top of page

Penerapan ERP System dalam Proses Supply Chain Management Perusahaan

Diperbarui: 2 Des 2023

Agar supply chain management dapat berjalan dengan efisien dan efektif, dibutuhkan kerjasama yang baik antar pihak yang berkaitan. Manajemen supply chain yang baik bertujuan agar produk dapat dengan mudah sampai kepada konsumen atau pengguna akhir.


Tentunya dalam menjalankan supply chain management, perusahaan perlu memperhatikan proses pengelolaan produk, koordinasi dengan beberapa pihak yang berkaitan, hingga memenuhi setiap permintaan yang ada. Untuk dapat menjalankan beragam aktivitas tersebut, perusahaan dapat menerapkan teknologi seperti ERP System.


Peran ERP System dalam Proses Supply Chain Management

Penerapan ERP System dapat memberikan dampak signifikan pada operasional perusahaan, yang juga dapat mempengaruhi pertumbuhan bisnis. Sistem ini membantu perusahaan untuk mengintegrasikan data operasional supply chain pada sistem terpusat, yang kemudian dapat memberikan visibilitas dan transparansi informasi yang lebih efisien antara pihak yang berkaitan.


Supply chain management perusahaan dapat berjalan dengan otomatis berkat penerapan ERP System. Sehingga staf akan memiliki produktivitas yang tinggi, dan terhindar dari pekerjaan berulang dan manual, seperti input data. Selain itu, perusahaan juga dapat membangun kerjasama yang baik dengan pihak terkait melalui transparansi data yang selalu update secara real-time. Dengan begitu, seluruh pihak dapat menjalankan tugasnya dalam supply chain management secara optimal.


Manfaat Penerapan ERP System dalam Supply Chain Management

Manfaat Penerapan ERP System dalam Supply Chain Management

Penerapan ERP bagi perusahaan tak hanya menghemat uang, tapi juga waktu dan tenaga. Sehingga perusahaan bisa fokus pada kelincahan dan peningkatan bisnis. Untuk lebih detailnya, berikut beberapa manfaat sistem ERP yang tak lepas dari fungsi-fungsi utamanya, seperti:


Mengelola Permintaan dan Pengadaan Produk secara Efisien

ERP System mampu mengelola perencanaan permintaan, memproses permintaan setelah menerima pesanan hingga melakukan pengadaan produk secara otomatis. Ketika perusahaan mendapatkan permintaan produk, sistem ini mampu mengatur seluruh kebutuhan dari pesanan tersebut melalui informasi realtime.

Seluruh aspek penting dalam supply chain management seperti sumber daya gudang, transportasi material, dan tugas rantai pasokan lainnya dapat diotomatisasi. Dengan begitu, kerjasama antar pihak terkait dalam supply chain dapat terbangun dengan optimal.


Manajemen Dokumen yang Optimal

Penerapan ERP System dapat membantu perusahaan untuk mengotomatisasi pencatatan dan pengelolaan data yang berkaitan dengan pengelolaan produk. Mulai dari pengadaan bahan baku, produksi hingga data pengiriman produk kepada konsumen dapat terekam secara lengkap pada satu sistem terpusat.


Sistem secara otomatis akan mengumpulkan arsip pengiriman dan data pengiriman untuk menghindari kesalahan, menjaga kualitas produk dan memastikan pengiriman tepat waktu dengan begitu, perusahaan tidak hanya dapat mengoptimalkan supply chain management, tetapi juga meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan.


Meningkatkan Kerjasama dan Visibilitas

Kerjasama antar pihak dalam proses supply chain management dapat dirampingkan berkat bantuan ERP System. Ketika pihak pemasok terhubung ke sistem ERP perusahaan, mereka juga dapat menjalankan fungsinya dengan lebih optimal. Sistem terintegrasi ini setiap pihak mengetahui tugasnya dalam alur supply chain secara mulus tanpa perlu menunggu antar pihak.


ERP System yang diterapkan perusahaan juga menawarkan visibilitas dan transparansi data. Sehingga, perusahaan dapat membangun kepercayaan antar pihak, dan juga mengotomatisasi kebutuhan dalam proses supply chain.


Kemampuan Cloud

Saat ini, perusahaan memiliki beragam pilihan pada jenis ERP System yang ingin digunakan. Hadirnya teknologi cloud meningkatkan berbagai aspek pada ERP, seperti menawarkan keamanan dan mobilitas data khusus. Menggunakan jenis ERP cloud berarti perusahaan dapat mengakses sistem dimanapun dan kapanpun.


Penggunaan cloud ERP system juga mempengaruhi supply chain management perusahaan. Dengan kemampuan yang dimiliki, setiap pihak terkait akan mendapatkan informasi yang relevan secara cepat dan akurat. Selain itu, pihak dalam supply chain tidak perlu repot untuk memiliki infrastruktur yang kompleks untuk mengakses informasi tersebut.


Optimalkan Supply Chain Management Perusahaan dengan Menggunakan ERP System dari Prieds

Agar supply chain management perusahaan dapat berjalan dengan optimal, perusahaan dapat menerapkan ERP System yang memungkinkan perusahaan untuk mengelola produk hingga pengiriman kepada pengguna akhir. Selain itu, dengan sistem ini, perusahaan dapat membangun kerjasama yang baik dengan pihak terkait melalui akses informasi yang relevan secara akurat dan realtime. Dengan begitu, setiap pihak dapat menjalankan fungsinya dengan otomatis, dan terpantau pada satu sistem terpusat.


Sebagai startup penyedia ERP System yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis, Prieds Technology hadir sebagai solusi supply chain management perusahaan melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari yang ditawarkan Software ERP Prieds dapat membantu perusahaan untuk menjalankan supply chain management dengan efisien dan memastikan setiap pesanan sampai kepada pengguna akhir dengan waktu yang cepat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait penerapan ERP system pada supply chain management melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan supply chain management yang optimal dengan menerapkan ERP Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.


86 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page