top of page
  • kevramadhani

Optimalisasi Lead Time saat proses Pengelolaan Gudang

Agar perusahaan dapat berkembang, tentunya perlu dilakukan optimalisasi pada proses bisnisnya. Salah satu proses yang menjadi inti utama dalam bisnis yaitu manajemen gudang. Perusahaan perlu memahami berbagai indikator atau KPI untuk dapat memantau kinerja, melakukan evaluasi serta mengoptimalisasi beragam proses dalam manajemen gudang.


Salah satu indikator untuk mengukur pengelolaan gudang yaitu Lead Time. Fungsinya, yaitu untuk mengukur jumlah waktu antara inisiasi dan proses penyelesaian. Banyak aspek dalam manajemen gudang yang dapat diukur dengan Lead time, salah satunya yaitu mengukur pelayanan pelanggan.


Agar perusahaan dapat memantau dan mendapat hasil perhitungan lead time dalam proses manajemen gudang, berikut penjabaran lengkapnya.


Pengertian Lead Time

Pengertian Lead Time

Indikator lead time merupakan perhitungan terhadap waktu yang direncanakan antara proses awal hingga selesainya suatu operasi. Indikator lead time umumnya digunakan untuk mengetahui waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan serangkaian proses manajemen gudang.


Dengan memantau waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan operasi pada gudang, perusahaan dapat memperkirakan kebutuhan biaya dan sumber daya. Penggunaan waktu operasi yang lama tuntunya akan memiliki dampak seperti inefisiensi dan pemborosan sumber daya pada manajemen gudang. Maka dari itu, untuk dapat mengoptimalkan kinerja manajemen gudang, perusahaan perlu mengurangi lead time dan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.


Jenis Lead Time dalam Pengelolaan Gudang

beberapa jenis Lead Time pada pengelolaan gudang

Seperti yang telah dijelaskan diatas, lead time tidak hanya berfungsi untuk mengukur pelayanan pelanggan. Terdapat beberapa 4 jenis Lead Time yang umum digunakan dalam proses manajemen gudang, diantaranya yaitu :


  • Production Lead Time

Mengukur jumlah waktu yang diperlukan untuk memproduksi hingga pengiriman produk, jika stok bahan yang diperlukan tersedia.

  • Material Lead Time

Digunakan untuk mengetahui jumlah waktu yang diperlukan untuk melakukan pengadaan stok barang dari supplier, mulai dari proses order hingga stok barang diterima.

  • Customer Lead Time

Berfungsi untuk mengukur pelayanan pelanggan, dengan mengukur jumlah waktu yang dibutuhkan antara pesanan masuk hingga proses pemenuhan pesanan (order fulfillment).

  • Cumulative Lead Time

Digunakan untuk mengukur jumlah waktu total yang dibutuhkan dari proses pengadaan stok barang, proses produksi hingga pengiriman produk dengan menjumlah hasil angka pada material lead time dan production lead time.


Komponen penting dalam Lead Time

Perhitungan indikator Lead Time menitikberatkan pada waktu yang dibutuhkan untuk penyelesaian proses manajemen gudang. Untuk itu, perusahaan wajib memiliki pengawasan dan data lengkap dari komponen berikut, agar hasil perhitungan lead time akurat, diantaranya :


Waktu perencanaan produksi

Data perhitungan waktu yang diperlukan untuk melakukan perencanaan produksi, estimasi pengiriman dan juga perencanaan pemesanan stok barang.


Waktu pengadaan stok barang

Data terkait waktu yang dibutuhkan saat perusahaan melakukan pesanan pembelian atau pengadaan stok barang barang untuk digunakan dalam proses produksi.


Waktu produksi

Data waktu yang diperlukan dari prosesinbound stok barang hingga akhir proses produksi.


Waktu penyimpanan stok barang

Data dari waktu yang dibutuhkan untuk penyimpanan produk pada gudang untuk diproses pengiriman.


Waktu pengiriman

Data waktu yang diperlukan dari stok barang hasil produksi untuk dikirimkan dari gudang ke gudang lain ataupun ke pelanggan.




Tips optimalisasi Lead Time saat proses Pengelolaan Gudang

Tips optimalisasi Lead Time saat proses Pengelolaan Gudang

Untuk dapat meningkatkan produktivitas pengelolaan gudang, perusahaan dapat mengoptimalkan lead time. Berikut beberapa tips untuk mengoptimalkan lead time pada proses pengelolaan gudang :


Minimalisir aktivitas yang tidak perlu

Penting bagi perusahaan untuk memetakan seluruh alur pengelolaan gudang untuk mengidentifikasi aktivitas yang dapat memperpanjang lead time. Dengan melakukan pengawasan aktivitas pengelolaan gudang, perusahaan dapat mengoptimalkan aktivitas yang memperpanjang lead time sekaligus menjaga kualitas hasil produksi.


Melakukan evaluasi metode pengiriman

Waktu pengiriman stok produk juga bisa menjadi aspek yang dapat diperbaiki untuk mengoptimalkan lead time. Perusahaan dapat melakukan evaluasi waktu yang diperlukan untuk pengiriman dan opsi pengiriman yang tersedia, agar perusahaan dapat melakukan pengiriman dengan cepat sekaligus menekan biaya operasional.


Menggunakan stok bahan lokal

Untuk dapat menciptakan produk yang berkualitas, perusahaan perlu memiliki supplier dengan stok bahan yang baik. Perusahaan perlu untuk melakukan riset untuk mencari stok bahan yang tersedia secara lokal, namun tidak mempengaruhi kualitas produk. Dengan melakukan pengadaan stok barang dari supplier lokal, dapat mengurangi waktu pengadaan dan mengoptimalkan lead time.


Otomatisasi proses gudang dengan Sistem Pengelolaan Gudang Prieds

Beberapa faktor dari lead time yang tidak optimal disebabkan karena kesalahan manusia. Proses pengelolaan gudang yang dilakukan secara manual tidak hanya memakan waktu yang lebih lama, tetapi membutuhkan sumber daya lebih besar. Sehingga, perusahaan membutuhkan biaya yang lebih tinggi dengan resiko yang kemungkinan besar bisa terjadi.


Perusahaan melakukan perhitungan terhadap proses pengelolaan gudang menggunakan indikator lead time bertujuan untuk mempercepat dan mengembangkan proses bisnis agar mampu memenangkan persaingan pasar. Untuk itu, perusahaan perlu berinvestasi dengan sistem pengelolaan gudang.


Dengan melakukan implementasi sistem pada proses pengelolaan gudang, perusahaan dapat melakukan pengawasan, evaluasi dan optimalisasi secara akurat dan cepat. Selain itu, perusahaan dapat dengan lebih mudah untuk mengukur kinerja pengelolaan gudang sesuai dengan indikatornya, seperti lead time.


Sebagai startup penyedia Sistem Pengelolaan Gudang, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen pergudangan perusahaan melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan WMS. Beragam kelebihan yang ditawarkan oleh Software Manajemen Gudang Prieds dapat membantu bisnis anda untuk melakukan optimalisasi proses manajemen secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi manajemen supply chain melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi tepat dan banyak keuntungan dengan menerapkan Sistem Pengelolaan Gudang Prieds pada bisnis Anda.

4 tampilan0 komentar