mudah dengan WMS Anda, pilihan hadiah yang beragam, serta pelaporan data yang komprehensif. Dengan investasi pada platform loyalty yang tepat, program loyalty untuk distributor dapat menjadi aset berharga yang membantu perusahaan Anda mencapai goal yang diinginkan.


Tada misalnya. Platform loyalty & reward ini menawarkan kemudahan bagi bisnis dalam membuat program loyalty untuk customer, distributor hingga untuk karyawan. Tada menawarkan berbagai solusi end-to-end untuk kebutuhan program loyalty dan reward yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Pilihan reward dari Tada pun sangat beragam, seperti logam mulia, paket wisata, voucher dan e-voucher, e-wallet, dan lainnya.


4. Manfaatkan tool internal Anda untuk optimalkan program loyalty

Tool internal seperti Sistem Manajemen Gudang (WMS) dapat menjadi aset berharga dalam mengoptimalkan loyalty program distributor. Beberapa diantaranya adalah melacak pembelian distributor secara real time, menghitung poin loyalty secara otomatis berdasarkan pembelian tanpa perlu input manual, menyediakan data pembelian distributor, hingga bantu optimalkan manajemen inventaris untuk prediksi permintaan produk yang lebih akurat.


Siap untuk meningkatkan partnership dengan distributor ke level berikutnya?  Hubungi Tada sekarang juga untuk konsultasi mengenai kebutuhan perusahaan Anda terhadap program loyalty untuk distributor Anda sebelum kompetitor melakukannya!


*Artikel ini merupakan hasil kerjasama antara Prieds dan Tada


19 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page