top of page

Mengenal Integrasi Marketplace, Solusi Kelola Berbagai Toko

Diperbarui: 5 Apr


Solusi Kelola Berbagai Toko melalui Integrasi Marketplace

Apakah kamu berjualan di berbagai platform penjualan, seperti marketplace, social commerce, atau website?


Kalau iya, tentunya kamu memerlukan tenaga ekstra untuk mengurus seluruh toko online apalagi jika semuanya masih dilakukan secara manual pastinya akan sulit. 


Nah, untuk mempermudah pengelolaan bisnis sekarang ada layanan e-commerce yang bisa mengintegrasikan semua toko ke dalam satu platform, yaitu aplikasi integrasi marketplace.


Sebelum kita bahas rekomendasi aplikasi integrasi marketplace gratis, kita simak dulu yuk apa yang dimaksud integrasi marketplace dan keuntungannya bagi bisnis.


Pengertian Integrasi Marketplace

Aplikasi integrasi marketplace adalah sistem yang ditawarkan untuk membantu pebisnis dalam mempermudah setiap proses operasional bisnis. 


Nantinya, seluruh kegiatan bisnis yang berasal dari semua marketplace diatur melalui satu dashboard saja. 


Dengan aplikasi integrasi marketplace, kamu bisa mengambil, menambah, menghapus, dan menyinkronkan data pada produk, pesanan, pelanggan, serta pengiriman di marketplace.


Lalu, apa saja keuntungan dari integrasi marketplace?


Keuntungan Software Integrasi Marketplace

Berikut ini, ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan jika memakai software integrasi marketplace. Yuk, kita simak!


Kelola Semua Channel Penjualan dari Satu Sistem

Keuntungan yang pertama, kamu bisa mengelola seluruh produk dan penjualan di semua channel marketplace kamu dalam satu platform aja.


Mulai dari, laporan penjualan, upload produk ke toko online, pengelolaan manajemen stok barang, proses pesanan, sampai pengiriman barang.


Jadi, kamu nggak perlu harus login ke setiap marketplace, seperti Shopee, Tokopedia, BliBli, Lazada, dan lainnya. 


Mudah Dalam Mengakses Seluruh Data

Dengan menggunakan aplikasi manajemen integrasi marketplace, kamu bisa mengakses seluruh data yang berkaitan dengan toko online, seperti proses pemesanan barang, produk, kategori, inventory, data pelanggan, status pengiriman pelanggan, sampai pelaporan bisnis. 


Sehingga kamu bisa secara mudah mengontrol dan mengawasi segala kebutuhan bisnis online agar tidak terjadi kendala. Baik dalam sistem operasional maupun terhadap pelanggan.


Operasional Bisnis Bisa Lebih Efisien

Software manajemen marketplace membantu kamu untuk mengurus segala kebutuhan toko melalui satu dashboard saja tanpa mesti membuka masing-masing toko. 


Apalagi terkadang kalau kamu memiliki toko di marketplace harus menambahkan produk, mengatur stok barang, sampai membalas chat pelanggan.


Biasanya, saat kamu memasukkan produk ke marketplace harus meliputi gambar, deskripsi, kategori produk, dan lainnya secara manual. 


Dimana, harus menyalin deskripsi produk satu persatu, ditambah toko yang kamu miliki juga tersebar ke berbagai marketplace. 


Pasti ke bayang dong, seberapa ribetnya jika semuanya harus dilakukan secara manual. Nah, maka dari itu ada yang namanya aplikasi kelola banyak akun marketplace.


Kamu cukup sekali memasukkan gambar ke sistem kemudian hanya dengan satu kali klik produkmu sudah tersebar ke seluruh toko online milikmu. 


Dan tidak perlu khawatir lagi untuk memetakan kategori produk di setiap marketplace nya.


Atur Manajemen Stok Barang secara Real Time

Keuntungan lain dari software manajemen marketplace juga membantumu dalam pengelolaan stok barang secara real-time, sebab umumnya telah menyediakan software stok barang. Karena sudah dilengkapi beberapa fitur, seperti sinkronisasi stok barang, stock adjustment, sampai proyeksi stok. 


Salah satu kelebihannya adalah sync stock secara otomatis, sebagai contohnya, semisal kamu berjualan di BliBli, Lazada, Shopee, dan Tokopedia dan persediaan stok barang kamu di masing-masing toko ada 50pcs.


Lalu, ternyata ada pelanggan yang membeli barang sebanyak 15 pcs di Shopee. Nantinya semua stok akan berkurang 15 secara otomatis mengikuti persediaan barang fisik, yaitu sebanyak 35 pcs.


Proses Seluruh Orderan Sekaligus

Kelebihan lainnya dari penggunaan sistem manajemen integrasi marketplace adalah kemudahan dalam memproses semua pesanan dari setiap toko sekaligus hanya dari satu dashboard sehingga mempercepat proses pengiriman barang ke pelanggan.


Kalau sebelumnya kamu mesti memproses orderannya secara manual satu persatu di setiap toko marketplace. 


Nah, sekarang udah bisa proses pesanan yang masuk dari berbagai channel penjualan. 


Contohnya, ada orderan masuk sebanyak 50 pesanan di Shopee dan 50 pesanan di Tokopedia, kamu bisa tuh langsung prosesnya sekaligus, jadi lebih efisien deh.


Meningkatkan Penjualan di Marketplace

Tanpa kamu sadari dengan memproses pesanan sampai pengiriman barang ke konsumen secara cepat, ternyata bisa membangun loyalitas pelanggan lho


Selain kamu memiliki banyak channel penjualan yang terhubung , maka semakin banyak

pula pelanggan yang bisa kamu dapatkan sehingga potensi bisnismu semakin besar. 


Terlebih lagi, strategi berjualan di marketplace kamu dapat menjangkau audiens yang lebih luas. 


Aplikasi Integrasi Marketplace dari Jubelio

Buat kamu yang mencari aplikasi integrasi marketplace, kamu bisa nih menggunakan Jubelio Omnichannel untuk membantu dalam operasional bisnismu. Tidak hanya menghubungkan marketplace saja, tapi kamu juga bisa integrasikan website toko online dan social commerce


Selain integrasi,  tersedia fitur-fitur yang lebih lengkap, kamu bisa balas chat customer, membuat website toko online hingga terhubung ke toko offline (fisik) pakai software POS dan semua itu bisa didapatkan hanya dengan penggunaan sistem omnichannel Jubelio.


Yuk! Cari tahu lebih lanjut mengenai Jubelio <<<cek selengkapnya disini


*Artikel ini hasil kerjasama Jubelio dan Prieds

36 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page