top of page

Terapkan Penataan Gudang yang Baik melalui Warehouse System

Penataan gudang yang baik sangat penting bagi peningkatan performa perusahaan. Selain mengoptimalkan manajemen pergudangan, penataan gudang yang baik juga menjadi salah satu solusi untuk mengatasi terjadinya kendala yang dapat merugikan perusahaan.


Perusahaan dapat meningkatkan visibilitas dan menjaga kualitas maupun kuantitas dari seluruh produk yang dimiliki melalui penataan gudang yang baik. Ditambah dengan penerapan warehouse system, pengelolaan stok barang akan menjadi lebih efisien dan juga efektif. 


Beberapa Tahap dalam Penataan Gudang yang Baik

Beberapa Tahap dalam Penataan Gudang yang Baik dengan bantuan Warehouse System

Perusahaan perlu mengetahui tahap tahap dalam menerapkan penataan gudang yang baik. Dengan begitu perusahaan dapat meraih efisiensi operasional, manajemen inventory yang efektif, serta pemenuhan pesanan yang tepat waktu. Penerapan Warehouse system juga dapat membantu memaksimalkan penataan gudang dan mengoptimalkan pergerakan barang. Berikut beberapa tahap  untuk menerapkan penataan gudang yang baik melalui Warehouse System :


Identifikasi Kebutuhan Bisnis

Sebelum melakukan penataan gudang, perusahaan dapat mengidentifikasi kebutuhan bisnis melalui pendataan pada warehouse system, seperti jenis produk, jumlah stok untuk setiap produk, dan tingkat rotasi inventaris. Dengan data tersebut, perusahaan akan dapat merancang penataan gudang yang optimal sesuai dengan kebutuhan.


Melakukan Layouting pada Gudang

Layouting pada gudang menjadi hal utama dalam penataan yang baik, karena dapat meningkatkan performa pengelolaan dan efisiensi waktu tracking maupun picking stok barang. Penataan gudang yang baik juga bisa memanfaatkan penggunaan rak, palet, atau sistem penyimpanan lain. Sehingga perusahaan akan dapat memaksimalkan ruang penyimpanan dalam gudang.


Penerapan Teknologi untuk Otomatisasi Manajemen Gudang

Penerapan RFID (Radio-Frequency Identification) dan Warehouse System membuat proses tracking inventory menjadi lebih efisien dan efektif dan dapat dilakukan secara realtime. Teknologi ini dapat memaksimalkan penataan gudang yang baik, meningkatkan pemenuhan pesanan serta meminimalisir terjadinya kendala.


Memberikan Label pada Lokasi Penyimpanan

Memberikan label atau kode khusus untuk menandai setiap area penyimpanan dalam gudang merupakan salah satu tahap dalam penataan gudang yang baik. Karena dengan sistem labeling, staf akan  lebih cepat dan tepat untuk melakukan putaway, tracking dan picking stok barang dalam gudang.


Menggunakan Metode Zona dalam Gudang

Penerapan gudang yang baik juga bisa dilakukan dengan membagi area penyimpanan dengan metode zona berdasarkan jenis produk maupun tingkat rotasi stok barang. Hal ini akan membantu perusahaan untuk mempercepat alur stok barang dan meningkatkan visibilitas perusahaan terhadap manajemen gudang.


Penerapan tahap tahap tersebut serta memanfaatkan teknologi Warehouse System membuat perusahaan dapat melakukan penataan gudang yang baik. Sehingga operasional bisnis menjadi lebih efisiensi dan akurat.


Warehouse System dari Prieds bantu Perusahaan untuk Menerapkan Penataan Gudang yang Baik

Penataan gudang yang baik dan penerapan teknologi seperti Warehouse System memberikan perusahaan visibilitas dan kontrol penuh terhadap seluruh proses manajemen gudang. Melalui  sistem ini, staff gudang akan dapat melakukan stock opname lebih akurat dengan pencatatan secara otomatis dan pendataan lokasi stok barang dalam area gudang yang mempermudah staf untuk melakukan pengelolaan gudang.


Sebagai salah satu perusahaan yang menyediakan Warehouse System untuk perusahaan, Prieds menawarkan sistem yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan perusahaan, dan hadir sebagai solusi penataan gudang yang baik melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari Warehouse System Prieds dapat membantu perusahaan di berbagai industri untuk mengelola gudang dengan lebih efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait penataan gudang yang baik  dengan Warehouse System melalui konsultasi dengan tim ahli secara gratis. Dapatkan Warehouse System yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan dengan Prieds.

22 tampilan0 komentar
bottom of page