top of page

Keuntungan dan Tantangan dalam Penerapan RFID pada Supply Chain Management

Diperbarui: 27 Mar

Supply chain management merupakan aspek penting dalam setiap bisnis. Hal tersebut merupakan sebuah proses yang diterapkan untuk memastikan pengiriman produk yang tepat kepada lokasi yang tepat dan dalam waktu yang tepat juga.


Perangkat RFID sudah banyak diterapkan pada perusahaan dan sangat membantu dalam mengelola proses supply chain secara efektif. Namun, masih ada beberapa bisnis yang menganggap bahwa penerapan perangkat RFID bukan merupakan investasi yang tepat bagi perusahaannya.


Melihat berbagai pendapat terkait penerapan RFID pada bisnis, kita perlu melihat tantangan, kegunaan dan keuntungan perangkat ini dalam supply chain management. Dengan begitu perusahaan dapat mengambil keputusan bahwa penerapan perangkat RFID adalah langkah yang tepat bagi bisnis dalam mengoptimalkan keseluruhan proses rantai pasok.


Tantangan saat Penerapan RFID pada Supply Chain Management

Tantangan saat Penerapan RFID pada Supply Chain Management

Teknologi RFID memiliki potensi untuk merubah pengelolaan supply chain bagi perusahaan, namun saat proses implementasi perangkat ini, perusahaan bisa dihadapkan oleh beberapa tantangan.


Salah satu tantangannya adalah kemampuan dalam mengelola data yang dihasilkan oleh RFID. berbeda dengan sistem Barcode yang hanya menyimpan nomor identifikasi produk, perangkat RFID dapat menyimpan beragam informasi, mulai dari riwayat produk, lokasi hingga kondisi produk. Data tersebut sangat membantu perusahaan dalam mengelola stok barang jika diterapkan dengan benar, namun juga data dalam jumlah besar bisa juga bisa membuat para staff kewalahan.


Tantangan lain dari penerapan RFID adalah memastikan bahwa saat proses memindai RFID tags perlu dilakukan secara konsisten dan akurat. RFID tags tidak dapat menembus bahan metal, dan terkadang RFID reader perlu diposisikan secara tepat agar data dapat terbaca dengan akurat.


Meskipun terdapat beberapa kendala seperti yang disebutkan diatas, perangkat RFID menawarkan banyak keuntungan yang patut untuk dieksplorasi oleh perusahaan yang bergantung pada supply chain management. Dengan kemampuan yang ditawarkan oleh perangkat RFID, tentu akan berdampak pada efisiensi dan akurasi supply chain management.


Kegunaan RFID dalam Supply Chain Management

Penerapan teknologi RFID semakin banyak diterapkan dalam proses supply chain management sesuai dengan kebutuhan setiap perusahaan. Berikut beberapa kegunaan RFID yang dapat meningkatkan manajemen supply chain :

  1. Inventory Management

  2. Tracking Stok Barang dan Aset

  3. Menghindari Terjadinya Kehilangan

  4. Meningkatkan Keamanan Perusahaan

  5. Optimizing Transportation & Routing

  6. Otomatisasi Proses Bisnis


Keuntungan Perangkat RFID dalam Supply Chain Management

Keuntungan Perangkat RFID dalam Supply Chain Management

RFID dalam supply chain management dapat menyediakan banyak keuntungan dibandingkan dengan proses yang dilakukan secara manual, diantaranya yaitu :


Pengumpulan Data Otomatis

Salah satu keuntungan utama dari teknologi RFID yaitu dapat mengotomatisasi proses bisnis, seperti pengumpulan dan pencatatan data. RFID tags dapat dibaca secara otomatis, yang artinya kumpulan data dapat dikumpulkan tanpa melalui pencatatan secara manual. Hal ini dapat meningkatkan akurasi data dan mengurangi jumlah waktu yang digunakan untuk mencatat data.


Pelacakan Stok Barang secara Real-Time

RFID juga dapat memberikan perusahaan kemudahan dalam melacak stok barang secara real-time. Ini artinya perusahaan dapat selalu mengetahui kondisi, jumlah dan lokasi produk secara akurat. Informasi yang ditampilkan secara real-time dapat digunakan untuk meningkatkan manajemen inventory sekaligus memastikan perusahaan memiliki produk untuk memenuhi setiap permintaan konsumen.


Mengurangi Penggunaan Biaya

Keuntungan lain dari penerapan RFID pada supply chain management yaitu dapat mengurangi penggunaan biaya. Salah satu contoh biaya yang dapat ditekan yaitu penggunaan sumber daya atau staff untuk melakukan pekerjaan secara manual. Selain itu, jika dibandingkan dengan sistem barcode, RFID tags lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.


Meningkatkan Efisiensi

RFID tags dapat meningkatkan efisiensi supply chain management melalui pelacakan stok barang secara real-time. Ini artinya, perusahaan dapat mengetahui rincian produk yang dimiliki setiap saat, dan menghindari kerugian akibat stok barang rusak atau kehilangan stok barang. Selain itu, RFID tags dapat membantu perusahaan untuk mengotomatisasi proses manajemen inventory, yang berpengaruh pada proses supply chain management yang efisien.


Tingkatkan Efisiensi Supply Chain Management dengan RFID pada Aplikasi Gudang Prieds

Sebagai startup penyedia WMS dan Sistem RFID yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan, Prieds hadir sebagai solusi efisiensi supply chain management perusahaan agar dapat berjalan dengan optimal melalui integrasi antara hardware seperti perangkat RFID dengan software. Beragam fitur dari yang ditawarkan Prieds WMS dan Prieds DERAS RFID dapat membantu perusahaan untuk mengelola supply chain dan melakukan manajemen stok secara akurat dan efisien melalui satu sistem.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait penerapan RFID dan integrasi pada Aplikasi Gudang melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan WMS dan RFID Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.


64 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


bottom of page