top of page

WMS Manufaktur : Optimalisasi gudang Spare Parts dengan Aplikasi Gudang

Diperbarui: 8 Jan

Memiliki manajemen gudang yang baik menjadi langkah pertama bagi bisnis untuk dapat berkembang. Salah satu praktik yang umum dilakukan yaitu dengan berinvestasi pada teknologi seperti Aplikasi gudang, atau biasa dikenal dengan WMS.


Secara umum, Aplikasi gudang memang cocok digunakan pada perusahaan dengan stok barang yang besar seperti distributor. Akan tetapi, dengan perkembangan teknologi yang ada, WMS dapat juga diaplikasikan ke berbagai industri, seperti pada perusahaan manufaktur.


Sebagai contoh, perusahaan manufaktur tentu menyimpan beberapa suku cadang atau spare parts dari alat produksinya, atau perusahaan manufaktur tersebut yang menciptakan spare parts. Dengan begitu, tentu memiliki tempat penyimpanan barang dengan manajemen yang bagus dapat membantu bisnis berjalan secara optimal.


Proses WMS pada Industri Manufaktur Spare Parts

WMS pada perusahaan manufaktur spare parts

Mempermudah manajemen inventory

Aplikasi WMS memiliki fungsi yang lengkap untuk dapat mengelola inventory pada gudang. Manajemen yang baik dapat diterapkan dengan fitur seperti manajemen produk, pengelolaan tata letak gudang hingga barcode generator yang berguna untuk memberikan label baik pada tiap produk, maupun rak penyimpanan pada gudang. Dengan begitu, staff gudang akan dapat lebih mudah untuk melakukan manajemen stok barang.


Pengelolaan Inbound stok barang pada gudang

Seperti halnya pengelolaan stok barang pada bisnis distribusi, Aplikasi gudang juga dapat membantu industri manufaktur mengelola inbound stok. Melalui fungsi quality control list, stok barang yang masuk mendapat inspeksi awal sebelum disimpan dalam gudang. Tujuannya, agar stok spare parts terjamin kualitasnya. Setelah berhasil melalui proses quality control, stok barang tersebut kemudian diberi barcode dan dipersiapkan untuk proses peletakan pada gudang.


Manajemen stok barang

Seluruh stok barang yang masuk sudah mendapat barcode, maka staff gudang kemudian menyimpan produk tersebut sesuai dengan lokasi yang telah ditentukan. Pada tahap ini, Aplikasi WMS mempermudah staff gudang untuk melakukan stock opname dengan cepat dan akurat. Selain itu, proses transfer stok barang juga akan berjalan lebih efisien karena pencatatan dilakukan secara otomatis melalui Aplikasi WMS.


Pengelolaan Outbound stok barang dari gudang

Salah satu kunci untuk dapat memenuhi permintaan dengan cepat dan akurat yaitu dengan memiliki sistem stock movement yang efektif dan efisien. Penerapan Aplikasi gudang pada perusahaan manufaktur akan mempermudah proses outbound stok seperti spare parts. Pada tahap ini, kebutuhan spare parts untuk menunjang produksi, maupun penggunaan spare parts yang berasal dari gudang akan terlacak dengan lengkap pada tampilan aplikasi gudang perusahaan, sehingga data penggunaan akan jadi lebih akurat.


Penyusunan laporan manajemen gudang yang lebih baik

Salah satu fungsi penting dari penerapan WMS yaitu penyusunan laporan yang lebih baik. Beberapa laporan yang dapat digunakan untuk mengambil kebijakan perusahaan seperti laporan inventory, laporan stok barang dan penggunaan stok akan terekam secara komprehensif serta akurat. Dengan begitu, perusahaan akan dapat lebih tepat dalam mengambil keputusan berdasarkan data laporan yang akurat.



Gunakan Aplikasi Gudang Prieds untuk optimalkan manajemen Spare Parts perusahaan manufaktur Anda!

Tentunya investasi pada teknologi seperti WMS pada perusahaan dilakukan agar dapat meningkatkan kinerja bisnisnya. Perusahaan tentu perlu memilih vendor dengan pelayanan serta informasi lengkap agar aplikasi gudang yang diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Aplikasi Gudang ini dapat juga digunakan pada berbagai industri, seperti pada Manufaktur untuk mengelola stok spare parts.

Prieds WMS bantu manajemen spare parts perusahaan manufaktur

Sebgai startup penyedia Aplikasi Gudang terpercaya dan telah digunakan oleh berbagai perusahaan terkemuka, Prieds hadir sebagai solusi yang mampu membantu perusahaan untuk menerapkan lean management. Berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh WMS Prieds dapat membantu bisnis anda untuk melakukan reporting secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait software manajemen untuk berbagai kebutuhan industri anda melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi tepat dan banyak keuntungan dengan menerapkan Aplikasi Gudang Prieds pada bisnis Anda.


27 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

תגובות


bottom of page