top of page

5 Solusi Software ERP untuk Optimalkan Manajemen Distribusi Perusahaan

Diperbarui: 27 Nov 2023

Agar produk atau jasa banyak digunakan oleh konsumen, salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh perusahaan yaitu dengan memastikan pengguna akhir untuk dapat dengan mudah mendapatkan produk tersebut. Untuk itu perusahaan harus memastikan ketersediaan produk di pasaran dan dapat menjangkau konsumen secara luas. Maka dari itu, perusahaan perlu memahami manajemen distribusi yang optimal sesuai dengan karakteristik produk dan segmen pasar yang dituju.


Aktivitas manajemen distribusi merupakan proses yang kompleks. Perusahaan tidak hanya bertanggung jawab sebatas menyalurkan produk secara fisik, namun juga memastikan arus informasi, pembayaran dan promosi yang optimal. Selain itu, agar produk atau jasa mudah didapatkan oleh pengguna akhir, perusahaan juga perlu memastikan kerjasama dengan pihak yang berkaitan dan memantau seluruh aktivitas manajemen melalui bantuan teknologi, seperti software ERP.


Pengertian Manajemen Distribusi

Manajemen distribusi adalah proses bisnis yang diterapkan perusahaan untuk mengatur perencanaan, penerapan, pengendalian, serta penyaluran produk hingga konsumen akhir. Proses manajemen distribusi mencakup beragam kegiatan operasional lain, seperti pengemasan, warehousing, inventory, supply chain, dan logistik.


Manajemen distribusi juga termasuk sebagai bagian dari manajemen supply chain. Hal ini dikarenakan kompleksitas dan fungsi distribusi yang bertanggung jawab untuk memastikan pergerakan produk mulai dari pemasok, manufaktur, dealer, retailer, sampai konsumen akhir berjalan dengan lancar.


Solusi Manajemen Distribusi Optimal dengan Software ERP

Salah satu cara bagi perusahaan untuk dapat mengelola distribusi secara optimal yaitu melalui penerapan teknologi seperti software ERP (Enterprise Resource Planning) yang memudahkan pengelolaan bisnis secara terintegrasi. Tentunya software ini juga memiliki solusi yang dapat membantu mengoptimalkan manajemen distribusi, diantaranya yaitu :


Meningkatkan Efisiensi Operasional

Meningkatkan Efisiensi Operasional

Implementasi Software ERP yang berjalan dengan baik pada perusahaan memiliki beragam keuntungan. Salah satunya yaitu dapat meningkatkan efisiensi waktu dan usaha yang dibutuhkan untuk menjalankan aktivitas operasional harian yang sebelumnya dilakukan secara manual. sehingga tim dapat meningkatkan produktivitas, dan juga perusahaan juga dapat lebih fokus untuk menyusun strategi pengembangan bisnis.


Meningkatkan Akurasi dan Keamanan Data

Salah satu keunggulan pada software ERP yaitu pada penyimpanan dan manajemen data pada sistem terpusat yang memiliki keamanan yang baik. Melalui penerapan software ERP, perusahaan dapat menjamin sekaligus memiliki kontrol akses data yang akan diberikan sesuai tingkatan manajemen tertentu dan bagian terkait perusahaan. Dengan begitu, perusahaan dapat lebih mudah meningkatkan kolaborasi dengan pihak terkait serta memberikan informasi sesuai kebutuhan.


Software ERP juga dibekali beberapa modul yang bisa diintegrasikan. Modul ini memberikan kontrol sesuai kebutuhan perusahaan untuk dapat meningkatkan akurasi, konsistensi, dan keamanan data perusahaan. Selain itu, melalui penerapan modul software ERP, perusahaan akan memiliki fungsi sistem yang lebih luas, sehingga aktivitas bisnis dapat ditingkatkan efisiensi dan efektivitasnya.


Memudahkan Sistem Perencanaan dan Laporan

Memudahkan Sistem Perencanaan dan Laporan

Melalui penerapan software ERP, perusahaan tentu dapat mengawasi serta melakukan evaluasi kinerja berdasarkan data yang tersimpan secara terpusat dan akurat. Hal ini memberikan kemudahan pada perusahaan untuk menyusun laporan, melakukan evaluasi kinerja serta serta membuat perkiraan bisnis. Data data tersebut sangat bermanfaat agar perusahaan dapat menjaga proses bisnis yang optimal, sekaligus meningkatkan keuntungan dan mengembangkan bisnis


Meningkatkan visibilitas Perusahaan pada Proses Bisnis

Software ERP memiliki akses menyeluruh pada proses penting dalam perusahaan dengan membuat data dari tiap proses bisnis dapat terlihat oleh tingkatan manajemen tertentu berdasarkan akses yang diberikan, sehingga tingkat visibilitas tetap dapat diatur.


Sebagai contoh, perusahaan dapat mengetahui secara akurat tingkat persediaan yang dimiliki, sehingga perusahaan dapat mengukur kemampuan untuk dapat memenuhi permintaan yang masuk. Tingkat visibilitas yang tinggi akan memudahkan alur kerja dan membuat proses antar proses bisnis memiliki efisiensi kerja.


Mengoptimalkan Supply Chain Management

Jika perusahaan mengelola aset atau komoditas dalam jumlah yang signifikan, software ERP dapat menjadi solusi. Salah satu bagian terpenting dalam supply chain management yaitu manajemen distribusi, dimana pergerakan stok barang dari supplier ke manufaktur hingga ke pengguna akhir harus berjalan dengan baik. Memiliki manajemen distribusi yang baik, membantu perusahaan untuk mengoptimalkan supply chain management, sekaligus meningkatkan posisi perusahaan pada persaingan pasar. Hal ini dikarenakan, perusahaan dapat memberikan produk atau jasa kepada pengguna akhir dengan cepat dan tepat.


Optimalkan Manajemen Distribusi dengan Menggunakan Software ERP dari Prieds

Mengelola distribusi perusahaan membutuhkan tingkat akurasi yang tinggi agar produk atau jasa yang didistribusikan tepat sasaran, efisien dan dalam kondisi terbaik. Penerapan software ERP pada perusahaan dapat mempermudah dan mengoptimalkan manajemen distribusi, mulai dari membantu meningkatkan akurasi data perencanaan, efisiensi operasional bisnis, meningkatkan visibilitas, hingga meningkatkan efektivitas dan akurasi pemenuhan pesanan.


Sebagai startup penyedia Software ERP yang dapat dikustomisasi dan diintegrasikan sesuai kebutuhan bisnis, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen distribusi melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dan modul dari yang ditawarkan pada ERP Prieds dapat membantu perusahaan untuk melakukan aktivitas distribusi, melakukan perencanaan dengan data yang lengkap dan akurat melalui satu sistem terpusat.


Kamu dapat mempelajari lebih lanjut terkait manajemen distribusi dengan menggunakan Software ERP yang terintegrasi, melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan software manajemen distribusi dengan fitur dan modul lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.


39 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page