top of page

Optimalkan Stock Opname dan Harga Pokok Produksi dengan Supply Chain

Pengelolaan supply chain menjadi kian kompleks seiring dengan perubahan permintaan pasar yang dinamis. Agar perusahaan dapat tetap bersaing dan memenuhi kebutuhan konsumen, rantai pasok perlu dikelola dengan baik.


Terdapat banyak faktor penting yang membuat supply chain perusahaan berjalan dengan lancar salah satunya melalui penerapan teknologi. Pengelolaan rantai pasok dapat dilakukan lebih mudah dan efisien berkat supply chain management system. Selain itu, perusahaan juga dapat meminimalisir terjadinya kendala yang dapat mengganggu proses supply chain.



Pentingnya Stock Opname dan Harga Pokok Produksi dalam Supply Chain

Proses supply chain dalam skala yang besar tentu akan semakin menjadi rumit dan penuh tantangan. Dua aspek penting dalam rantai pasok yang perlu diperhatikan agar proses berjalan dengan lancar yaitu stock opname dan harga pokok produksi.


Stock opname yang akurat akan mempermudah perusahaan untuk dapat memenuhi setiap permintaan konsumen. Dengan memastikan jumlah stok fisik dengan hasil pencatatan yang seimbang, perusahaan dapat mengelola setiap permintaan yang diterima dan memastikan stok tersebut dalam kondisi yang terbaik.


Disisi lain, untuk dapat mengembangkan bisnis, tentu setiap perusahaan memiliki tujuan untuk meningkatkan keuntungan. Melalui pengelolaan harga pokok produksi yang tepat, perusahaan akan mampu untuk mengetahui setiap keuntungan dari produk yang dipasarkan dan juga mempertimbangkan harga yang sesuai dengan target konsumen.


Peran Supply Chain Management Software dalam Mengoptimalkan Stock Opname dan Harga Pokok Produksi

Peran Supply Chain Management Software dalam Mengoptimalkan Stock Opname dan Harga Pokok Produksi

Visibilitas Rantai Pasok secara Real Time

Software supply chain management memberikan visibilitas realtime terhadap tingkat jumlah stok barang, lokasi penyimpanan dan pergerakan inventory secara menyeluruh. Dengan informasi yang akurat dan terbaru, perusahaan dapat melakukan stock opname dengan lebih efisien, dan menghindari terjadinya kehabisan stok atau penumpukan stok dalam gudang. Dengan begitu perusahaan dapat memastikan inventory yang dimiliki mampu mengakomodasi seluruh permintaan yang diterima, sehingga terhindar dari pengeluaran biaya yang tidak perlu.


Proses Stock Opname lebih Akurat dan Efektif

Stock opname yang dilakukan secara manual memakan banyak waktu dan sangat rentan terhadap kesalahan. Adanya SCM software membantu perusahaan untuk mengotomatisasi proses stock opname, melalui integrasi teknologi seperti RFID maupun perangkat IoT lainnya. Hal ini tidak hanya mempercepat proses opname, tetapi juga secara signifikan berpengaruh pada tingkat akurasi pencatatan, dan terhindar dari selisih jumlah maupun kerugian lain bagi perusahaan.


Ketidakpastian dalam Menyusun Forecasting

Supply chain management software membantu perusahaan dalam meningkatkan kemampuan analisis data dan penyusunan forecasting permintaan. Riwayat data permintaan yang kurang lengkap dapat membuat hasil forecasting menjadi tidak akurat, sehingga perusahaan bisa saja mengalami kelebihan stok maupun kekurangan stok barang.


Kolaborasi dengan Pihak Terkait dalam Supply Chain

Supply chain management yang efisien tidak hanya berfokus pada pengelolaan stok barang, tetapi juga membangun kolaborasi dengan berbagai pihak dalam supply chain, seperti pihak supplier. Software SCM mempermudah perusahaan untuk membangun kerjasama, negosiasi hingga berbagi informasi yang dapat membangun simbiosis mutualisme antar pihak. Kolaborasi yang baik dalam supply chain mampu menghasilkan biaya pengadaan yang lebih rendah, yang kemudian mempengaruhi keseluruhan harga pokok produksi.


Manajemen dan Analisis Keuangan yang Optimal

Memiliki informasi detail terhadap pembiayaan merupakan hal yang penting dalam mengelola harga pokok produksi. Software SCM menyediakan transparansi informasi dan data dalam setiap tahap rantai pasok. Dengan begitu perusahaan dapat melakukan analisis dan monitoring penggunaan biaya secara realtime dan mampu menekan penggunaan biaya secara tepat.


SCM Software dari Prieds bantu Perusahaan Mengoptimalkan Stock Opname dan Harga Pokok Produksi

Menerapkan supply chain management yang optimal akan menguntungkan perusahaan. Melalui implementasi SCM, perusahaan dapat menjaga jumlah inventory yang tersedia melalui stock opname, sekaligus mengelola harga pokok produksi dengan baik. Sehingga,  perusahaan dapat memastikan konsumen mendapat produk sesuai pesanan dan memberikan pelayanan terbaiknya, sekaligus meningkatkan keuntungan.


Sebagai startup penyedia Software SCM yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis, Prieds hadir sebagai solusi pengelolaan rantai pasok perusahaan melalui integrasi antara hardware dengan software seperti WMS maupun ERP. Beragam fitur dari yang ditawarkan Software SCM Prieds dapat membantu perusahaan untuk mengelola seluruh proses rantai pasok seperti stock opname dan harga pokok produksi. Melalui sistem ini, konsumen juga dapat mengetahui proses pergerakan produk yang dibeli.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait pengelolaan stock opname dan harga pokok produksi melalui supply chain management software dengan konsultasi pada tim ahli Prieds. Dapatkan Software SCM Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

18 tampilan0 komentar
bottom of page