top of page

Cara Melakukan Stock Opname yang Tepat dan Efisien

Diperbarui: 11 Jan

Stock opname adalah proses penting dalam manajemen persediaan di perusahaan atau bisnis. Dalam bisnis, pengelolaan persediaan yang tepat dapat mempengaruhi keberlangsungan bisnis dan keuntungan yang diperoleh. Oleh karena itu, stock opname menjadi salah satu tugas yang penting untuk dilakukan dalam bisnis.


Namun, permasalahan yang sering dihadapi dalam bisnis adalah ketidakakuratan atau kekurangan data dalam catatan persediaan. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti kesalahan dalam pencatatan, pencurian atau kerusakan barang, atau masalah teknis dalam sistem pencatatan persediaan. Akibatnya, manajemen persediaan yang buruk dapat mempengaruhi keputusan bisnis dan mengganggu operasional bisnis.


Untuk mengatasi masalah tersebut, stock opname dapat dilakukan secara teratur. Dalam stock opname, persediaan barang atau produk dihitung dan dibandingkan dengan catatan persediaan yang ada untuk menemukan selisih yang mungkin terjadi. Setelah ditemukan selisih, tindakan perbaikan dapat diambil untuk memperbaiki catatan persediaan yang ada atau untuk meningkatkan efisiensi manajemen persediaan di masa depan.


Untuk melakukan stock opname dengan baik, langkah-langkah seperti persiapan yang tepat, penetapan waktu dan tempat yang sesuai, dan pengaturan tim yang tepat perlu dilakukan. Selain itu, penghitungan persediaan yang akurat, pemeriksaan barang atau produk, dan perbandingan dengan catatan persediaan yang ada adalah hal-hal penting yang perlu dilakukan dalam stock opname. Dengan melakukan stock opname secara teratur dan tepat, bisnis dapat memastikan manajemen persediaan yang efisien dan tepat waktu.


Dalam artikel ini, Prieds akan menjelaskan bagaimana cara stock opname dengan tepat dan efisien yang dapat Anda lakukan di perusahaan dan lini bisnis Anda.


Apa itu Stock Opname?

Stock opname adalah proses penghitungan fisik atau penghitungan langsung terhadap stok barang atau produk yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau bisnis. Tujuan dari stock opname adalah untuk membandingkan jumlah persediaan yang tercatat dalam catatan persediaan dengan jumlah persediaan yang benar-benar ada di tempat penyimpanan atau toko.


Dalam proses stock opname, setiap barang atau produk akan dihitung secara individu, sehingga memungkinkan perusahaan atau bisnis untuk mengetahui secara pasti jumlah barang atau produk yang mereka miliki. Jumlah barang atau produk yang ditemukan selama stock opname kemudian akan dibandingkan dengan jumlah yang tercatat dalam catatan persediaan.


Jika selisih terjadi antara jumlah persediaan yang tercatat dalam catatan persediaan dan jumlah yang ditemukan selama stock opname, maka hal tersebut dapat menunjukkan adanya masalah dalam manajemen persediaan. Misalnya, mungkin terjadi kesalahan dalam pencatatan, pencurian atau kerusakan barang, atau masalah teknis dalam sistem pencatatan persediaan. Selisih tersebut kemudian harus diinvestigasi lebih lanjut dan tindakan perbaikan harus diambil untuk mengurangi risiko kesalahan di masa depan.


Dengan melakukan stock opname secara teratur dan akurat, perusahaan atau bisnis dapat memastikan bahwa persediaan barang atau produk yang dimilikinya akurat dan dapat dipercaya. Ini membantu dalam pengambilan keputusan bisnis yang tepat dan efisien serta memastikan bahwa bisnis memiliki manajemen persediaan yang tepat waktu dan efisien.


Sebelum memasuki pembahasan langkah-langkah cara melakukan stock opname yang tepat, perlu diketahui bahwa proses ini tidaklah mudah. Membutuhkan persiapan yang matang dan tepat, serta pengorganisasian yang baik dari tim yang terlibat. Kegagalan dalam melakukan stock opname dapat berdampak negatif pada kinerja bisnis, seperti ketidakakuratan catatan persediaan, kerugian finansial, hingga hilangnya pelanggan.


Namun, dengan melakukan stock opname yang tepat, perusahaan atau bisnis dapat memastikan keakuratan catatan persediaan, mengurangi risiko kerugian, dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Dalam pembahasan selanjutnya, Prieds akan dijelaskan langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam melakukan stock opname yang tepat dan efektif.


Cara Melakukan Stock Opname

Sebelum memasuki pembahasan poin-poin cara melakukan stock opname, penting untuk diketahui bahwa setiap bisnis memiliki kebutuhan stock opname yang berbeda-beda. Oleh karena itu, langkah-langkah yang dibahas di dalam artikel ini harus disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis bisnis yang berbeda.


