top of page

Pentingnya Inventory dan WMS dalam Meningkatkan Efisiensi Bisnis

Untuk memenangkan permintaan pasar yang dinamis, upaya meningkatkan efektivitas inventory dan manajemen gudang menjadi komponen penting bagi bisnis. Dengan berfokus pada efisiensi dan akurasi dalam mengelola stok barang, perusahaan dapat meningkatkan kepuasan konsumen.


Memiliki sistem inventory dan manajemen gudang yang optimal dapat dilakukan dengan menerapkan teknologi, salah satunya yaitu Warehouse Management System atau WMS. Software ini dapat mengoptimalkan proses bisnis agar dapat berjalan dengan lebih efisien melalui otomatisasi pekerjaan yang sebelumnya dilakukan secara manual dan rentan terhadap resiko.


Faktor Penting dalam Proses Bisnis yang Efisien 

Pelacakan Inventory yang Akurat

Visibilitas yang baik terhadap inventory dan gudang dapat diraih dengan penerapan WMS. Mulai dari bahan baku hingga produk jadi, perusahaan dapat melacak perpindahan barang pada setiap tahap dalam pengelolaan gudang. Visibilitas ini membantu peningkatan akurasi manajemen dan meminimalisir resiko terjadinya kehabisan stok barang atau sebaliknya, kelebihan stok barang yang dapat mempengaruhi arus kas perusahaan.


Efisiensi Order Fulfillment

Penerapan WMS dapat merampingkan dan mengoptimalkan proses order fulfillment atau pemenuhan pesanan dengan cara mengotomatisasi proses permintaan, pengambilan stok barang (picking) dan packing. Dengan mengurangi intervensi manual dan menekan kesalahan akibat human error, perusahaan dapat meningkatkan kecepatan dan akurasi dari proses order fulfillment, yang pada akhirnya juga membantu dalam meningkatkan kepuasan konsumen.


Fitur Penting dari Inventory dan Warehouse Management System

Fitur Penting dari Inventory dan Warehouse Management System

1. Penggunaan Teknologi RFID pada WMS

Agar inventory dan manajemen gudang berjalan dengan optimal, WMS dilengkapi dengan fitur integrasi dengan hardware seperti perangkat Radio-Frequency Identification (RFID). Teknologi ini membantu sistem WMS dalam melakukan pelacakan produk secara cepat dan akurat. Fitur ini sangat penting tidak hanya untuk meningkatkan proses pengelolaan barang, tetapi juga meningkatkan akurasi pencatatan dan pengelolaan data inventory.


2. Akses Data dan Analisis secara Real-Time

Kemampuan untuk dapat mengakses data dan melakukan analisis secara real-time membawa dampak signifikan bagi bisnis. Dashboard WMS menyediakan rekomendasi langkah untuk optimalisasi dan menunjukkan beberapa angka penting dalam pengelolaan gudang seperti  inventory turnover rates, order cycles, and kemampuan melakukan forecasting. Data tersebut membantu perusahaan untuk mengambil keputusan yang tepat, meningkatkan kemampuan bisnis untuk beradaptasi dengan permintaan pasar dan juga mengoptimalkan supply chain.


3. Integrasi  dengan ERP System

Integrasi yang mulus dengan Enterprise Resource Planning (ERP) systems berguna untuk memastikan inventory dan manajemen gudang menyatu dengan berbagai fungsi bisnis lain. Kemampuan WMS untuk melakukan integrasi ini dapat meningkatkan efisiensi operasional bisnis secara menyeluruh dengan cara sinkronisasi data dan proses operasional dalam sebuah perusahaan melalui satu sistem.


4. Pengelolaan Inventory Multi-Channel

Berkembangnya teknologi berdampak pada perilaku konsumen dalam memenuhi kebutuhannya. Sehingga perusahaan perlu beradaptasi dengan berbagai channel penjualan yang ada saat ini. Dengan menggunakan WMS, perusahaan dapat mengelola inventory dan gudang untuk dapat memenuhi permintaan pada beragam channel penjualan, seperti e-commerce dan toko. Fitur ini memberikan perusahaan kontrol penuh pada inventory untuk memastikan tidak ada perbedaan stok barang dan berguna untuk memastikan ketersediaan produk setiap saat.


5. Otomatisasi Proses Manual

Perusahaan yang menggunakan WMS untuk mengelola inventory dan gudang dapat mengotomatisasi pekerjaan yang dilakukan secara berulang, seperti data entry ataupun stock opname. Otomatisasi ini dapat menekan kemungkinan terjadinya error, dan juga perusahaan dapat meningkatkan performa stafnya untuk melakukan pekerjaan yang penting, seperti penyusunan strategi, inovasi produk dan pelayanan konsumen.


Keuntungan Proses Bisnis yang Efisien bagi Perusahaan

1. Hemat Biaya

Manajemen gudang dan inventory yang efisien akan berdampak pada penghematan biaya perusahaan. Dengan menghindari kehabisan stok, kelebihan stok dan meminimalisir error akibat pengerjaan manual, bisnis akan dapat berfokus pada optimalisasi inventory, penghematan penggunaan biaya dan meningkatkan performa finansial perusahaan.


2. Peningkatan Kepuasan Konsumen

Proses order fulfillment yang akurat dan tepat waktu berdampak secara langsung pada kepuasan pelanggan. WMS membantu perusahaan untuk memastikan produk selalu tersedia, pesanan diproses tanpa kendala, dan memastikan pengiriman produk yang tepat dan cepat kepada konsumen. Dengan memberikan pelayanan yang terbaik, konsumen yang puas kemungkinan besar akan menjadi pelanggan tetap terhadap suatu produk atau perusahaan.


3. Kemampuan Beradaptasi dengan Perubahan Pasar

Informasi dan data yang disediakan oleh WMS memberikan perusahaan kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan pasar. Baik itu menyesuaikan tingkat kebutuhan inventory berdasarkan tren permintaan pasar, ataupun optimisasi manajemen gudang untuk meningkatkan efisiensi, perusahaan akan menjadi lebih cekatan untuk beradaptasi dengan lingkungan bisnis dan permintaan pasar yang dinamis.


Kelola Inventory dan Proses Bisnis secara Efisien dengan WMS Prieds

Memilih Warehouse Management System atau WMS yang sesuai dengan kebutuhan merupakan keputusan strategis bagi setiap bisnis. Untuk itu, perusahaan perlu mempertimbangkan faktor penting seperti skala bisnis, kebutuhan industri, kemampuan integrasi dan kemampuan untuk pengembangan di masa yang akan datang. Baik menggunakan sistem WMS mandiri ataupun integrasi dengan ERP system, perusahaan tetap harus mengutamakan kebutuhan dan perkembangan bisnis.


Sebagai startup penyedia WMS yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen inventory dan pergudangan agar dapat berjalan dengan efisien, efektif dan akurat melalui integrasi antara hardware seperti perangkat RFID dengan software. Beragam fitur dari yang ditawarkan WMS Prieds dapat membantu perusahaan untuk mengelola seluruh inventory dan melakukan manajemen stok secara akurat dan efisien melalui satu sistem terpusat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait penerapan WMS padan inventory dan pengelolaan gudang melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan WMS Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

30 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page