top of page

Atasi 5 Masalah Distribusi dengan Memanfaatkan Perangkat RFID

Efisiensi proses bisnis menjadi salah satu faktor utama keberhasilan perusahaan distribusi. Tentu dalam menjalankan operasional, akan ada beberapa permasalahan dan kendala yang dapat menghambat performa bisnis. Untuk itu penerapan teknologi dibutuhkan agar perusahaan distribusi dapat bersaing untuk memenuhi permintaan pasar.


Salah satu teknologi yang dapat membantu distributor untuk meningkatkan efisiensi serta mengatasi kendala operasional yaitu Radio Frequency Identification atau RFID. perangkat ini memungkinkan proses identifikasi objek secara otomatis melalui gelombang radio, mempercepat proses pengelolaan stok dan pembaruan informasi secara realtime, seperti status pengiriman.


Bagaimana RFID Atasi 5 Permasalahan Distribusi 

RFID atasi 5 masalah distribusi

Dalam menjalankan operasional, perusahaan distribusi tentu akan menghadapi berbagai kendala, terutama jika proses pengelolaan masih dilakukan secara manual. Hal ini akan memicu berbagai faktor kesalahan seperti kesalahan pencatatan ataupun data tidak akurat. Berikut penjelasan dari beberapa permasalahan yang umum terjadi pada perusahaan distribusi dan bagaimana penerapan RFID dapat mengatasi kendala tersebut :


1. Masalah Pelacakan Inventory

Salah satu tantangan utama dalam distribusi adalah melacak inventory dengan akurat. Melalui penerapan RFID, setiap stok barang akan diberi tag yang unik, sehingga mempermudah proses pelacakan secara realtime dari gudang hingga titik penjualan.


2. Efisiensi Proses Pengelolaan Stok Barang

Pengelolaan stok barang yang tidak efisien dapat mengganggu alur distribusi secara keseluruhan. Penerapan RFID membantu perusahaan distribusi untuk mempercepat proses pengelolaan melalui identifikasi dan verifikasi produk secara bersamaan dalam alur pergerakan stok barang. Sehingga, setiap proses berjalan dengan efisien, tercatat dengan akurat dan perusahaan distribusi akan memiliki visibilitas menyeluruh terhadap operasional bisnisnya.


3. Kontrol Kualitas secara Merata

Memastikan kualitas stok barang merupakan tantangan lain yang umum dihadapi perusahaan distribusi. Dengan RFID, perusahaan akan dengan mudah mengetahui kondisi seluruh stok barang yang dimiliki. Hal ini sangat berdampak bagi proses kontrol kualitas, karena perusahaan dapat memverifikasi ketersediaan dan kondisi dari setiap produk dipasarkan.


4. Operasional Bisnis dan Supply Chain lebih Optimal

Ketidakpastian dalam supply chain sering kali menjadi masalah utama yang dihadapi oleh perusahaan distribusi. Melalui implementasi RFID, perusahaan dapat memonitor inventory secara realtime dan dapat menyusun perkiraan permintaan pasar dengan lebih akurat, sehingga perusahaan dapat merespons kebutuhan pasar yang dinamis dengan lebih cepat dan tepat.


5. Meningkatkan Keamanan Gudang

Keamanan barang selama distribusi merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan. Penggunaan tag RFID dapat membantu meminimalisir resiko pencurian maupun kehilangan stok barang dengan cara pemantauan pergerakan stok barang secara realtime. Sistem keamanan yang terintegrasi dengan RFID juga dapat memberikan perlindungan tambahan selama perjalanan barang dari gudang hingga sampai kepada konsumen.


Gunakan RFID dari Prieds untuk Atasi Permasalahan pada Proses Distribusi

Dengan memanfaatkan teknologi RFID, perusahaan dapat mengatasi berbagai tantangan dalam manajemen distribusi. Mulai dari pelacakan inventory yang lebih akurat, efisiensi proses pengelolaan stok barang dan operasional bisnis yang lebih optimal, RFID menawarkan beragam solusi untuk meningkatkan kinerja perusahaan distribusi sekaligus membantu meningkatkan kepuasan konsumen. 


Sebagai startup penyedia RFID System dan Software Stok Barang yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, Prieds hadir sebagai solusi mengatasi permasalahan proses distribusi secara efektif, efisien dan akurat melalui integrasi antara hardware seperti perangkat RFID dengan software. Beragam fitur dari yang ditawarkan Software Stok Barang Prieds dan Prieds DERAS RFID dapat membantu perusahaan untuk mengelola gudang melalui satu sistem terpusat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait penerapan RFID system untuk mengatasi permasalahan distribusi melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan perangkat RFID Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

4 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page