Selain itu, proses stock opname tidak hanya melibatkan satu orang, tetapi juga melibatkan seluruh tim yang terlibat dalam manajemen persediaan.


Berikut merupakan langkah-langkah yang bisa Anda gunakan dalam melakukan stock opname di perusahaan dan bisnis Anda.


Persiapan

Sebelum melakukan stock opname, pastikan bahwa persiapan yang matang telah dilakukan. Hal-hal yang perlu dipersiapkan antara lain adalah alat dan perlengkapan yang dibutuhkan, seperti timbangan digital, label, kertas, pensil, dan lembar kerja stock opname. Selain itu, pastikan juga bahwa tim yang terlibat telah dipilih dan telah mendapatkan pelatihan tentang cara melakukan stock opname dengan tepat.


Perhitungan Stok Fisik

Mulai dengan melakukan penghitungan stok fisik satu persatu untuk setiap barang atau produk yang dimiliki. Pastikan setiap barang atau produk dihitung dengan benar, dan jumlah stok yang ditemukan dicatat dengan akurat. Saat melakukan penghitungan, pastikan untuk memeriksa apakah setiap barang atau produk dalam kondisi baik, tidak rusak atau kadaluarsa.


Perbandingan dengan Catatan Persediaan

Setelah melakukan perhitungan stok fisik, bandingkan hasil penghitungan dengan catatan persediaan yang ada di perusahaan atau bisnis. Identifikasi selisih antara jumlah stok fisik dan jumlah persediaan yang tercatat. Jika terdapat selisih, lakukan investigasi untuk menemukan penyebabnya, seperti kesalahan pencatatan atau kerusakan barang.


Evaluasi Hasil Stock Opname

Setelah seluruh stok telah dihitung dan selisih telah diinvestigasi, evaluasi hasil stock opname secara keseluruhan. Analisis jumlah persediaan yang benar-benar ada dan bandingkan dengan kebutuhan bisnis. Kemudian, lakukan tindakan perbaikan dan penyesuaian jika diperlukan, seperti menyesuaikan jumlah persediaan, memperbaiki sistem pencatatan, atau mengganti metode pengelolaan persediaan.


Laporan Hasil Stock Opname

Setelah melakukan evaluasi, buat laporan hasil stock opname secara akurat dan detail. Laporan ini dapat membantu dalam pengambilan keputusan bisnis selanjutnya. Laporan tersebut juga dapat digunakan untuk membandingkan hasil stock opname dengan periode sebelumnya dan menentukan apakah ada perbaikan yang perlu dilakukan.


Dengan melakukan stock opname secara teratur dan akurat, perusahaan atau bisnis dapat memastikan bahwa persediaan barang atau produk yang dimilikinya akurat dan dapat dipercaya. Ini membantu dalam pengambilan keputusan bisnis yang tepat dan efisien serta memastikan bahwa bisnis memiliki manajemen persediaan yang tepat waktu dan efisien.


Melakukan Stock Opname dengan WMS

Cara stock opname diatas merupakan cara manual yang dapat Anda gunakan untuk melakukan stock opname di perusahaan dan lini bisnis Anda.


Namun, jika Anda ingin proses stock opname menjadi lebih efisien, Anda dapat menggunakan Warehouse Management System yang dapat membantu Anda dalam melakukan stock opname.


Dengan menggunakan WMS, perusahaan dapat mempercepat proses stock opname karena penghitungan stok dapat dilakukan secara otomatis dan lebih cepat dengan teknologi barcode scanner atau RFID. Hal ini mengurangi waktu yang diperlukan untuk melakukan penghitungan stok secara manual dan meningkatkan akurasi data persediaan barang atau produk.


Selain itu, WMS juga memungkinkan real-time monitoring stok yang dapat membantu perusahaan dalam memantau persediaan barang atau produk dengan lebih akurat dan efektif. Dengan demikian, perusahaan dapat mengidentifikasi masalah persediaan lebih cepat dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut.


Selain itu, WMS juga menyediakan sistem pelacakan dan pelacakan stok yang memungkinkan perusahaan untuk memonitor pergerakan barang atau produk dari penerimaan hingga pengiriman. Hal ini dapat membantu perusahaan dalam mengidentifikasi masalah persediaan lebih cepat dan memastikan bahwa proses pengiriman produk berjalan dengan lancar.


Sebagai startup penyedia Warehouse Management System, Prieds Technology hadir sebagai solusi stock opname perusahaan melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan WMS. Beragam kelebihan dan fitur yang ditawarkan oleh Software WMS Prieds dapat membantu bisnis anda untuk melakukan optimalisasi proses bisnis secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut solusi stock opname dengan melakukan konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi tepat untuk proses stock opname yang optimal dengan menerapkan aplikasi stock opname gudang pada bisnis Anda.

199 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page