top of page

Keuntungan dan Fungsi Integrasi ERP System dengan Akuntansi Bisnis

Mengelola keuangan bisnis membutuhkan ketelitian dan akurasi data. Hal ini dikarenakan akuntansi bisnis berkaitan dengan keuntungan perusahaan. Untuk dapat meningkatkan ketelitian dan akurasi manajemen keuangan, saat ini banyak perusahaan yang mengadopsi teknologi seperti software keuangan, ataupun juga menggunakan ERP System.


Penerapan ERP System dalam perusahaan dapat mempermudah pengelolaan seluruh operasional dengan kemampuan integrasinya. Tidak hanya terbatas pada pengelolaan dan perencanaan sumber daya, ERP System dapat diintegrasikan dengan beberapa modul untuk meningkatkan fungsinya, salah satunya dengan modul accounting.


Fungsi ERP System bagi Akuntansi Bisnis

Fungsi ERP System bagi Akuntansi Bisnis

ERP System memiliki kemampuan integrasi dengan modul akuntansi dapat meningkatkan fungsi dari sistem dalam mengotomatisasi proses bisnis. Berikut beberapa fungsi dari ERP bagi akuntansi bisnis :


Fungsi Pengelolaan

Melakukan integrasi ERP dengan modul akuntansi akan mempermudah perusahaan untuk mengelola kegiatan pencatatan keuangan. Beragam aktivitas akuntansi bisnis seperti mengelola payroll, laporan keuangan, dan aktivitas lain akan menjadi lebih efisien dan efektif dengan bantuan software ini. Dalam praktiknya, perusahaan yang telah menerapkan ERP system dapat memberikan akses informasi sesuai dengan level tanggung jawab.


Fungsi Koordinasi

Penerapan software ERP pada perusahaan dapat meningkatkan koordinasi antar pihak terkait dalam mengelola dan merencanakan sumber daya. Ditambah dengan kemampuan integrasi modul akuntansi, ERP System dapat mengelola seluruh aktivitas keuangan perusahaan dan terekoordinasi dengan pihak yang berkaitan.


Arus Informasi Terbuka

Dengan bantuan teknologi, pertukaran informasi dapat dilakukan dengan cepat dan akurat.  Adanya teknologi ERP, perusahaan dapat melakukan pertukaran informasi secara cepat dan akurat. Perusahaan memiliki fleksibilitas untuk dapat mengontrol akses informasi sesuai dengan tingkattingat tanggungjawab dan juga sesuai dengan divisi dalam organisasi perusahaan. 


Peran ERP System dalam Mengelola Akuntansi Bisnis

Otomatisasi Proses Akuntansi Bisnis

Hadirnya ERP pada perusahaan dapat mengotomatisasi data keuangan dan mengelola akuntansi bisnis. Peran ERP system dalam akuntansi bisnis dimulai dari pengumpulan, pemrosesan, hingga pelaporan data yang berkaitan dengan keuangan. Sistem ini memfasilitasi pengumpulan data keuangan yang terintegrasi dari berbagai sumber kedalam satu sistem terpusat. Perusahaan semakin mudah dalam mengelola akuntansi melalui modul terintegrasi dengan ERP. Sehingga, manajemen tidak dihadapkan dengan berbagai kendala yang terjadi akibat proses pengelolaan yang dilakukan secara manual.


Laporan Keuangan yang Akurat

Salah satu tujuan penerapan teknologi yaitu untuk dapat meningkatkan akurasi data. ERP System yang terintegrasi dengan modul akuntansiakuntasi membuat data laporan keuangan menjadi lebih rinci dan akurat. Pengelolaan informasi laba dan rugi, arus kas, dan posisi keuangan secara keseluruhan dapat dikelola dan dipantau melalui satu sistem terpusat. Terlebih lagi, data yang ada pada sistem merupakan data terbaru, sehingga perusahaan mendapatkan informasi keuangan secara realtime.


Penerapan ERP untuk mengelola akuntansi bisnis  juga memudahkan perusahaan untuk memahami kondisi keuangan perusahaan dengan lebih baik, karena perusahaan dapat melihat informasi keuangan secara detail. Dengan demikian, sistem akan membantu Anda mendapatkan analisis finansial perusahaan dari berbagai aspek.


Mengurangi Kendala Akibat Proses Manual

Permasalahan akibat human error seringkali menjadi salah satu penghambat operasional bisnis, salah satunya pada pengelolaan akuntansi bisnis. Laporan keuangan yang tidak akurat, pelanggaran regulasi, atau keputusan bisnis yang buruk menjadi salah satu dampak pengelolaan yang dilakukan secara manual.


Melalui integrasi modul akuntansi pada ERP system, perusahaan mampu menekan  kesalahan akibat human error maupun kendala lain. Proses otomatisasi entri data dapat mengurangi risiko kesalahan ketik atau duplikasi data. Selain itu, melalui ERP terintegrasi, perusahaan dapat mengelola  data dari berbagai sumber secara akurat.


Mempermudah Proses Perencanaan dan Penganggaran

ERP System dilengkapi fitur yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan proses perencanaan dan penganggaran agar lebih efisien serta efektif. Perusahaan dapat mengakses data keuangan secara historis dan real-time, dan kemudian merumuskan rencana dan anggaran berdasarkan informasi yang akurat. Langkah ini memungkinkan perusahaan untuk menyusun strategi terbaik untuk mengelola sumber daya serta akuntansi bisnis.


Modul akuntansi pada ERP juga dapat digunakan untuk membantu analisis. Melalui fitur ini, perusahaan dapat mengevaluasi kinerja sekaligus memahami dampak potensial dari berbagai keputusan. Dengan demikian, sistem membantu perusahaan dalam membuat rencana dan anggaran yang lebih optimal.


Mengoptimalkan Kolaborasi Tim

Salah satu kelebihan dari penerapan ERP system yaitu mempermudah akses informasi dan meningkatkan kolaborasi antar tim dalam perusahaan. Dengan akses informasi data yang terpusat dan realtime, anggota tim dapat bekerja secara kolaboratif pada akuntansi bisnis, sehingga komunikasi, koordinasi, dan efisiensi tim secara keseluruhan dapat berjalan dengan optimal.


Dapatkan ERP System Prieds dan Optimalkan Tingkatkan Pengelolaan Akuntansi Bisnis Anda

Perkembangan teknologi mempermudah beragam industri untuk melakukan optimalisasi proses bisnis. Adanya teknologi seperti Software ERP dapat mempermudah perusahaan untuk mengelola akuntansi bisnis secara optimal. Dengan software ini, perusahaan dapat memantau dan melakukan manajemen keuangan secara optimal dari berbagai proses bisnis melalui satu sistem terpusat.


Sebagai startup penyedia ERP System yang dapat dikustomisasi dan diintegrasikan sesuai kebutuhan bisnis, Prieds Technology hadir sebagai solusi bagi peningkatan performa bisnis. Beragam fitur dan modul dari yang ditawarkan pada ERP System Prieds dapat membantu perusahaan untuk melakukan meningkatkan kinerja proses pengelolaan akuntansi bisnis secara efektif dan efisien.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait penerapan ERP pada perusahaan untuk meningkatkan kinerja perusahaan melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan sistem ERP dengan fitur dan modul lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

19 tampilan0 komentar
bottom of page